Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan

Musik adalah bagian terpenting dari kesehatan fisik dan emosional bahkan sejak bayi di dalam rahim ibu, mendengarkan detak jantung dan irama pernapasan. Mendengarkan musik favorit akan membuat suasana hati anda semakin membaik selain itu penelitian yang lebih lanjut menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik dengan kesehatan. Bahkan musik dapat meringankan penyakit yang diderita oleh pasien, selanjutnya ditemukan adanya hubungan kesehatan dengan mendengarkan musik.

Berikut adalah manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan :

1.  Membantu meringankan nyeri punggung

Pada umumnya musik bekerja pada sistem saraf otonom yang berperan dalam mengontrol tekanan darah, fungsi otak dan mengontrol detak jantung. Ketika sistem saraf mendengarkan ritme yang lambat diputar maka tekanan darah dan detak jantung akan mempengaruhi ketegangan yang berada diarea otot leher, perut, bahu dan punggung. Selain ketegangan fisik, musik juga mampu mengurangi ketegangan psikologis dalam pikiran anda. Mendengarkan musik dengan teratur akan membantu anda dalam membuat rileks fisik dan mental sekaligus dapat membantu meringankan nyeri punggung.Penelitian yang dilansir dari situs dailymail.co.uk, dalam studi tersebut 65 pasien berusia antara 21 dan 68 dengan nyeri punggung kronis setelah operasi kembali dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima perawatan medis standar dan fisioterapi. Sedangkan kelompok lain  mendengarkan musik dan menerima kelas visualisasi selama 25 menit setiap hari selama tiga minggu. Hasil menemukan bahwa kelompok yang mendengarkan musik dapat menurunkan resiko nyeri punggung yang lebih berat dari pada pasien yang tidak mendengarkan. Mendengarkan musik selama 25 menit setiap hari dapat membantu anda mencegah nyeri punggung dan juga membuat anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Para ahli mempercayai jenis musik Mozart atau Beethoven dapat membantu meringankan nyeri otot.

2.  Membantu bersemangat olahraga untuk kesehatan

Mendengarkan musik akan membantu olahragaolahraga yang lebih baik untuk kesehatan. Pada sebuah penelitian yang dilakukan untuk anda yang berolahraga sambil mendengarkan musik akan mengurangi rasa bosan dan juga lelah ketimbang dengan mereka yang tidak mendengarkan musik. Mendengarkan musik ketika berolahraga akan membantu anda untuk bersemangat karena berhubungan dengan hormon yang mengubah suasana hati anda semakin membaik. Jenis musik yang tepat digunakan untuk berolahraga adalah musik berenergi yang memiliki tempo yang cepat seperti hip hop, dangdut dan musik dansa.

3.  Kesehatan memori

Bagi pasien yang mengalami hilang ingatan, musik bisa menjadi terapi untuk membantu pasien dalam mengembalikan ingatan pasien. Lagu yang berhubungan langsung dengan kisah yang pernah terjadi di masa lalu, hal ini dikarenakan bagian otak akan memproses musik sebelah memori sehingga membantu pasien dalam mengingat kejadian yang pernah terjadi. Bagi pasien yang mendengarkan musik dapat mengurangi gejala kecemasan dan orientasi ingatannya dibanding dengan pasien yang tidak mendengarkan musik sama sekali. Bagi pasien yang memiliki kehilangan memori dikarenakan beberapa faktor terutama amnesia sebaiknya mendengarkan lagu pilihan pasien untuk mempercepat pemulihan.

4.  Mempercepat pemulihan kesehatan bayi lahir prematur

Bayi yang mendengarkan musik dan lahir prematurlahir prematur lebih cepat pulih dari rumah sakit ketimbang mereka yang tidak mendengarkan musik. Musik dapat menenangkan detak jantung dan juga dapat memberikan tidur yang nyaman bagi bayi. Musik juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada bayi. Pilihan musik yang tepat adalah musik yang memberikan ketenangan bagi bayi anda .