Makanan Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Pada perkembangan janin usia 7 bulan janin sudah mulai berkembang pesat. Penyempurnaan organ-organ penting tubuh janin sudah mulai terbentuk sempurna sesuai dengan fungsinya. Pada usia ke 7 paru-paru bayi sudah siap bekerja. Selain itu pada usia 7 bulan bayi sudah siap merespon rangsangan cahaya dan suara sehingga dapat memberikan stimulasi seperti mendengarkan musik dan memberikan cahaya senter pada bagian perut anda akan direspon oleh bayi dengan gerakan.

Pada bulan ke 7, rambut bayi sudah mulai tumbuh begitupula dengan alis dan bulu mata bayi. Di usia kehamilan 7 bulan mata sudah mulai terbuka selanjutnya lemak sudah mulai tersimpan di dalam tubuh bayi. Selain itu perkembangan janin akan semakin mendesak di dalam tubuh ibu sehingga menimbulkan beberapa keluhan saat ibu hamil seperti sering buang air kecil, kram kaki, nyeri pada bagian pinggang atau sakit kepala. Selama bukan ke 7 anda harus tetap menjaga asupan nutrisi, selain itu asupan nutrisi ibu hamil pada bulan ke 7 diharapkan juga mengurangi keluhan kehamilan yang seringkali dihadapkan ibu hamil. ( Baca : Perkembangan Janin Usia 7 Bulan )

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk ibu hamil yang akan membantu anda mengurangi keluhan selama menjalani kehamilan di bulan ke 7 :

1. Kalori

Pada trimester ke tiga ibu hamil membutuhkan kalori. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dalam porsi sesuai yang dibutuhkan.Beberapa makanan yang mengandung kalori seperti kentang, singkong, umbi atau nasi.Penghitungan kalori yang tepat sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh akan membantu dalam mengontrol berat badan ibu hamil dan mengurngi keluhan selama kehamilan di bulan ke 7.

2. Vitamin B

Vitamin B dibutuhkan oleh tubuh terutama adalah vitamin B6 yang akan membantu dalam proses kimia dengan bantuan enzim. Selain itu Vitamin B6 akan membantu dalam proses metabolisme. Anda dapat melengkapi kebutuhan vitamin B6 dari bahan makanan seperti ikan, ayam atau daging sapi.

3. Yodium

Yodium akan membantu dalam pembentukan sel baru dikarenakan kandungan senyawa tiroksin yang akan membantu untuk mengurangi resiko tubuh bayi kerdil.Meskipun dalam jumlah yang sedikit, anda tetap harus memperhatikan asupan yang mengandung yodium seperti dari ikan laut atau garam dapur beryodium. Meskipun demikian anda tetap harus memperhatikan asupannya jangan terlalu berlebihan. (Artikel menarik lainnya: Makanan ibu hamil)

4. Kalsium

Kalsium akan membantu ibu menjaga kesehatan tulang selama kehamilan termasuk ketika memasuki bulan ke 7 kehamilan, bobot tubuh ibu hamil akan semakin berat, kekurangan kalsium akan menyebabkan mengikis tulang ibu ketika janin membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan. Anda dapat mengkonsumsi susu yang mengandung protein dan kalsium yang baik untuk ibu hamil di bulan ke 7. Dengan membiasakan ibu hamil minum susu akan membantu antibodi yang baik untuk ibu hamil.

5. Buah-Buahan

Semua buah-buahan baik untuk kesehatan. Manfaat yang di dapatkan oleh ibu hamil yang mengkonsumsi pepaya adalah dapat mengurangi kondisi heartburn. Kondisi heartburn adalah kondisi dimana ibu hamil mengalami panas pada bagian perut. Pepaya akan membantu proses pencernaan sehinga mengurangi asam hidrolarat lambung.