shomobilebanner2.jpg

Kiat Melahirkan Alami Tanpa Rasa Sakit

 Untuk para wanita yang akan mengalami proses persalinan yang pertama, tentu saja akan membayangkan bahwa semua proses persalinan secara normal itu merupakan proses yang paling sulit juga paling menegangkan. Bahkan banyak ibu yang telah beberapa kali mengalami proses persalinan masih belum bisa melupakan trauma ketika menjalani persalinan. Selain itu ada cara melahirkan yang tanpa terasa rasa sakit seperti operasi caesar, water birth, dan juga vacum. Namun proses kelahiran secara caesar dan juga vacum tidak disarankan, jika anda masih bias dan sanggup untuk melahirkan dengan proses normal. Bagi wanita hamil yang sangat menginginkan kelahiran dengan proses normal, ada beberapa cara yang dapat mengurangi rasa sakit ketika melahirkan secara alami. Berikut di antaranya:(Artikel menarik lainnya: Proses melahirkan )

 

1.    Perbanyak membaca buku serta artikel yang banyak mengulas tentang tips dan kiat dalam kehamilan dan juga persalinan. Mempunyai pengetahuan tentang keadaan kondisi anda dapat membuat anda semakin tenang ketika menghadapi masa kehamilan serta proses persalinan.

2.    Banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi serta asupan vitamin, terutama vitamin yang dapat menambah darah anda juga kalsium. Makanan yang bergizi serta suplemen dapat membantu anda mempunyai kondisi badan yang sehat, mengurangi berbagai keluhan pada masa kehamilan, persiapan dalam menghadapi proses persalinan serta dapat menghindari berbagai resiko yang dapat muncul.

3.    Rajinlah memeriksakan kondisi kandungan pada dokter kandungan atau bidan anda. Kondisi pada kehamilan pada setiap wanita sangatlah berbeda dan juga tidak terduga. Dengan anda melakukan pemeriksaan secara rutin, maka jika terdapat kelainan daat segera teratasi.

4.    Anda dapat melakukan kegiatan senam hamil. Senam hamil ini memiliki tujuan untuk wanita hamil tetap pada keasaan yang sehat dan juga terlatih. Latihan senam hamil juga dapat melatih pernafasan agar dapat membantu anda menarik nafas ketika mengejan. Senam hamil ini juga dapat membantu untuk mengurangi badan yang pegal serta keluhan yang lain ketika anda hamil. Kegiatan sederhana lainnya dapat anda lakukan seperti contoh mengepel dengan posisi badan yang jongkok. Hal tersebut dapat membuat anda mengejan dengan sangat kuat sehingga persalinan dapat berjalan lebih cepat atau melakukan senam yoga atau relaksasi lainnya.

5.    Mintalah seseorang atau suami anda untuk memijat punggung anda hingga pinggang secara perlahan.

6.    Ada baiknya persalinan di lakukan pada tempat melahirkan yang telah anda percaya. Para ahli yang membantu menolong ketia persalinan harus bisa memberikan sugesti besar pada diri sendiri. Hal ini dapat membantu anda merasa lebih tenang ketika menghadapi proses persalinan.

7.    Alihkan sebisa mungkin perhatian anda pada hal lain dari rasa sakit. Ini dapat anda lakukan dengan mencoba kegiatan lain yang menyenangkan, anda dapat melakuakan doa, membaca buku, dengan mendengarkan musik, menghitung mundur, bahkan mengerjakan pekerjaan rumah anda seperti biasanya.

8.    Mintalah pada para ahli yang membantu proses persalinan anda agar di beri ijin untuk mengejan dengan posisi yang paling nyaman menurut anda seperti setengah duduk, berbaring, merangkak atau bahkan jongkok. Mengejan pada saat anda ingin mengejan ketika sudah tidak bisa di tahan kembali.

9.    Perbanyak berdoa, dengan berdoa hati juga pikiran anda menjadi lebih tenang.

Dengan demikian ketakutan anda dalam rasa sakit pada proses melahirkan alami sebaiknya dapat anda hindari dengan bantuan langkah langkah persiapan di atas.

 

Konsultasi Terbaru Kehamilan & Persalinan

tentang kehamilan
Ditulis oleh kiki ayuh astitin

dear bidanku   sya selama hamil cuman test di alat test kehamilan saja ... tapi selama dua bulan saya blom periksa kedokter dikarekan ada rasa takut untuk periksa ...

kurus
Ditulis oleh Dhini

Kenapa ya bru pertama hamil badan langsung kurus.......

ada bercak darah sudah telat haid waktu di tp negative
Ditulis oleh dewi ayu wahyuna

Assalmmualaikum dok , saya ayu berusia 20 tahun , sudah 7 bulan menikah belum hamil juga , Terakhir saya mens tanggal 12 mei 2016 itu sudah bersih dan di bulan juni ini.....

 

Follow us