data-ad-format="auto"

Manfaat Kesehatan Yang Didapat Ketika Memiliki Hewan Peliharaan

Memutuskan memiliki hewan peliharaan dirumah mungkin nampak seolah hanya menambah tugas dan pekerjaan rumah saja. Meskipun hewan peliharaan memang membutuhkan investasi waktu, perawatan dan dana. Namun sebuah penelitian menunjukan bahwa memelihara hewan peliharaan dirumah dapat mendatangkan manfaat kesehatan lebih dari layak.

Selama ini, orang memilihara hewan peliharaan dengan alasan mereka dapat menjadi teman baik dan sahabat yang setia menemani mereka kapanpun mereka butuhkan. Namun ternyata, memilihara hewan peliharaan mendatangkan manfaat yang baik untuk sipemilik dan anggota keluarga yang ikut aktif memelihara hewan tersebut. Salah satunya membuat anak-anak anda menjadi lebih aktif secara fisik, membantu mencegah pengaruh dan risiko stress, belum lagi cinta dan kasih sayang dari hewan peliharaan tersebut membawa pengaruh baik pada anda dan keluarga.

Selain mendatangkan kegembiraan, manfaat lain yang bisa diperoleh dari memiliki hewan peliharaan diantaranya:

1.    Meningkatkan Lebih Banyak Aktivitas Fisik

Hadirnya hewan peliharaan ditengah-tengah keluarga akan cenderung membuat anda dan keluarga memiliki banyak waktu bergerak, baik untuk berjalan-jalan dengan hewan peliharaan, mengajak hewan peliharaan bermain ditaman atau didepan rumah hingga mengajaknya menemani anda lari pagi dan aktivitas lainnya yang melibatkan hewan peliharaan dan membuat anda menjadi lebih sering beraktivitas. Sebuah studi dari Inggris menyatakan, memiliki hewan peliharaan amat berkolerasi dengan menjadi lebih aktif, selain itu, hal ini juga menjadi penawar yang aktif untuk menghabiskan waktu berjam-jam didepan komputer.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2.    Timbulnya Rasa Peduli dan Empati

Memiliki hewan peliharaan mengajarkan anak-anak akan arti kepedulian dan menumbuhkan rasa empatinya terhadap sesama mahluk tuhan. Hanya saja, rasa empati dan peduli ini ada baiknya disesuaikan dengan tingkat tanggung jawab anak terhadap hewan peliharaan sesuai dengan usia dan tingkat kemampuannya. Misalkan anda usia 5 tahun, mungkin dapat ikut andil merawat hewan peliharaan dengan memberikannya maka, ikut serta mengajak hewan peliharaan bermain, hanya saja anak-anak diusia ini tidak bisa dihrapkan untuk melakukan pekerjaan tersebut secara sendirian. Sebaliknya, jika anak-anak diusia sekolah menengah mungkin sudah dapat mengambil beberapa tanggung jawab bersama dalam merawat hewan peliharaan keluarga dengan pengingat dari orangtuanya.

3.    Meredam Rasa Sakit

Percaya atau tidak, binatang adalah obat pereda sakit terbaik. Terutama bagi para penderita migrain atau nyeri otot yang kronis. Seorang penulis buku "Your Dog: The Owner's Manual', Marty Becker mengungkapakan, Memiliki hewan peliharaan mampu mengurangi rasa kecemasan seseorang. Ketika rasa cemas seseorang berkurang maka sakit yang ia derita akan ikut berkurang.

4.    Melatih Hubungan Sosial Menjadi Lebih Baik

Hewan peliharaan keluarga menawarkan sebuah persahabatan, dimana hubungan seperti ini mungkin baik untuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus seperti mereka autisme, atau orang yang merasa terisolasi dari lingkungannya. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Of Personlaity and Social Psychology, mengungkapkan hewan peliharaan mampu membuat anda atau anak anda merasa lebih baik setelah mengalami penolakan sosial. Bahkan penelitian lain yang dilakukan, menunjukan keberadaan hewan peliharaan nampaknya mampu meningkatkan interaksi sosial antara manusia.

Itulah dia beberapa manfaat yang bisa didapat ketika memelihara hewn peliharaan dirumah. Hewan peliharaan ternyata banyak mendatangkan manfaat baik untuk kesahatan apabila hewan yang dipelihara juga serta merta adalah hewan yang sehat. Sebelum hewan tersebut mendatangkan kesehatan untuk kita ketika dipelihara, namun terlebih dahulu anda harus memastikan bahwa hewan yang hendak dipelihara adalah hewan yang sehat.

Loading...

Follow us