bu bidan....mo nanya neh...
anakku kan baru 4 bulan, kira2 boleh ga kalo dikasih MPASI? soalnya tiap kali liat kita makan, kayaknya dia tertarik banget pengen ikutan makan...trus suka masuk2in benda apapun yg dipegang ke mulutnya...

trus satu lagi...di kulit wajahnya tumbuh bintik2 kaya jerawat yg lumayan banyak....kasian banget deh...gimana ya cara ngilanginnya?

makasih ya...
(Vuy)
Tanggapan Bidanku.com
MPASI (makanan pendamping ASI) sebaiknya diberikan saat bayi berusia 6 bulan, karena bayi yg berusia <6 bulan sebetulnya segala kebutuhan tubuhnya sudah terpenuhi hanya dengan ASI saja, itulah kelebihan ASI yg diberikan Tuhan kepada seorang ibu agar dapat menyusui anaknya, yang tak tertandingi kualitas dan manfaatnya oleh makanan apapun meskipun dengan susu formula yg sangat mahal harganya sekalipun.
Jika hanya karena alasan bayi kelihatan tertarik ingin makan, lebih baik jangan dulu diberikan, selama kebutuhan ASI nya terpenuhi baik dari kuantitas (min 8x sehari) maupun kualitasnya (gizi ibu bagus)
Bintik-bintik atau disebut juga ruam panas itu terjadi karena adanya sumbatan pada pori-pori kulit bayi. Biasanya ini terjadi juga di daerah paha, badan serta bagian tubuh lainnya. Pencegahan untuk pakaian bayi gunakan dari bahan yang dapat menyerap keringat-pemakaian bedak, lotion atau minyak gunakan secukupnya-setiap kali habis disusui, bersihkanlah muka bayi-gunakan sarung tangan pada bayi untuk mencegah bayi menggaruk yang bisa bikin infeksi.
Untuk pengobatan biasanya menggunkan cream yg mengandung steroid rendah, tapi hal ini harus sesuai saran dokter. Jika kata ibu bintiknya lumayan banyak, saran kami periksakan hal in ike dokter yah...oh cuby-ku kacian....


smoga bisa membantu
salam hangat

>> Diskusikan Topik ini di Forum

.