Mari Ajarkan Anak Anda Untuk Menyukai Aktifitas Fisik Sejak Dini, Simak Tipsnya Berikut Ini!

Di usianya yang masih kecil sebaiknya anak anda sudah diarahkan untuk secara aktif menggerakan badannya.

Aktif bergerak merupakan salahsatu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fisik anak-anak. Dengan aktif bergerak tumbuh kembang anak juga akan terbantu, baik perkembangan fisik maupun singkronisasi pergerakan dari berbagai bagian tubuhnya. Selain dengan membantu perkembangan tubuh, dengan turutu bergerak kesehatan anak anda akan ikut terbantu, anak anda akan lebih sehat secara fisik.

Banyak keluarga yang mungkin sudah tahu bagaiman pentingnya bergerak aktif, namun belum sepenuhnya sadar untuk secara bersama-sama melakukannya. Menurut informasi diketahui jika untuk orang dewasa hingga lanjut usia dengan rentang usia 15 sampai 64 tahun sangat disarankan untuk bisa bergerak aktif setidaknya 2,5 jam setiap minggunya, namun untuk anak-anak hingga remaja dengan rentang usia 5 hingga 18 tahun sangatlah disarankan untuk aktif bergerak setidaknya selama kurang lebih 1 jam setiap harinya.

05

Berangkat dari hal tadi, anda sebagai orang tua sebaiknya menjadi orang yang turut perhatian terhadap tumbuh kembang anak dari berbagai aspek, baik afektif, kognitif serta psikomotornya. Oleh karena itu, alangkah sangat baik mengetahui jika anak anda merupakan seorang anak yang cukup aktif bergerak dan senang melakukan aktifitas fisik ketimbang hanya duduk bermain game dan tidur di rumah. Akan lebih baik jika anda bersama dengan seluruh anggota keluarga lainnya secara aktif bergerak bersama-sama.

Jika anak anda termasuk ke dalam anak yang senang beraktifitas fisik, maka jangan untuk mencoba melarangnya untuk melakukan aktifitas fisik tersebut, hal tersebut justru bisa mengekang kreatifitas serta membuatnya strees. Bagi anda yang senang dengan aktifitas fisik maka ada baiknya anda mengarahkannya ke arah kegiatan yang baik dan sesuai dengan perkembangan usianya di saat itu.

Tips Mengajak Anak Untuk Bergerak dan Beraktifitas Fisik

Kebiasaan bergerak aktif yang diajarkan dan ditanamkan sejak masa kecil dapat melekat di dalam diri anak anda dan bisa terbawa hingga ia dewasa. Dengan rajin aktif bergerak dan berolahraga tentunya tubuh yang segar dan fit bisa didapatkan oleh seluruh anggota keluarga. Meskipun demikian terkadang kesulitan untuk memulai kebiasaan baik ini selalu muncul. Oleh karena itu berikut ini ada beberapa saran dan tips yang bisa anda lakukan untuk mulai mengajak anak anda bergerak dan melakukan aktifitas fisik yang menyehatkan. Simak daftarnya berikut:

1. Rancang Kegiatan Outdoor Keluarga

Sebagai sebuah keluarga tidak ada salahnya anda mengajak anak-anak berlibur dan berwisata. Kegiatan berlibur sebenarnya tidaklah harus mahal dan jauh. Momen liburan merupakan salahsatu kesempatan bagi anda merancang sebuah kegiaatan luar rumah yang menyenangkan. Jika anda seringkali menghabiskan waktu hanya dengan jalan-jalan di pusat perbelanjaan, mungkin sesekali anda melakukan kegiatan berenang sekeluarga, bersepeda, jalan, santai, hiking, bermain bola di taman dan berbagai jenis kegiatan fisik yang sebenarnya sederhana dan jarang dilakukan, namun memiliki manfaat yang sangat besar.

Selain dengan kegiatan tersebut, musium, taman-taman besar atau kebun binatang bisa menjadi destinasi liburan mengasyikan bagi anda. dengan mengunjungi lokasi-lokasi tersebut biasanya anda akan dirahkan untuk berjalan kaki dan berinteraksi lebih dengan apa yang ada di sekitar lokasi tersebut.

