Ketahui Penyebab Gatal Pada Telapak Tangan dan Cara Pengobatannya

Ketika menjalankan aktivitas sehari-hari dan rutinitas yang begitu banyak, tentu setiap hal yang kita lakukan akan terasa seperti dikejar-kejar waktu.

Untuk itulah, gangguan sedikit saja bisa jadi menjadi masalah saat pekerjaan dan deadline masih begitu banyak dan menumpuk dan belum kita selesaikan. Masalah yang dihadapi beriringan dengan kewajiban yang harus dikerjakan akan tentunya membuat kita frustasi dengan masalah tersebut. Dengan demikianlah, mau tidak mau, dan siap tidak siap maka kita harus meluangkan waktu dan segera mencari solusi agar masalah tersebut bisa segera diselesaikan dengan baik.

Contohnya seperti masalah yang menyerang bagian telapak tangan. Masalah yang satu ini memang jarang terjadi, akan tetap dampaknya yang seringkali menimbulkan perasaan yang tidak nyaman membuat banyak orang cukup kewalahan menahan rasa gatal yang ditimbulkannya. Hal inilah yang membuat mereka banyak bertanya-tanya mengapa telapak tangan mereka bisa terasa begitu gatal? Hal apa yang sebenarnya melatar belakangi kondisi ini? Dan masih banyak lagi.

Betapa tidak, kondisi gatal yang menyerang telapak tangan seringkali membuat siapa saja merasa tak nyaman dengan kondisi ini. Apalagi ketika melakukan pekerjaan seperti menulis, mengetik, memasak dan beberpa kegiatan lain yang melibatkan tangan. Kondisi ini umumnya akan sangat terkendala terutama saat gejala gatal mulai menyerang. Pada akhirnya, rasa gatal yang semakin terasa parah akan membuat anda tak tahan menahan godaan untuk menggaruk bagian tersebut dan lebih memilih mengesampingkan apa yang sedang anda kerjakan. Akibatnya hal ini mungkin akan membuat anda menghentikan pekerjaan dan bolos masuk bekerja karena rasa gatal yang cukup menyiksa.

Gatal-gatal yang timbul dibagian telapak tangan adalah kondisi umum yang dapat terjadi dan mungkin hampir sebagian orang pernah mengalami kondisi ini. Terutama setelah melakukan kontak atau menyentuh sumber air yang kotor dan beberapa sumber lainnya. Bila kondisi ini terjadi, maka mungkin gatal pada telapak tangan yang dialami akan tergantung pada penyebabnya. Hal ini dikarenakan ada cukup banyak pemicu yang dapat menimbulkan rasa gatal dibagian telapak tangan.

Dengan demikian, maka anda harus lebih waspada terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar agar jangan sampai kuman dan bakteri menjadi pemicu timbulnya gatal-gatal yang menyiksa. Lantas apakah itu gatal yang menyerang bagian telapak tangan? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak beberapa hal dibawah ini.


Gatal Pada Bagian Telapak Tangan

Gatal di telapak tangan merupakan gejala umum yang menandakan adanya gangguan pada bagian tangan itu sendiri atau gangguan tubuh yang berefek secara keseluruhan. Kondisi ini pada umumnya tidak dianggap sebagai kondisi yang besar atau sebagai ancaman penyakit yang besar, karena biasanya gatal pada telapak tangan akan bisa diatasi dengan mengaplikasikan krim atau salep gatal pada bagian yang terasa gatal.

Akan tetapi terkadang, pada beberapa kasus, telapak tangan yang sudah diberikan dengan salep masih saja terus berlanjut untuk waktu yang sangat lama dan berpotensi mengganggu aktivitas yang dijalankan sehari-hari.

Nah, bila kondisi ini menyerang anda atau orang terdekat, maka sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter agar penyebabnya bisa ditentukan lewat gejala yang anda rasakan. Dengan demikian, penanganan yang lebih tepat pun akan bisa dengan cepat anda dapatkan.

Sementara itu, untuk anda yang baru saja mengalami gatal dibagian telapak tangan,  perlu dipelajari terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana mengatasi kondisi ini dengan sederhana yang dapat diaplikasikan dirumah sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter.

