Latihan-latihan Menjelang Persalinan

Melahirkan merupakan pengalaman yang sangat luar biasa untuk seorang wanita. Oleh sebab itu lah para ibu pun sering berharap dapat melahirkan bayinya secara mudah. Terdapat beberapa macam latihan yang dapat membantu menjalani proses persalinan normal berjalan dengan mudah. Pada sebagian wanita hamil, butuh waktu 8 jam hingga 10 jam ketika menjalani proses persalinan secara normal. Pada waktu tersebut, rasa sakit atau pun nyeri akan sangat terasa. Agar rasa sakit bisa berkurang dan jangka waktu selama persalinan bisa diturunkan, ada baiknya semasa hamil melakukan latihan-latihan prenatal. Latihan tersebut pada dasarnya agar bisa membuat otot pada panggul jauh lebih kuat. Latihan yang cukup mudah dan anda lakukan secara teratur pada masa kehamilan bisa membantu untuk melindungi sirkulasi darah sehingga akan menghindari kram pada otot. (Baca Juga Memilih Nama Bayi Perempuan Islami dan Nami Bayi Laki-Laki Islami)

Ini beberapa latihan prenatal yang dapat anda lakukan agar memudahkan anda melakukan proses persalinan :

1.    Latihan berjongkok.

Dengan melakukan latihan berjongkok ini sangat ideal untuk wanita hamil agar dapat membuat otot panggul serta paha anda menjadi lebih kuat. Berjongkok juga dapat membantu anda agar panggul serta area kewanitaan anda menjadi terbuka. Hal ini dapat membuat otot anda menjadi kendur serta mempersiapkan diri anda untuk melahirkan. Posisi seperti ini dapat membantu janin yang ada di dalam rahim bergerak mengikuti jalan lahir. Ketika anda melakukan posisi jongkok ini, anda dapat melakukannya dengan tetap mejaga keseimbangan dan tetap berpegangan pada meja atau kursi yang cukup besar untuk mendukung anda ketika akan menurunkan tubuh. Anda juga dapat meminta bantuan suami anda untuk menemani latihan jongkok ini.

2.    Latihan kegel.

Terdapat banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika melakukan latihan ini, salah satunya ialah untuk mendapatkan proses persalinan yang cukup cepat. Latihan kegel ini juga dapat membantu anda terhindar dari wasir juga pembekuan darah. Selain itu juga dapat membantu anda mencagah terjadinya episiotomi atau robekan perineum serta menguatkan semua otot yang membantu rahim dan juga perut. Latihan kegel ini pada dasarnya untuk melatih otot. Latihan kegel ini dapat dilakukan dengan cara menarik otot area kewanitaan serta dubur anda, kemudian tahan dalam waktu beberapa detik lalu lepaskan lagi. Selain itu latihan kegel itu dapat memperkuat otot panggul dasar yang akan membantu untuk mendorong bayi pada proses persalinan. Latihan ini juga dapat meningkatkan kapasitas kontrol pada kandung kemih. Ada baiknya anda melakukan latihan ini setiap hari serta lakukan sepuluh hingga dua puluh kali kontraksi setiap harinya.

3.    Latihan panggul. 

Ketika melakukan latihan panggul ini, anda dapat melakukan kasur lantai. Lakukan posisi seperti merangkak, kemudian atur kedua siku agar dapat mendukung badan anda. Tarik perlahan otot dubur, tahan dalam waktu beberapa detik kemudian lepaskan. Latihan ini juga dapat membantu anda untuk meringankan sakit di bagian punggung yang sering dialami oleh wanita hamil pada masa kehamilannya. Selain itu latihan ini juga dapat membantu anda meningkatkan sistem aliran darah pada daerah panggul bagian bawah. Hal ini sangat baik untuk bayi anda. Latihan panggul ini juga dapat membuat otot panggul menjadi kuat serta memudahkan anda melakukan proses persalinan.

4.    Latihan penjahit duduk.

Latihan ini dapat membantu tubuh anda menjadi semakin siap menjalani kelahiran normal. Selain itu dapat membantu anda untuk menjaga kelenturan pada daerah kaki agar tetap nyaman ketika melakukan proses persalinannya. Latihan ini dapat anda lakukan sebagai kegiatan sehari-hari dengan posisi kaki anda yang bersila. (Baca juga: Tanda-tanda Melahirkan)