Manfaat Pijatan Luar Biasa Untuk Menstruasi

Siapa yang tidak suka ketika dipijat, hampir semua orang menyukainya. Hal ini karena ternyata mampu membuat tubuh anda rileks, otot-otot yang tegang karena aktifitas sehari-hari akan merespon sehingga memberikan kenyaman untuk tubuh anda. Taukah anda ternyata pijatan yang tepat ketika anda sedang mentruasimentruasi akan meminimalisir gejala PMSmeminimalisir gejala PMS.

Anda sering uring-uringan ketika menstruasi akan datang, hal ini dikenal dengan istilah PMS. Umumnya memang dirasakan oleh semua wanita akan tetapi memiliki perbedaan gejala. Sebagian wanita ada yang merasakan nyeri di seputaran perut di bagian bawah ada pula yang merasakan mual, pusing sampai perubahan mood. Manfaat pijatan untuk menstruasi adalah sebagai berikut :

1.    Memperlancar menstruasi

Ketika menstruasi anda tidak normal anda dapat berkonsultasi dengan dokter, selain itu anda juga dapat melakukan pijatan ringan pada titik yang tepat. Pada dasarnya titik saraf reproduksi berada di telapak tangan dan telapak kaki. Anda dapat melakukan pijatan ringan pada punggung tangan yang berada tepat di tulang pergelangan yang memiliki lebar sama dengan besar dengan jari telunjuk anda.

2.    Mengurangi sakit pada pinggang

Biasanya ketika sedang menstruasi akan mengalami pegal-pegal disekitar pinggang sehingga anda dapat melakukan rileksasi dan memijat pada tulang yang berada di pergelangan kaki bagian terluar mengarah ke bagian dalam. Anda bisa melakukannya sebelum menstruasi anda datang (satu hari sebelumnya) sehingga tidak membuat aktifitas anda terganggu dengan gejala-gejala PMS.

3.    Menghilangkan stress dari gejala PMS

Pijatan telah terbukti mengurangi stres, mengurangi rasa sakit akibat kegiatan sehari-hari dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hanya menggunakan waktu anda selama 30 menit  untuk melakukan pijatan ringan maka akan memperbaiki mood anda. Selain itu adanya gelombang otak yang dapat merespon kemampuan dalam mengubah keadaan tubuh. Pijatan yang dilakukan pada pagi hari akan membuat anda segar dan fokus sedangkan ketika malam hari akan membantu anda dalam menciptakan tidur yang berkualitas.

4.    Meredakan kram perut

Sudah menjadi hal yang umum untuk sebagian wanita yang mengalami gejala PMS ,kram perut. Gejalanya dapat berlangsung sebentar ataupun lama, pada beberapa kasus nyeri haid bisa dialami di hari pertama atau samapai ke hari ketiga. Anda dapat melakukan pemijatan dengan cara melingkar pada bagian perut dengan memberikan pijatan ringan.

5.    Menghilangkan pegal-pegal

Pemijatan yang menyuruh akan membantu anda mengusir pegal-pegal. Gejala ini dialami oleh anda yang akan memasuki menstruasi pertama hingga hari pertama. Bagian yang pegal dapat dipijat dengan ringan sehingga tidak menjadi kaku dan nyaman untuk anda. Pijatan memiliki beberapa jenis, akan tetapi yang sering digunakan untuk mengatasi masalah menstruasi adalah pijat refreksi karena adanya jalur syaraf yang terhubung sehingga memberikan stimualan kepada organ tubuh. Anda dapat melakukan pijat refleksi di pusat kebugaran , anda juga dapat berkonsultasi mengenai masalah  menstruasi anda. Biasanya akan disesuaikan dengan gangguan yang anda alami sehingga titik pijat tepat pada sasaran.

Ada beberapa titik yang biasanya digunakan termasuk tangan dan kaki sebagai area dimana terletak syaraf yang berhubungan dengan reproduksi. Meskipun tidak menutup kemungkinan untuk pijatan ringan dapat anda lakukan sendiri di rumah ketika gejala PMS menyerang anda. Jika keadaan telah semakin buruk anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

Follow us