data-ad-format="auto"

Kiat-Kiat Menjadi Ayah yang Mengasyikan Bagi Anak Anda

Untuk menciptakan lingkungan keluarga adakalanya kita harus menjadi luwes terhadap anak dan belajar menjadii orang tua yang asik dan santai.

Pola mendidik otoriter dan kolot mungkin masih banyak dipegang orang tua. Mereka mengagap dengan pendidikan yang keras dan penuh dengan nilai disiplin yang keras, bisa membuat anak mereka menjadi orang yang sukses di kemudian hari. Tidak jarang orang tua yang sampai memberlakukan banyak sekali hukuman untuk sang anak yang dianggap melanggar apa yang sudah diatur oleh orang tuanya.

Mendidik anak tidak selamanya anda harus lakukan dengan ketat dan penuh dengan larangan. Pendidikan yang luwes dan seimbang justru lebih dibutuhkan anak anda untuk berkembang menjadi anak yang tidak hanya cerdas tetapi juga kreatif dan berkembang pesat di bidang yang ia senangi. Dengan pendidikan yang mengasyikan dan luwes anak anda justru bisa lebih leluasa mengembangkan minat dan juga bakatnya, tidak ada tekanan yang justru berpotensi menjadi pemberontakan. Meskipun demikian pengawasan menjadi poin penting yang tidak boleh lalai anda perhatikan, jangan juga biarkan anak anda terbuai dengan segala kepercayaan yang anda berikan.

 display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;

Selama ini rata-rata anak dekat dengan ibunya karena sang ayah bekerja dan intensitas bertemu yang kurang. Sehingga kedekatan yang terjalin antara seorang ayah dan anak tidak sebesar dengan apa yang dirasakan dengan ibunya. Kadang di beberapa kasus juga seorang ayah menjadi pihak otoriter yang selalu memberikan aturan yang harus selalu dijalankan meski tanpa penjelasan dan tanpa kompromi dengan anak yang menjalankan aturan tersebut. tidak jarang hal tersebut membuat posisi sang ayah terlihat sangat tidak mengasyikan di mata sang anak. Oleh karena itu, jika anda merasa termasuk ke dalam orang tua yang tidak mengasyikan, khususnya para ayah sebaiknya segera merubah pola pendidikan yang kalian terapkan kepada anak anda.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa anda ikuti untuk melunturkan stigma ayah tidak asik yang kadung melekat kepada anda, selain itu anda juga bisa menjadi panutan yang baik bagi anda.

Menjadi Ayah yang Asik dan Panutan Untuk Anak Anda

Jangan Biarkan Anak Anda Mengikuti Kebiasaan Buruk Anda

Setiap dari kita pasti memiliki sikap-sikap buruk yang seringkali tidak sadar kita lakukan dan kemudian bisa ditiru oleh anak-anak, berikanlah contoh sikap yang baik kepadanya ketika di depannya, sehingga anda tidak perlu memberikan larangan terhadap berbagai kebiasaan buruk padahal hal tersebut ia dapatkan dari ayahnya sendiri. Anda termasuk sebagai perokok dan seringkali merokok di hadapan anak anda, namun anda marah ketika anak anda meniru perbuatan anda lantas menghukumnya, padahal secara tidak anda sadari ia melakukan itu karena melihat anda dan menganggapnya sebagai hal yang tidak tabu dan lumrah untuk dilakukan.

Ajak Anak Anda Bermain Bersama

Apakah anda seringkali memarahi dan menghukum anak anda karena terlalu sibuk dengan gadget, televisi dan berbagai benda elektronik lainnya ketimbang berinteraksi bersama dengan orang tuanya, padahal anda jarang berada di rumah dan bersamanya? Jangan dulu marah, sebab jika anda mau merevisi kembali, mungkin anak anda tersebut melakukannya untuk mengalihkan kesepiannya atas anda karena tidak pernah mendapatkan kesempatan yang baik ketika bersama anda. Oleh karena itu bagi anda yang merupakan seorang ayah cobalah lebih dekat lagi dengan anak anda ketika memiliki leuang waktu dari sibuknya pekerjaan. Anda bisa melakukan permainan sederhana seperti kuda-kudaan dengan anak anda atau bahkan kegiatan lainnya yang menyenangkan.