2. Olahraga Bersama Keluarga Hingga Olimpiade Keluarga

Kegiatan olahraga merupakan sebuah kegiatan penting yang sebaiknya dilakukan setiap keluarga. Akan sangat baik ketika anda berolahraga bersama. Tips yang bisa anda lakukan ialah dengan mencanangkan hari olahraga keluarga. Setiap anggota keluarga bisa bebas memilih olahraga apa yang mereka sukai setiap pergantian minggunya, sehingga tidak menimbulkan rasa bosan. Tidak perlu terlalu sering, dengan hanya 1 hari setiap minggunya sudah cukup bagi anda untuk melakukan kegiatan olahraga bersama dan melakukan aktifitas bersama secara mengasyikan.

Untuk menambah keseruan anda bisa merancang sebuah olimpiade kecil-kecilan untuk menumbuhkan semangat berkompetisi di dalam jiwa anak-anak anda. Cukup dengan memilih satu cabang olahraga yang tidak terlalu membutuhkan fasilitas banyak, lalu mulailah sebuah olimpiade olahraga sederhana yang menyenagkan.

3. Kegiatan Membersihkan Rumah Bersama

Melakukan aktifitas fisik tidaklah melulu harus di luar rumah, kegiatan rumah pun sebenarnya bisa dilakukan untuk menggerakan badan anda. Salahsatunya ialah dengan melakukan kegiatan bersih-bersih rumah secara bersama-sama. Dengan melakukan kegiatan tersebut anda tidak hanya berkeringat dan menggerakan badan, namun di sisi lain anda juga sekaligus mengerjakan tugas rumah. Gotong royong membersihkan rumah juga merupakan sebuah langkah yang bisa anda gunakan untuk mempererat hubungan antara anda dengan anggota keluarga lainnya. Lakukan kegiatan tersebut dengan sukarela dan ciptakan suasana yang mengasyikan tanpa tekanan dan aksi marah-marah.

4. Mengikuti Kegiatan Volunteer

Turut ambil bagian menjadi seorang volunteer atau relawan di dalam sebuah kegiatan kemanusiaan ternyata bisa juga dimasukan ke dalam kategori kegiatan yang membuat anggota keluarga anda bergerak dan beraktifitas. Dengan turut serta menjadi seorang volunteer tentunya tenaga serta fisik akan dituntut untuk bekerja lebih besar, sehingga bisa menjadi pilihan. Kelebihan lainnya dengan mengikuti kegiatan volunteer tersebut adalah anda sekaligus bisa menunjukan kepada anak anda salahsatu cara yang bisa dilakukan untuk melatih rasa empati kita sesuai dengan lokasi kita menjadi relawan.

5. Merancang Permainan Seru

Salahsatu faktor yang banyak membuat anak malas untuk bergerak dan lebih memilih gadget serta tenggelam di dalam game karena biasanya orang tua tidak memiliki agenda menarik ketika sedang melakuakn aktifitas bersama. Oleh karena itu cobalah untuk merancang dan merencanakan kegiatan keluarga anda secara lebih baik. Anda bisa mencoba melakukan sebuah permainan baru yang mungkin sebelumnya belum pernah sama sekali dicoba oleh anak anda. Ada baiknya anda sebelumnya mengetahui atau mencari tahu apa sebenarnya hal yang sdang benar-benar disukai anak anda dan jadikan pula hal tersebut sebagai pancingan, atau anda bisa merancang sebuah permainan yang disukainya dengan berbalut aktifitas fisik baik outdoor atau indor.

6. Aktivitas Bersama Tman Sebaya

Bertambahnya usia terkadang anak-anak juga sudah memiliki dunianya sendiri. Tidak hanya sebatas orang-orang di lingkungan rumah, namun ia sudah mulai mengenal teman sebaya yang berasal dari lingkungan sekolahnya. Di saat ini mereka biasanya sedang menikmati masa bermainnya dengan teman-temannya, oleh karena itu akan cukup efektif juga jika anda melibatkan dia untuk beraktifitas fisik bersama dengan teman-temanya. Dengan keterlibatannya bersama teman-teman sebayanya, biasanya aktifitas fisik jadi tidak terasa membosankan lagi baginya, sebab lebih terasa bermain dibandingkan dengan hanya berolahraga semata.

Demikianlah tips-tips yang bisa anda gunakan untuk mengajak anak anda lebih tertarik bergerak dan beraktifitas fisik. Dengan rajin melakukan aktifitas fisik,maka setidaknya bisa membantu tumbuh kembang anak anda menjadi lebih baik dan optimal lagi. kebiasaan beraktifitas fisik juga bisa menjadi kebiasaan yang baik bagi anak-anak anda di masa depan.