Pada bulan bulan pertama, sebelum bayi belajar untuk menangkap objek ataupun duduk, bayi anda akan  terlebih dahulu belajar melihat dan mendengar. Pada perkembangan bulan pertama bayi dapat melihat dengan jelas pada jarak 30 cm, selanjutnya ketajaman akan diperoleh bayi pada perjalanan menjelang bulan kedua hingga mencapai 37-38 cm. Pada usia ini bayi akan tertarik pada wajah manusia begitu juga dengan daya ingat wajah seseorang yang sudah mulai terekam hingga dapat mengenali anda. Benda-benda dengan warna-warna cerah memiliki daya tarik untuk bayi di usia ini. Selain itu suara dan musik lembut sudah mulai dia kenali dan mencari sumber suara bunyi tersebut. Benda-benda yang bergerak perlahan dan menghasilkan suara lembut jauh lebih menarik bagi bayi dari pada  benda yang tetap dan diam. Meskipun pada dasarnya mainan di bulan ke dua kelahiran bayi belum berfungsi secara optimal diarenakan bayi lebih banyak menghabiskan waktu tidur bukan tidak mungkin anda memilih beberapa mainan yang dapat membuatnya lebih nyaman dan tidak rewel.

Mainan di usia dua bulan berfungsi sebagai kecerdasan dan stimulan untuk panca inderanya terutama penglihatan dan pendengaran sehingga warna mencolok dan suara lembut yang dihasilkan dari mainannya bisa menjadi pilihan anda. Hal yang harus anda pertimbangan ketika memilih permianan tersebut adalah rentan jarak yang dikhususkan dari permainan tersebut yang tertera dikemasan. Dengan mainan yang sesuai dengan usia bayi anda maka akan menyempurnakan gerakan di usianya dan merangsang perkembangan selanjutnya. Mainan untuk bayi usia 2 bulan harus menjadi perhatian anda, mengingat usia bayi anda masih rentan terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya. Keamanan dari mainan yang memiliki warna yang mencolok harus anda perhatikan, jangan sampai terkelupas apalagi di masa 0-18 bulan bayi dalam fase oral. Carilah mainan dengan menghasilkan suara lembut tidak terlalu keras sehingga mengganggu pendengarannya.

Berikut adalah mainan yang bisa anda pilih diusia bayi dua bulan :

1.  Mainan yang digantung

Warna warni yang dihasilkan dari mainan yang digantung menjadi daya tarik tersendiri untuk bayi anda. Mainan yang digantung akan menstimulasi penglihatan bayi anda. Perhatikan keamanan ketika mencoba menyentuhnya usahakan dalam ikatan yang kuat sehingga mainan tersebut tidak jatuh menimpa bayi anda.

2.  MP3 player atau kotak musik

Musik adalah salah satu cara terbaik untuk menghibur dan menenangkan bayi anda. Memainkan berbagai jenis musik yang lembut dapat menyempurnakan pendengarannya. Jangan terlalu didekatkan di telinga apalagi dengan volume yang keras.

3.  Boneka karet dengan bahan lembut

Dengan media boneka anda dapat mengajak bayi untuk berbicara, pada usia ini mata bayi sudah memainkan peranan kontak mata. Kemampuan untuk mengenali orang disekitarnya sangat membantu anda dalam mengajaknya berbicara. Ajaklah bayi anda berbicara disela-sela aktivitasnya ketika sedang mengenakan baju atau dia sedang terjaga sehingga membuatnya mengenali suara anda dan dapat merespon kemampuannya di bulan selanjutnya.

4.  Buku lembut dengan pola kontras tinggi

Buku lembut dengan mudah melihat pola atau dekorasi yang dirancang hanya untuk bayi. Berbaringlah di sampingnya sehingga dia bisa melihat Anda membalik halaman saat Anda membaca keras-keras padanya. Sehingga secara tidak langsung anda telah melatih emosinya, apalagi di bulan ke dua emosi bayi sudah mulai ditunjukan tidak hanya menangis akan tetapi  juga dengan senyuman.


>> Diskusikan Topik ini di Forum

.