data-ad-format="auto"

Masih Bingung Menentukan Posisi Menyusui, Inilah Caranya

Kaku, canggung, khawatir salah posisi menyusui seringkali dialami oleh ibu menyusui di minggu minggu pertama kelahiran bayi. Terlebih bayi sering menangis ketika sedang menyusu,benarkah bayi tidak mengalami kenyamanan ketika sedang menyusu. Untuk dapat membantu anda menentukan posisi menyusui yang baik dan bener sesuai dengan kondisi bayi, artikel ini akan membantu anda untuk menentukan posisi menyusui.

Posisi bayi menyusui terdiri dari berbagai posisi, kondisi ini disesuaikan dengan kondisi ibu dan bayi.Kondisi bayi yang lahir prematur, kondisi dimana bayi baru pertama menyusui, ketika malam hari, atau ketika bayi sudah sering menyusu. Berikut uraiannya :

Posisi bayi berada disisi ibu selama menyusui, diantara lengan dan tubuh ibu

Posisi dimana bayi berada di sisi ibu selama menyusui dan diantara lengan dan tubuh ibu, sangat membantu untuk bayi yang mengalami kondisi :

  1. Bayi yang mengalami kesulitan menemukan puting ibu
  2. Bayi yang aktif, dimana bayi sering mengalami punggung cenderung melengkung dan menggeliat
  3. Bayi yang lahir dengan berat badan rendah atau prematur

Sehingga posisi di atas dapat dilakukan dengan menempelkan bayi lebih dekat dengan payudara ibu, sedangkan tangan di tengkuknya memberikan kontrol kepada kepala bayi. Posisi bayi digendong pada bagian pinggang, yang membantu bayi lebih rileks. Apabila tubuh bayi rileks dan santai, maka akan menempel  dengan baik.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Duduk di tempat tidur atau di kursi yang nyaman dengan punggung dan bahu didukung. Posisi satu atau lebih bantal di sisi Anda untuk membawa bayi sejajar dengan payudara. Jika Anda sedang duduk di kursi, anda dapat mengunakan alas bantal antara anda dan lengan kursi.

Tempatkan bayi di atas bantal, terselip di bawah lengan Anda, dengan tangan Anda di sisinya sehingga mendukung leher dan bahu bayi. Tekuk pada bagian tengah, sehingga kakinya nyaman dan pantatnya bersandar terhadap bantal mendukung punggung Anda, atau bagian belakang kursi. Pastikan bahwa bayi tidak mendorong kakinya pada bagian belakang kursi, menyebabkan melengkungkan pada bagian punggungnya.

Hindari memegang bagian belakang kepala bayi, karena hal ini merangsang beberapa bayi melengkung jauh dari payudara. Dekatkan bayi lebih dekat dengan setelah bayi mengisap dengan baik,ada dapat menggunakan ganjalan bantal di bawah tangan dan pergelangan tangan yang mendukung bayi pada payudara untuk membantu menahannya lebih dekat.

Bersandar ke bantal di belakang bahu Anda, bukan membungkukkan ke depan pada bagian atas bayi Anda. Hal yang perlu di ingat,dekatkan bayi ke bagian payudara bukan mendekatkan payudara  ke bayi. Anda juga dapat belajar untuk menyusui bayi Anda berbaring. Posisi berbaring santai dan membuat Anda lebih menenangkan. Anda dapat menggunakannya untuk menyusui bayi Anda pada malam hari atau tidur disela bayi istirahat di siang hari.

Posisi berbaring sehingga berhadapan dengan bayi

Posisi berbaring pada dasarnya memerlukan kehati-hatian dan keterampilan, tapi dengan bayi dan ibu berbaring di sisi mereka saling berhadapan maka lebih menjalin kedekatan batin antara keduanya. Anda dapat menempatkan dua bantal di bawah kepala Anda, bantal di belakang punggung Anda, bantal di bawah kaki atas Anda, dan bantal kelima terselip di balik bayi Anda. Lima bantal terdengar seperti banyak, akan tetapi kenyamanan ibu lebih penting sehingga membuat aktivitas menyusui bayi lebih menyenangkan.

