data-ad-format="auto"

Kram Perut Saat Haid, Mungkinkah Kista ?

Anda sering mengalami Pre-menstruasi Syndrome atau PMS. Sebenarnya adalah gejala normal yang dialami oleh setiap wanita menjelang periode haid. Meskipun demikian, anda tidakperlu khawatir jika mengalami perbedaan gejala PMS dengan wanita lain. Karena setiap wanita memiliki gejala berbeda. Diantaranya anda mengalami rasa sakit pada bagian perut , hal ini biasa dialami sebagai gejala mensruasi . Nyeri pada bagian perut anda disebabkan karena adanya kontraksi rahim karena wanita mengeluarkan hormon yang dilepaskan tubuh.

Hormon yang berperan adalah hormon prostaglandinyang dapat merangsang kontraksi otot sehingga meluruhkan lapisan rahim. Akan tetapi jika rasa sakit bagian perut sampai menimbulkan kram perut yang membuat anda menderita hingga keluar keringat dingin, bisa jadi ini adanya gangguan reproduksi . Yuk, kenali sakit ketika anda sedang haid, sehingga anda mengetahui rasa sakit yang normal terjadi data haid atau justru memicu ke arah abnormal ?

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

1. Keadaan Normal

Pada 89% wanita yang akan menjelang menstruasi akan bermasalah dengan perut bagian bawah. Itu meAnda tidak perlu khawatir jika anda mengalami rasa sakit yang cenderung ringan, menimbulkan keinginan untuk buang air besar dan tidak dalam jangka lama. Anda mengalami keadaan seperti ini sekitar dua sampai lima jam . Anda bisa menggunakan obat pereda nyeri sesekali , jika pun anda ketergantungan anda harus memeriksaan diri ke dokter sehingga anda akan terhindar dari efek samping yang dikhawatirkan membahayakan kesehatan anda.

2. Kista Ovarium

Kram yang mungkin terjadi pada perut anda adalah kram yang membuat anda sulit melakukan aktivitas . Adapula yang disertai dengan keluarnya darah yang lebih banyak . Segera konsultasikan ke dokter . Ada beberapa kemungkinan jika kram jenis ini , adanya kista ovarium. Akan tetapi harus menggunakan test medis (USG)adapula MRI dan CT-scan untuk mengetahui lebih lanjut sehingga mendapatakan penanganan lebih dini.

3. Kista Endometriosis

Biasanya adanya hormon estrogen disertai dengan adanya gangguan pembuluh darah yang mengakibatkan benjolan di luar rahim. Banyak yang mengungkapkan bahwa penyebabnya sulit dideteksi akan tetapi ada juga yang berpendapat karena darah ketika menstruasi sehingga tertampung di rongga perut .Timbulnya rasa sakit yang luar biasa ketika anda sedang menstruasi.

4. PID

PID disebabkan karena adanya infeksi klamida yang mungkin akan mengalami gejala ringan dan gejala parah. Anda akan mengalami rasa sakit pada bagian perut yang sangat berat. Pelvic Inflammatory Disease ini ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak sehat akan tetapi tidak menutip kemungkinan dapat ditimbulkan karena kista . Anda yang menderitanya akan mengalami rasa nyeri dalam jangka panjang dan sulit hilang. Konsultasikan pada dokter segera agar mendapat penanganan yang tepat.

Anda tidak perlu khawatir lagi jika mengalami rasa sakit ketika menstruasi . Anda dapat membedakan kram perut normal yang terjadi sebagai gejala PMS dan juga keadaan abnormal yang mungkin dipicu karena kram menstruasi yang parah sebagai tanda-tanda adanya beberapa penyakit. Pengobatan untuk meredakan rasa nyeri biasanya akan menggunakan analgesik dan substansi untuk menghilangkan rasa nyeri . Akan tetapi sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab khusus terjadi rasa nyeri yang berlebih sehingga tidak akan membuat dokter kesulitan melakukan penanganan sejak dini .