data-ad-format="auto"

Kiat Ampuh Atasi Sakit Tengggorokan

Udara dingin dan kelembaban yang begitu tinggi saat musim penghujan membuat beragam bakteri dan kuman berkembang dengan cepat. Bakteri inilah yang dapat menginfeksi orang disekelilingnya. Apabila sistem imun seseorang sedang tidak dalam keadaan baik, maka dapat dipastikan paparan virus dan bakteri akan menyebabkan seseorang sakit.

Salah satu penyakit yang banyak menyerang sewaktu musim penghujan adalah flu. Salah satu gejala seseorang akan mengalami flu adalah dengan ditandai munculnya sakit tenggorokan. Tidak hanya itu, sakit tenggorokan bisa pula disebabkan akibat tegang pada pita suara. Namun apapun pemicunya, yang jelas sakit tenggorokan akan membuat seseorang merasa tidak nyaman, terutama ketika makan dan berbicara. Oleh karena itu, sesegera mungkin sakit tenggorokan harus segera diatasi.

Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati sakit tenggorokan yang begitu menyiksa agar lekas sembuh.

1. Perbanyaklah Minum Air

Memenuhi dan menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh adalah hal yang penting, apalagi jika saat ini anda tengah mengalami sakit tenggorokan atau radang. Terpenuhinya jumlah cairan dalam tubuh akan menjaga membran mukus tetap lembab sehingga perlawanan terhadap bakteri atau alergen menjadi lebih kuat, begitupula kemampuan tubuh dalam melawan ancaman gejala flu lainnya. Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan anda dengan baik, namun jika anda bosan dengan air putih, sesekali anda bisa menyelanginya dengan teh hangat atau air jahe.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2. Minum Obat Anti Inflamasi

Cara paling efektif dalam mengatasi sakit atau radang tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi obat anti-inflamasi non-steroid, seperti tablet yang mengandung ibuprrofen. Tablet dengan kandungan ibuprofen akan dengan mudah anda jumpai di apotek dan toko obat. Bukan saja dapat mengatasi radang, obat ini akan mampu menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan solusi paling bijak untuk mengatasi segala keluhan dalam tubuh termasuk ketika sakit tenggorokan. Munculnya keluhan pada tubuh bisa menjadi tanda bahwa tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Bukan saja mudah, istirahat terbukti dapat menurunkan rasa sakit pada tenggorokan, sebab pada umumnya pemicu sakit tenggorokan dipicu oleh virus influnza yang dapat diatasi sendiri oleh tubuh ketika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.

4. Konsumsi Antibiotik

Pada umumnya penyebab sakit tenggorokan dipicu akibat bakteri, biasanya bakteri yang menjadi sumber penyebab sakit tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogenes. Dengan demikian solusinya tak lain adalah dengan pemberian antibiotik. Untuk memastikan penyebab infeksi, ada baiknya jika anda mengikuti tes kesehatan terlebih dahulu yang dilakukan oleh dokter. Jika pada akhirnya anda diberikan obat antibiotik maka jangan lupa untuk menghabiskannya.

5. Berkumur Dengan Air Garam

Meskipun terdengar kuno, namun berkumur dengan air garam akan lebih efektif dan lebih cepat dalam melegakan sakit tenggorokan. Disamping sebagai antiseptik, garam memiliki sifat dalam membersihkan lendir pada tenggorokan tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan serta dapat meredakan rasa sakit.

Nah, itulah dia beberapa cara untuk mengatasi sakit tenggorokan. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.