Makanan Untuk Melawan Osteoporosis

Osteoporosis berasal dari istilah the Osteoporosis yang pertama kali diutarakan oleh Johann Lobstein pada abad ke 19. Meskipun selanjutnya disempurnakan oleh dokter Amerika yang menggambarkan ketika tulang mengalami gangguan yang disebabkan oleh kekurangan hormon estrogen. Secara umum osteoporosis merupakan penyakit yang dialami oleh wanita hal ini dikarenakan pengaruh dari hormon estrogen meskipun demikian tidak menutup kemungkinan terjadi pada pria walaupun dalam presentase yang kecil.

Penyakit Osteoporosis ditandai dengan kegagalan fungsi tulang akan tetapi terjadi terus menerus dan jangka waktu yang lama. Hal ini yang menyebabkan penderita tidak sadar mengalami Osteoporosis. Dalam mencegah terjadinya Osteoporosis pada usia muda maka dilakukan pencegahan dengan pola hidup sehat, salah satunya mengkonsumsi makanan yang dapat membantu melawan Osteoporosis.

Berikut ini adalah daftar makanan yang dapat melawan Osteoporosis :

1. Susu

Wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi susu minimal dua kali sehari untuk mencegah Osteoporosis, selain itu produk olahan susu seperti yogurt dan keju dapat menjadi makanan yang membantu melawan Osteoporosis. Susu dan produk olahan susu mengandung kalsium dan juga protein yang dapat menyehatkan dan memperkuat tulang.

2. Sayuran Hijau

Konsumsi sayuran hijau dalam menu makanan anda sehari-hari. Kandungan vitamin yang terdapat dalam sayur dan buah akan membantu dalam menjaga menguatkan tulang. Anda dapat mengkonsumsi sayur seperti brokoli atau bayam.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


3. Kurma

Taukah kamu, bahwa kurma memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan tulang? Kurma mengandung kalsium dan juga magenesium yang baik untuk membantu dalam menjaga kepadatan tulang.

4.Telur

Bahan makanan yang mudah dicari seperti telur mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Anda dapat mengkonsumsi telur dalam menyeimbangkan kebutuhan gizi harian anda dan membantu dalam menjaga kesehatan tulang.

5. Ikan

Kandungan ikan dengan mineral tinggi terdapat dalam tuna, ikan salmon dan juga sarden. Ikan yang mengandung omega 3 baik untuk membantu dalam kesehatan tulang. Jenis ikan tersebut dapat membantu dalam mengatasi Osteoporosis dan mencegah terjadinya nyeri sendi rematik.

6. Kacang

Di dalam kacang terdapat beberapa mineral yang membantu dalam menjaga kesehatan tulan salah satunya adalah magnesium, mangan, kalsium dan juga fosfor. Jenis kacang yang baik dalam menjaga kesehatan tulang adalah kacang almond dengan kandungan kalsium terbaik untuk kesehatan tulang.

7. Buah-buahan

Buah-buahan yang memiliki variasi vitamin dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Buah-buahan yang mengandung vitamin C baik bagi kesehatan tulang diantaranya adalah jeruk, nanas, pisang, apel, jambu dan strawberry.

Dengan demikian dapat disimpulkan makanan untuk melawan Osteoporosis adalah makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D. Bisa anda dapatkan dalam menu sehari-hari atau tambahan suplemen. Harus anda ingat beberapa makanan dan minuman yang akan mengganggu asupan kalsium harus dikurangi seperti minuman yang mengandung alkohol dan kafein, makanan yang banyak mengandung natrium, makanan dengan kandungan fosfor lebih banyak dan juga makanan yang mengandung asam fitrat dan asam oksalat yang lebih banyak.

Info Menarik
loading...
loading...

Follow us