data-ad-format="auto"

Konsumsi Telur Tiap Hari Selama Masa Kehamilan, Amankah?

Telur adalah bahan makanan yang begitu mudah didapat serta terbilang mudah mengolahnya. Memasak telur tidak dibutuhkan kemampuan khusus, sebab telur bisa dimasak, digoreng, didadar atau bahkan hanya di rebus saja anda sudah dapat menikmati makan telur. Mengingat cara pengolahannya yang cukup praktis, hal ini juga yang mungkin menjadi alasan banyak orang menjadikan telur sebagai makanan favoritnya untuk disantap sehari-hari. Tak terkecuali untuk ibu yang sedang hamil, banyak dari ibu hamil menjadikan telur sebagai menu yang paling sering disantap selama masa kehamilannya.

Lantas, amankah jika ibu hamil mengkonsumsi telur setiap hari? Mengkonumsi telur hampir setiap hari selama periode kehamilan umumnya boleh-boleh saja. Namun ada resiko yang perlu ibu perhatikan. Telur, terutama bagian kuning telurnya mengandung kolesterol yang begitu tinggi. Dalam satu butir telur terdpat kandungan kolesterol kira-kira sebanyak 186 mg. Sementara itu, batasan kolesterol yang diperbolehkan dikonsumsi orang dewasa yakni hanya sekitar kurang dari 300 mg kolesterol per harinya.

Sementara itu, bila jumlah telur yang dikonsumsi ibu hamil dalam setiap harinya bisa lebih dari 1, hal ini dikahwatirkan akan melebihi jumlah kebutuhan kolesterol harian yang dianjurkan. Apalagi jika jenis makanan lainnya yang dikonsumsi ibu hamil juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Namun jika ibu hamil dapat menjaga asupan kolesterol harian dan tidak melebihi batas yang dianjurkan, maka konsumsi 1 butir telur per hari masih diperbolehkan. Namun, jika ibu tidak bisa, sebaiknya konsumsi telur ini dibatasi 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Wanita hamil yang memiliki kadar kolesterol normal dalam tubuhnya boleh mengkonsumsi 1 hingga 2 butir telur utuh dalam satu hari. Hanya saja jika anda memiliki riwayat kadar kolesterol yang cukup tinggi, sebaiknya hindari mengkonsumsi kuning telur dan santaplah bagian putihnya saja.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Manfaat Konsumsi Telur Selama Masa Kehamilan

Kandungan gizi dalam telur begitu beragam yang aman baik untuk kesehatan, teruatam untuk kehamilan. Adapun beberapa kandungan yang terdapat paa telur diantaranya, protein, lemak, mineral seperti seng, selenium, vitamin A, b kompleks serta vitamin D.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh manfaat apa saja yang baik untuk kehamilan ketika mengkonsumsi telur, kita simak berikut ini.

•    Kandungan Protein Telur Amat Penting Untuk Kehamilan

Kandungan protein yang begitu tinggi pada telur bermanfaat baik untuk kehamilan, salah satu manfaat dari protein telur baik dalam membangun plasenta. Selain itu, protein juga diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang dalam setiap tahapan pertumbuhan bayi yang ibu kandung. Sebab setiap sel tubuh bayi yang sedang tumbuh tersusun karena adanya protein. Dan, selama masih dalam kandungan, sel-sel tubuh bayi berkembang dengan begitu cepat. Untuk itulah dibutuhkan asupan protein yang cukup tinggi utnuk dapat mengimbangi tumbuh kembang sel tubuh bayi yang berlangsung begitu cepat. Selama periode kehamilan, wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi antara 90 hingga 110 gram protein setiap harinya. Nah, sementara itu, terkandung sekitar 6 gram protein dalam telur berukuran sedang. Dengan mengkonsumsi telur setiap hari maka ibu hamil akan dapat memenuhi kebutuhan protein yang diperlukannya.

•    Manfaat Telur Baik Untuk Otak Bayi

Dalam telur terkandung lebih dari 12 vitamin serta mineral yang penting dan begitu menyehatkan. Selain itu, telur juga tinggi akan kolin, yakni sebuh zat yang bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang serta fungsu dan kesehatan otak bayi. Manfaat dari kolin juga berperan dalam mencegah timbulnya cacat tabung saraf janin. Dengan makan 1 butir telur setiap hari dapat memenuhi hampir setengah dari kebutuhan harian kolin yang disarankan. ( Baca : Ibu Hamil, Yuk Ketahui Jenis Makanan Untuk Pembangun Otak Janin )

•    Telur Memiliki Kandungan Kalori yang Diperlukan Untuk Menunjang Kesehatan Ibu Hamil Serta Bayi

Dalam tiap satu butir telur dengan ukuran sedang (44 gr) terkandung sekitar 70 kalori. Dimana dalam jumlah angka gizi normal, anita hamil dianjurkan utnuk mengkonsumsi sekitar 200-300 tambahan kalori per harinya. Nah, dengan mengkonsumsi 1-2 butir telur per hari akan dapat membantu ibu hamil dalam mencukupi kebutuhan kalori yang diprlukan selama masa kehamilan.

Demikianlah penjelasan ‘amankah ibu hamil mengkonsumsi telur. Telur memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, jika ibu hamil memiliki riwayat kolesterol yang tinggi dalam tubuhnya sebaiknya kurangi mengkonsumsi telur setiap hari. Namun, bagi ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol nomal, mengkonsumsinya setiap hari boleh-boleh saja.