Mengetahui Penyebab Telapak Tangan Terasa Gatal

Ada cukup banyak faktor yang dapat menjadi latar belakang timbulnya gatal dibagian telapak tangan mulai dari penyakit yang ringan dan umum sampai dengan penyakit yang serius yang mana perlu anda waspadai betul. Untuk itulah, bila anda merasa khawatir atau tidak pasti dengan kondisi gatal pada telapak tanngan yang anda alami saat ini, maka sebaiknya periksakan terlebih dahulu ke dokter agar diagnosa pasti bisa anda dapatkan.

Nah, berikut ini adalah beberpa faktor kondisi medis yang dapat menjadi penyebab gatal pada telapak tangan.

Adanya Dermatitis Kontak

Penyebab pertama yang mungkin menjadi pemicu timbulnya kondisi gatal pada telapak tangan adalah adanya penyakit kulit dermatitis kontak. Kondisi ini adalah sebuah penyakit kulit yang timbul dengan ditandai adanya peradangan, gatal-gatal dan bercak nyeri yang timbul setelah terjadi kontak langsung dengan alergen atau iritan.

Kondisi ini biasanya akan dapat muncul antara 12 dan 72 jam setelah terjadi paparan. Adapun penyebab yang seringkali dikaitkan dengan kondisi ini adalah benda atau zat-zat tertentu yang sifatnya dapat mengiritasi kulit, seperti halnya semen, deterjen, parfum, bahan kimia dan tanaman seperti poison ivy serta poison oak.

Perluasan penyakit yang sesungguhnya pada suatu individu akan sangat bervariasi sejalan dengan waktu, meskipun riwayat alergi berpengaruh dalam menyebabkan seseorang mengalami kondisi ini.

Adapun kondisi penyakit ini umumnya akan dapat menghilang tanpa komplikasi dalam kurun waktu 2 sampai dengan 3 minggu. Akan tetapi si penderita harus senantiasa menghindarkan dirinya dari paparan alergen atau iritan yang ada.

Kompilkasi mungkin terjadi pada orang yang berkulit gelap yang mana kondisi ini umumnya akan menyebabkan perubahan warna kulit yang lebih terang ke lebih gelap dan juga mereka riskan menderita infeksi bakteri sekunder.

Meskipun kondisi gangguan penyakit ini akan dapat menghilang dengan sendirinya. Akan tetapi bila gejala yang dialami sudah terlalu berlebihan dan bahkan hingga berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan tak kunjung membaik, maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini ke dokter agar penanganan guna memulihkan gejala yang dialami bisa diredakan dengan baik.


Adanya Penyakit Eksim

Eksim adalah istilah yang umum untuk menggambarkan setiap peradangan yang timbul pada kulit yang mana kondisi ini dapat menyebabkan kondisi lain seperti gatal dan kemerahan yang timbul pada bagian kulit mana saja, termasuk kemerahan dan gatal yang timbul pada bagian telapak tangan dan juga kaki.

Kondisi seperti ini lebih dikenal dengan kondisi dyshidrosis atau dermatitis palmoplantaris yang mana kondisi ini merupakan jenis eksim yang khusus menyerang bagian telapak tangan dan kaki. Kondisi gatal yang dialami oleh si penderita akan semakin memburuk terutama saat malam hari.

Adapun penyebab dari kondisi gangguan kulit yang satu ini belum diketahui hingga sampai saat ini. Penyakit eksim atopik juga sering disertai dengan kondisi medis lainnya seperti hay fever atau kondisi tubuh yang sensitif terhadap paparan serbuk sari dan juga asma.

Kondisi eksim yang dialami akan semakin memburuk apabila muncul beberapa seperti dibawah ini.

  • Kulit yang kering.
  • Debu dan serbuk sari.
  • Infeksi bakteri dan virus.
  • Asap rokok dan polusi udara.
  • Cairan pelarut, pembersih, sabun, dan deterjen.
  • Menggaruk kulit sehingga kulit mengalami luka atau iritasi.
  • Pakaian, selimut atau karpet dari bahan wol.
  • Makanan seperti telur, susu, kacang, kedelai, dan ikan. Terutama dampaknya kepada bayi dan anak kecil.
  • Cuaca panas dan perubahan tingkat kelembapan.
  • Keringat tubuh.