Bagi anda yang kesulitan menyisihkan waktu di hari-hari biasa, maka jangan lupakan untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga anda terutama anak istri anda. Agendakan kegiatan anda keluar di malam minggu dan cipatakan kedekatan yang tidak bisa anda dapatkan ketika hari-hari biasa. Perhatikan juga jika anda memanfaatkan waktu tersebut secara berkualitas.

Pelukan Hangat dan Ciuman Untuk Anggota Keluarga Terdekat

Pelukan dan ciuman merupakn tanda cinta yang nyata. Hal-hal keci yang sering dilupakan ini dipercaya atau tidak bisa menunjukan jika rasa cinta dan sayang itu benar adanya. Bagi anda seorang ayah yang kerap melupakannya, maka sekarang cobalah anda melakukannya enatah kepad anak ataupun istri. Pelukan hangat selama sekian detik bisa membuat anda menjadi rileks, menurut penelitian sendiri pelukan hangat bisa mentransfer hormon-hormon yang membuat anda menajdi rileks. Selain itu, dengan berpelukan dan mencium anda di hadapan anak anda hal tersebut bisa membuatnya tenang dan nyaman jika ternyata keadaan keluarganya sangat harmonis dan saling menyayangi antara satu sama lain. Dengan melakukan hal ini juga anda bisa menunjukan jika anak anda juga harus memperlakukan orang yang ia sayangi dengan baik.

Kunci Pintu Kamar Anda

Setiap orang memiliki privasi sendiri dan itulah yang perlu anda lindungi. Pernahkah anda marah kepada anak anda ketika secara tidak sengaja ia masuk ke dalam kamar anda ketika sedag melakukan kegiatan suami istri atau sedang berdebat dengan istri anda? Jika ya, maka janganlah kembali menyalahkan anda karena seharusnya anda sendiri menjaga privasi anda dengan cara mengunci kamar anda, sehingga anak lama kelamaan tidak akan masuk sembarang dan membiasakan masuk dengan terlebih dahulu mengucapkan salam serta mengetuk pintu kamar terlebih dahulu. Asik bukan jika anda tidak perlu marah-marah kepada anak anda?

Ungkapkan Kebanggaan Anda Terhadap Anak

Tidak semuanya yang diharapkan orang tua bisa anak anda lakukan, sebab pada dasarnya setiap orang memiliki impiannya masing-masing yang ingin mereka capai dan wujudkan, oleh karena itu yang bisa anda lakukan ialah memberikan arahan kepada mereka dan mendukung apa yang mereka lakukan, disamping anda memberikan pengawasan. Meskipun jalur yang ia pilih tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan atau pilihannya tidak seperti apa yang anda harapkan, tapi jika ia berhasil dengan pilihannya anda seharusnya mengakui keberhasilannya dan mengungkapkan kebanggaan yang anda miliki kepadanya. Katakan pula jika anda menyayanginya, sebab terkadang rasa sayang anda harus di validasi melalui kata-kata.

Jangan Berusaha Menjadi Ayah Sempurna

Manusia merupakan makhluk yang tidak lepas dari kesalahan dan bukan merupakan makhluk sempurna, oleh karena itu wajar jika melakukan sesekalai kesalahan, dan begitu pula dengan anda sbagai seorang ayah. Anda tidak bisa terus menerus menjadi ayah yang ideal bagi anak anda, namun penting bagi anda untuk belajar dari kesalahan-kesalahan anda di masa lalu dan berusaha memperbaiki kesalahan yang telah anda lakukan tersebut.

Demikianlah saran dan tips sederhana yang mungkin terdengar klise, tapi terkadang justru terkadang langkah-langkah kecil tersebut membawa impact dan efek besar bagi anda sebagai seorang ayah. Dengan mengikuti langkah-langkah ini juga anda bisa mencoba memperbaiki pola pendidikan yang selama ini anda lakukan sehingga anda bisa menjadi seorang ayah yang asik dan sosok panutan bagi anak-anak anda.

Loading...

Follow us