Melahirkan di Rumah Sakit, Klinik Bersalin Atau di Rumah?
 

Dimana Anda memilih untuk melahirkan dapat memiliki dampak besar pada pengalaman persalinan Anda. Umumnya semakin santai perasaan Anda, semakin mudah persalinan Anda. Jadi Anda harus berpikir tentang di mana Anda akan merasa paling nyaman - dan itu mungkin tidak perlu di rumah sakit saja

Jadi apakah Anda memilih untuk melahirkan di rumah sakit dengan fasilitas berteknologi tinggi yang ada saat Anda membutuhkannya, pendekatan yang lebih sederhana di sebuah klinik bersalin, atau apakah Anda berpikir Anda lebih memilih melahirkan di rumah, berikut adalah cara untuk mendapatkan kelahiran yang Anda inginkan.

Melahirkan di Rumah sakit

Kebanyakan dari ibu hamil memilih melahirkan di rumah sakit, di mana ada berbagai Pertolongan Nyeri tersedia, seperti epidural, serta akses cepat ke perawatan darurat. Banyak ibu yang pertama kali melahirkan merasa gentar akan pikiran tentang persalinan dan merasa lebih aman di rumah sakit.

Tapi persalinan rumah sakit tidak harus menggunakan teknologi canggih. Anda masih dapat melakukan persalinan yang aktif dan alami dan ada banyak bidan berbasis rumah sakit yang bisa mendukung dan membantu Anda mendapatkan persalinan yang alami tersebut.

Jika Anda khawatir tentang rasa sakit atau hal-hal lain yang dikhawatirkan, maka melahirkan di rumah sakit dapat memberikan ketenangan pikiran.

Namun meskipun demikian, rumah sakit juga tidak cocok untuk semua orang. Beberapa wanita merasa cemas di lingkungan rumah sakit – dan itu dapat memperlambat kontraksi, membuat persalinan lebih lama dan intervensi lebih mungkin terjadi. Anda juga mungkin tidak mendapatkan perawatan dari bidan satu demi satu, dan mungkin tidak ada privasi sebanyak yang Anda inginkan.

Tentu saja, Anda mungkin tidak memiliki banyak pilihan. Jika Anda sudah mengalami komplikasi dalam kehamilan atau persalinan yang sulit di masa lalu, persalinan di rumah sakit mungkin adalah pilihan terbaik.
Pilih persalinan di rumah sakit jika:

  • Memang di rujuk oleh ahli medis untuk melahirkan di rumah sakit.
  • Anda sudah mengalami komplikasi selama kehamilan. Jika Anda memiliki anak kembar, persalinan di rumah sakit adalah dianjurkan.
  • Anda pernah mengalamai persalinan yang sulit di masa lalu.


Tapi sebelumnya lakukan dulu pengamatan atau mencari informasi mengenai rumah sakit yang akan anda pilih. Jika ada beberapa rumah sakit di daerah Anda, periksa jasa atau pelayanannya seperti apa, kemudian kunjungi rumah sakit tersebut dan lihat apakah anda merasa nyaman. Buatlah jelas tentang tipe persalinan yang Anda inginkan - buat rencana persalinan dan pilih mitra persalinan yang dapat berbicara. Baca: Tips Memilih Rumah Sakit Bersalin Yang Baik

Melahirkan di Klinik Bersalin

Jika Anda tidak yakin tentang kelahiran di rumah sakit, Anda bisa berpikir tentang melahirkan bayi di klinik bersalin. Cara ini dilakukan oleh bidan dan ideal jika Anda ingin pengalaman yang lebih sederhana, tetapi dengan rasa aman tambahan karena adanya tim medis yang tersedia.

Klinik bersalin seringnya tergabung atau dekat dengan rumah sakit, jadi jika ada masalah atau keadaan medis yang darurat, Anda dengan mudah dapat dipindah ke rumah sakit. Klinik bersalin fokus pada membuat persalinan sealami mungkin, Biasanya klinik bersalin dirancang  agar lebih terlihat seperti sebuah rumah, dan Anda akan memiliki bidan yang sama di seluruh kelahiran. Jika Anda ingin memiliki bayi di klinik bersalin, kehamilan Anda haruslah yang berisiko rendah, tanpa komplikasi.

Pilih klinik bersalin jika:

  • Anda benar-benar lebih suka suasana yang lebih sederhana.
  • Anda ingin persalinan yang lebih alami.
  • Anda lebih suka perawatan satu demi satu.
  • Anda tidak ingin epidural.
  • Tidak memiliki permasalahan apapun pada kehamilannya

Melahirkan Di Rumah

Jika Anda mengalami kehamilan yang mudah dan tertarik untuk memiliki persalinan alami, Anda bisa melahirkan bayi di rumah. Jika Anda berada dalam lingkungan rumah dan Anda rileks, ketegangan pada persalinan bisa lebih sedikit.

Ingat bahwa persalinan cenderung akan membuat keadaan akan menjadi kotor. Jadi jika Anda terutama adalah seorang yang bangga akan kebersihan rumah, ini mungkin bukan pilihan terbaik, meskipun bidan biasanya akan melakukan pekerjaan bersih-bersih secara menyeluruh setelahnya.

Kadang-kadang suami adalah yang paling cemas tentang persalinan di rumah, jadi cobalah untuk membuat ia terlibat (baca: Peran Suami saat Persalinan). Ingatkan pasangan Anda bahwa salah satu hal terbaik tentang melahirkan di rumah adalah dia tidak akan harus dipisahkan dari Anda dan bayi Anda setelah melahirkan.

Pilih melahirkan di rumah jika:

  • Kehamilan Anda berlangsung dengan sehat tanpa ada komplikasi.
  • Anda ingin kelahiran alami dalam keadaan yang akrab.
  • Anda lebih memilih untuk menghindari intervensi medis seperti epidural.
  • Tidak pernah mengalami riwayat melahirkan yang sulit
  • Anda berhak untuk melakukan persalinan di rumah, asalkan itu aman secara medis

.>> Diskusikan Topik ini di Forum