data-ad-format="auto"

Ketahui Kegiatan Menarik Sekaligus Mendidik Untuk Balita

Memiliki balita ditengah-tengah keluarga memang menjadi hal yang begitu menyenangkan, akan tetapi tidak sedikit orangtua yang mungkin sedikit ragu akan melalui fase terbaik di dunia. Balita tentunya begitu menyenangkan dan menggemaskan terutama ketika mereka bertingkah lucu dengan pertanyaan dan rasa ingin tahu yang membuatnya begitu penasaran. Canda gurau yang begitu menggemaskan seolah menjadi penyemangat dan membuat hari-hari yang anda jalani menjadi lebih berarti ketika dihabiskan bersama dengan si kecil.

Namun, ketika anda sedang enggan untuk pergi keluar, tak perlu khawatir anda masih tetap bisa melakukan aktivitas menyenangkan, menarik sekaligus mendidik di rumah bersama dengan si kecil. Pasalnya, ada begitu banyak kegiatan yang menarik sekaligus mendidik yang bisa anda lakukan bersama dengan si kecil. Menceritakan dongeng untuk si kecil salah satunya adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus membuat si kecil mengenal bagimana menyerap sesuatu dengan seksama. Selain itu, ada kegiatan lain yang tak kalah menarik sekaligus mendidik untuknya, kegiatan ini bisa anda lakukan dirumah.

Apa sajakah kegiatan tersebut? Simak berikut ini.

1. Bermain Puzzle

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Menyusun puzzle adalah kegiatan lain yang akan sanagt menarik untuk balita. Salah satu kegiatan balita terbaik adalah dengan memberikan mereka beberapa puzzle untuk kembali mereka susun, biarkan balita asik dengan apa yang dikerjakannya, selain itu berikan ruang untuk mereka agar bisa berkonsentrasi dan mencoba menyelesaikannya sendiri. Selain bermanfaat dan membuatnya lebih sibuk, bermain puzzle akan meningkatkan kemampuan memori anak dan membantu mereka menjadi pribadi yang lebih tenang ketika menghadapi suatu hal.

2. Menari

Menari dengan anak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Setiap anak akan gembira dengan sorak-sorak keceriaan, mendengarka lagu kesukaan anak, kemudian mengajak mereka menggerak-gerakan anggota badannya akan menjadi kegiatan yang menarikan, selain itu dengan menari anak akan mendapatkan banyak gerak . Hal ini sekaligus bisa dijadikan sarana berolah raga yang membuat mereka lebih bugar.

3. Membaca

Jika balita anda sudah bisa sedikit berbicara, anda bisa mengarahkan kemampuannya pada kegiatan membaca, hal ini adalah strategi terbaik untuk memperkenalkan anak pada hobi membaca. Untuk itu, belilah buku bergambar yang disukai balita, selain itu sesuaikan bacaan balita dengan kemampuannya, berikan buku bacaan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.
Sebelum membiarkannya membaca sendiri, anda bisa memberikan contoh dengan membacakan sebuah dongeng atau cerita yang membuat si kecil menjadi tertarik untuk melakukannya sendiri.

4. Kerajinan Tangan

Salah satu hal yang paling dicintai anak adalah bisa menciptakan karyanya sendiri. Menciptakan kerajinan tangan bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk anak. Tidak ada salahnya menyediakan beberapa kertas dan mulai mengajarkan anak seni lipat melipat atau origami yang cukup sederhana, biarkan anak fokus dan menyelesaikan apa yang dibuatnya. Setelah anak berhasil membuatnya anda bisa memberikan pujian atau sanjungan agar anak menjadi lebih senang. Disamping itu, kegiatan ini mampu mengasah kreativitas anak.

Demikian beberapa kegiatan yang menarik sekaligus mendidik untuk anak, dengan mengaplikasikan kegiatan tersebut pada anak, maka hal ini akan membantu anak tumbuh menjadi anak yang kreatif dan juga cerdas.

Loading...

Follow us