Kehamilan adalah sebuah proses yang panjang dan membutuhkan perhatian yang ekstra. Suatu kehamilan tentunya membutuhkan perhatian yang sangat baik khususnya dalam hal kesehatan. Kehamilan yang sehat adalah pangkal dari bayi yang sehat. Oleh karena itu menjaga kesehatan selama kehamilan sangatlah penting untuk dilakukan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan baik ibu dan janin selama masa kehamilan adalah dengan mengkonsumsi air putih. Mengapa air putih? Mari kita simak bersama manfaat air putih bagi kehamilan.

Air Putih Mengurangi Sakit Kepala Selama Kehamilan

Sakit kepala merupakan masalah yang seringkali datang selama proses kehamilan. Sakit kepala biasanya disebabkan oleh ketidak seimbangan cairan tubuh, sistem hormon, dan kelelahan. Dengan mengkonsumsi air putih secara seimbang dan rutin, niscaya sakit kepala akan berkurang bahkan tidak terjadi sama sekali.

Air Putih Mencegah Dehidrasi dan Penumpukan Cairan

Selama proses kehamilan, dehidrasi menjadi masalah utama yang sering dialami oleh wanita hamil. Dehidrasi dapat berujung pada munculnya penyakit seperti sakit punggung, sakit kepala, bahkan masalah pada ginjal. Mengkonsumsi air putih secara cukup dapat mencegah timbulnya dehidrasi. Selain itu, mengkonsumsi air putih secara cukup dan teratur dapat mengurangi resiko penumpukan cairan pada organ-organ tubuh seperti kaki, tangan, dan persendian. Penumpukan cairan pada masa kehamilan biasanya disebabkan oleh kurang lancarnya peredaran cairan di dalam tubuh dan tekanan berat bayi pada pembuluh darah kaki, tangan, dan persendian sehingga terjadi pembengkakan.

Air Putih Mencegah Munculnya Stretch Mark

Stretch mark adalah gurat-gurat pada kulit yang muncul seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Stretch mark sesungguhnya terjadi karena kulit yang kekurangan nutrisi dan kurang terhidrasi tertarik karena semakin besarnya ukuran kandungan. Kulit yang kurang nutrisi dan kurang terhidrasi pada akhirnya akan meninggalkan guratan-guratan tak rata pada kulit. Namun, dengan mengkonsumsi air putih secara seimbang, kulit mampu menahan dan mencegah stretch mark. Kulit menjadi lebih elastis dan lembut sehingga stretch mark sangat mungkin untuk tidak terjadi.

Air Putih Menghilangkan Racun

Selama proses kehamilan, apa yang dikonsumsi oleh tubuh menjadi sangat penting karena apapun makanan yang masuk ke dalam tubuh si ibu juga akan masuk ke dalam tubuh si janin. Suatu hal yang dapat membahayakan tubuh si ibu dan janin juga terdapat dalam makanan. Makanan dapat mengandung racun atau senyawa yang berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum dan setelah makan, ibu hamil mengkonsumsi air putih yang seimbang. Air putih dapat menghalau racun dan membantu kinerja hati dan ginjal untuk mengekskresi racun dari dalam tubuh si ibu hamil.

Air Putih Menyeimbangkan Suhu Tubuh

Pada awal kehamilan, suhu tubuh wanita hamil akan meningkat. Hal ini umumnya disebabkan oleh kinerja hormon-hormon kehamilan. Suhu tubuh yang tidak seimbang membuat wanita hamil mudah untuk merasa lelah dan mengalami konstipasi. Guna mencegah timbulnya rasa lelah yang berlebihan dan mengatasi konstipasi, sangat disarankan bagi wanita hamil untuk rajin mengkonsumsi air putih setiap harinya dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman lain seperti teh atau kopi. Air putih mudah diserap oleh tubuh dan dapat membantu menyeimbangkan suhu tubuh yang kurang stabil selama masa kehamilan.

Mengkonsumsi air putih secara seimbang dan teratur selama kehamilan sangat disarankan. Alangkah baiknya jika jumlah air putih yang dikonsumsi disesuaikan dengan perbandingan massa tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut jumlah air putih yang wajib dikonsumsi selama masa kehamilan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda karena bisa saja kebutuhan Anda lebih atau kurang dari yang seharusnya.


>> Diskusikan Topik ini di Forum

.