Tempatkan bayi di sisinya menghadap ke arah Anda, dan terletak di lengan Anda. Pada bagian atas atau bawah di sepanjang kasur untuk mendapatkan mulutnya berbaris dengan puting Anda. Kecuali Anda perlu berbaring selama menyusui karena alasan fisik. Terbaik untuk menggunakan posisi ini setelah kebiasaan latch-on yang baik ditetapkan. Jika posisi berbaring tidak bekerja untuk Anda pada awalnya, saat bayi Anda menjadi lebih baik sering menyusui, maka akan lebih mudah untuk menyiasatinya.

Posisi tubuh memungkinkan visibilitas yang lebih baik dari mulut bayi selama kontrol latch-on dan lebih baik. Ini adalah alternatif yang baik untuk terus kopling jika bayi Anda membutuhkan dukungan ekstra selama latch-on, tapi Anda suka perasaan ibu yang datang dari memiliki bayi di tubuh Anda. Gunakan posisi ini dalam situasi berikut:

  1. Bayi yang mengalami kesulitan berdekatan dengan anda
  2. Bayi yang bermasalah dengan puting ibu
  3. Bayi yang  prematur

Inilah yang harus dilakukan :

Duduk di tempat tidur atau di kursi dengan punggung dan bahu didukung oleh bantal. Menggunakan satu atau lebih bantal di pangkuan Anda untuk membawa bayi ke tingkat puting.Pegang bayi dalam dekapan anda. Bagian belakang leher bayi akan beristirahat di tangan Anda daripada di tekuk pada siku Anda. Gunakan bantal kecil atau ganjalan dengan menggunakan selimut digulung untuk mendukung pergelangan tangan dan tangan.

Gunakan tangan Anda sehingga mendukung payudara, dengan menggunakan jari di bawahnya, baik kembali dari areola, dan ibu jari di atas. Puting menyentuh bagian bibir bawah bayi dengan puting Anda dan mendorong mulut bayi untuk membuka lebar. Sebagai mulutnya terbuka, menariknya dengan cepat, menghisap payudara pada rahang bawah dan lidah pertama. Payudara akan mendorong mulutnya terbuka lebar sehingga ia mendapat seteguk besar.

Dengan demikian posisi yang baik dan benar untuk ibu menyusui dapat dilakukan dengan berbagai cara. Lima jenis posisi yang aman untuk ibu menyusui. The Cradle yaitu posisi mendekap dimana posisi ini sangat baik dilakukan untuk bayi yang baru lahir. Anda dapat memastikan punggung anda mendukung melakukan posisi ini selain itu jaga posisi bayi agar bersentuhan langsung dengan anda sehingga menghadap ke arah anda dengan meletakan kepala pada siku anda. Sedangkan posisi kedua adalah posisi the cross cradle hold yaitu posisi mendekap silang yang sangat disarankan untuk bayi yang lahir prematur dan puting payudara yang kecil.

Sedangkan untuk posisi selanjutnya yaitu the football hold dimana posisi mencengkram dengan posisi bayi dipegang disamping dengan terselip di bawah lengan anda , posisi ini seolah olah memegang bola kaki. Ini merupakan posisi yang terbaik dilakukan pada ibu dengan operasi caesar. Kemudian anda dapat memilih posisi selanjutnya adalah saddle hold yaitu cara yang menyenangkan ketika menyusui dimana ibu dapat duduk dengan nyaman. Lakukan cara ini dengan duduk tegak dengan kakai mengangkang sendiri.Terakhir adalah posisi The lying position yaitu posisi brbaring yang memberikan banyak kesempatan pada anda bersantai. Posisi ini harus di dukung punggung dengan menggunakan ganjalan bantal.

Ibu menyusui belajarlah dengan menyentuh bibir atas bayi dengan puting susu. Hal ini bertujuan untuk memposisikan bibir bawah bayi dengan pangkal puting. Sehingga memudahkan bayi menghisap aerola. Sehingga akan merangsang refleks hisap dimana rahang bawah menutup jaringan payudara ditangkap dengan baik dalam rongga rongga mulut sedangkan lidah akan memberikan penekanan yang berulang dan ASI akan keluar dengan duktus laktiferus.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us