Penyakit gangguan kulit yang satu ini pun umumnya muncul pada anak-anak, akan tetapi dermatitis atopik bisa pula menyerang orang-orang dewasa pada segala usia. Umumnya penyakit ini akan lebih sering menyerang orang-orang dengan riawayat penyakit asma dan hay fever.

Sementara itu, kondisi eksim lebih sering muncul pada beberapa bagian organ pada tubuh yang memiliki lipatan seperti misalkan beberapa tempat berikut ini.

  • Bagian dahi pada wajah
  • Bagian belakang lutut
  • Bagian pergelangan kaki depan
  • Bagian samping leher
  • Bagian dalam siku
  • Sekitar mata dan telinga
  • Sekitar lipatan selangkangan

Kulit yang kering dan terasa sangat gatal bisa menjadi gejala awal dari kondisi kesehatan yang satu ini. Pada gilirannya kulit akan mengalami iritasi dan memerah ketika anda menggaruk bagian yang terasa gatal.

Akibat dari Alergi Makanan

Ada beberapa orang yang rentan memiliki alergi terhadap konsumsi jenis makanan tertentu. Beberapa makanan yang umum menjadi pemicu alergi pada orang-orang yang rentan terkena dengan gangguan yang satu ini adalah jenis makanan seperti kacang, susu, telur, kacang-kacangan, makanan lain dan kedelai.

Meskipun algeri makanan dapat menimbulkan beberapa anda fisik yang jelas dan perubahan pada tubuh yang luas, akan tetapi reaksi dan tanda klinis pada kulit adalah gejala paling awal dan paling mudah terlihat. Gatal pada bagian telapak tangan yang dirasakan oleh si penderita bisa menjadi tanda awal akibat alergi makanan.

Bila si penderita mengalami kondisi yang satu ini dan rasa gatal disertai dengan tanda alergi lainnya. Maka segera hentikan konsumsi terhadap beberapa makanan tersebut. Selain itu, bila gejala yang dialami semakin memburuk maka sebaiknya hubungi dokter agar gejala tersebut bisa segera diredakan dengan lebih baik.


Adanya Primary Biliary Sirosis

Gangguan penyakit lain yang dapat menimbulkan gatal pada bagian telapak tangan adalah adanya Primary Biliary Sirosis yakni sebuah kondisi dimana saluran empedu dalam hati hancur secara perlahan. Empedu, cairan yang diproduksi dalam hati berperan dalam mencerna makanan dan membantu membersihkan tubuh dari sel darah merah yang telah usang, racun dan juga kolesterol.

Akan tetapi ketika jaringan pada empedu rusak, seperti karena primari biliary sirosis, maka zat berbahaya akan terbentuk dalam hati dan kadang-kadang kondisi ini akan dapat menimbulkan parut ireversibel pada jaringan sirosis. Kondisi penyakit ini dianggap sebagai suatu penyakit autoimun dimana tubuh berbalik melawan sel sendiri. Akan tetapi apa yang memicu kondisi ini bisa terjadi, sampai saat ini belum lah diketahui dengan jelas.

Akibat dari adanya penyakti ini dapat menimbulkan pruritus atau gatal-gatal pada kulit. Bahkan jika penyakit ini belum berkembang menjadi lebih besar, salah satu tanda yang paling awal adalah dengan timbulnya kondisi gatal pada bagian telapak tangan dan juga bagian telapak kaki.

Adapun tingkat keparahan dari kondisi gatal yang dirasakan bisa berfluktuasi karena dapat menyerang kapan saja, baik saat siang maupun sewaktu malam.

Kondisi gatal yang seperti ini dialami sebab oleh asam empedu yang beredar luar dan bebas pada aliran darah. Hal ini bisa terjadi karena adanya masalah pada sistem saluran empedu.

Untuk itu, maka segera periksakan kondisi kesehatan anda bila anda mulai merasakan gatal-gatal pada tangan. Sebagaimana kita lihat pada penjelasan diatas, gatal yang dialami pada bagian telapak tangan bisa menjadi gejala awal dari kondisi penyakit lainnya.

Adanya Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Pemicu lain yang mampu sebabkan kondisi gatal pada tangan adalah adanya Carpa Tunnel Syndrome (CTS). Kondisi ini terjadi sebab adanya kompresi atau terjepitnya bagian saraf medianus. Yang mana hal ini bisa terjadi akibat terlalu banyak mengetik, menulis atau melakukan kegiatan lain yang membutuhkan penggunaan jari-jari tangan yang dilakukan secara berulang dalam jangka panjang.

Perlu diketahui beberapa gejala utama yang akan mungkin dirasakan diantaranya adalah kesemutan, rasa baal serta timbulnya gatal pada bagian telapak tangan.

Konsisi dari gejala ini umumnya akan dapat berkembang dengan perlahan dan pada malam hari hal ini akan dapat bertambah dengan parah. Bagian yang paling sering terpengaruh dengan kondisi ini diantaranya adalah telunjuk, jari tengah dan juga jempol.

Saat terjadi bengkak pada bagian saraf, tendon atau bahkan bagian keduanya, saraf median akan terhimpit dan pada akhinya terjadinya carpal tunnel syndrom. Ketika saraf median terhimpit atau terjepit, maka akan timbul perasaan mati rasa, sensasi kesemutan, termasuk dengan timbulnya gatal pada bagian telapak tangan dan juga jari-jari tangan.

Adanya Penyakit Lupus

Kondisi resiko penyakit lain yang dapat menimbulkan gatal pada bagian telapak tangan adalah adanya ancaman dari penyakit lupus. Kondisi penyakit ini adalah inflamasi kronis yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang kelru sehigga mulai menyerang bagian jaringan dan organ tubuh sendiri. Inflamasi yang terjadi akibat penyakit lupus bisa menyerang beberapa bagian tubuh seperti misalkan bagian sel darah, sendi, jantung, paru-paru dan juga kebagian kulit.

Gejala dari penyakit lupus sendiri umumnya lebih mirip dengan penyakit lain sehingga membuat penyakit ini lebih sulit untuk didiagnosis. Gejala penyakit lupus sendiri umumnya sangat beragam. Ada yang ringan dan bahkan ada gejala yang bisa sampai mengancam jiwa. Salah satu gejala yang termasuk kedalam tanda penyakit lupus adalah lesi dan kemerahan yang muncul dibagian telapak tangan. Ruam bisa menjadi sangat gatal sehingga membuat si penderita tidak nyaman dengan kondisi yang dialaminya.

Penyakit yang satu ini memang tidak menular, akan tetapi bisa berbahaya dan berpotensi mematikan. Di Indonesia sendiri penderita peyakit lupus dipercaya terdapat sebanyak lima juta jiwa. Penyakit ini kebanyakan menyerang wanita dengan usia 15-50 tahun pada masa produktif. Akan tetapi demikian tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini pun dapat menyerang anak-anak dan juga pria.

Pengobatan Pada Telapak Tangan yang Gatal

Cara mengatasi atau mengobati bagian telapak tangan yang terasa gatal idealnya disesuaikan dengan penyebabnya itu sendiri. Akan tetapi tantanganya sendiri adalah dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk dapat mendiagnosis suatu kondisi penyakit yang menjadi penyebab gatal yang tidak tepat.

Bila penyebabnya adalah alergi, maka pengobatan terbaik adalah dengan menghindari paparan dari zat alergen yang akan memicu kondisi tersebut menjadi lebih parah.

Sementara itu, bila kondisi ini disebabkan oleh penyakit lainnya. Maka ada baiknya segera konsultasikan kondisi yang anda alami ke dokter. Agar dapat dilakukan pemeriksaan guna mendiagnosis adanya penyakit tertentu. Dengan begini penanganan yang lebih tepat akan bisa segera anda dapatkan.

Semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan yang lainnya.

Follow us