Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Gemuk

Sarapan adalah waktu makan paling penting untuk memulai hari anda. Lewat konsumsi sarapan tubuh anda akan mendapatkan pasokan energi untuk dapat melakukan aktivitas selama seharian penuh. Sayangnya, tidak semua orang mengindahkan anjuran makan penting yang satu ini. Malah tidak sedikit orang yang tengah dalam program menurunkan berat badan melewati jam makan yang satu ini. Mereka menganggap bahwa dengan dengan semakin sering mereka melewatkan jam makan maka sama artinya dengan mempercepat proses pembakaran lemak didalam tubuhnya.

Akan tetapi, tentu saja hal ini salah besar. Sebaliknya melewatkan konsumsi sarapan malah akan memberikan potensi gemuk pada tubuh anda dengan lebih besar. Namun, cara sarapan yang salah justru dapat berakibat sama, yakni menyebabkan penumpukan kalori dan lemak yang berlebihan.

Untuk itulah, mengetahui hal ini maka mungkin anda perlu membenahi kesalahan-kesalahan menyantap sarapan yang akan memberikan potensi kegemukan pada tubuh anda. Nah, untuk itu mengetahui apa saja kesalahan umum yang seringkali dilakukan saat sarapan akan menjadi sumber yang penting untuk anda dapat memperbaiki kesalahan ini dengan baik. Nah, dibawah ini mari kita simak beberapa kesalahan saat sarapan yang bikin gemuk.

Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Gemuk

Tidak sedikit orang yang masih dibuat bingung saat tengah menyantap sarapan. Disatu sisi jam makan ini adalah waktu makan yang penting. Akan tetapi disisi lain hal ini malah akan mungkin memberikan pengaruh timbunan lemak dalam tubuh anda. Untuk itu, hal penting yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah dengan memperhatikan cara anda sewaktu sarapan. Dibawah ini adalah beberapa kesalahan yang umum dilakukan sewaktu sarapan yang malah memicu kegemukan.

Minum Jus Pagi Hari

Seperti telah menjadi kebiasaan yang sebelumnya berawal dari anjuran bahwa konsumsi jus pada pagi hari akan memberikan manfaat yang baik dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Akan tetapi rupanya mengkonsumsi jus pada pagi hari justru malah akan membuat anda gemuk. Minum segelas jus pada pagi hari memang memberikan semangat dan sensasi tersendiri untuk anda dapat mengawali hari. Akan tetapi, ketika hal ini justru berpengaruh buruk untuk kesehatan anda maka anda mungkin akan sedikit khawatir dengan masalah yang satu ini.

Konsumsi jus pada pagi hari dapat memberikan pengaruh terhadap kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan pada saat buah segar dijus maka yang tersisa hanyalah kandungan air dan gula yang sangat tinggi. Hal ini tentu akan berdampak tidak baik, terutama untuk anda yang seringkali mengkonsumsi jus buah dalam kemasan. Sedangkan kandungan vitamin dan serat yang baik untuk proses metabolisme tubuh anda menjadi berkurang.

Nah, untuk mengatasi hal ini alangkah lebih baik jika mulai saat ini anda segera menghentikan kebiasaan mengkonsumsi jus buah pada pagi hari. Alangkah lebih baik jika ada mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara langsung. Selain lebih nikmat, hal ini tentunya akan memberikan manfaat dari buah secara utuh.

Sarapan dengan Pastry

Aneka pastry seperti apple struddle atau croissant memang paling pas untuk dinikmati, apalagi saat pagi hari bersama dengan secangkir teh, susu atau mungkin bersama dengan kopi. Rasanya yang nikmat dan perpaduan yang sempurna akan membuat pagi hari anda semakin nikmat dengan sajian yang satu ini. Akan tetapi, kenikmatan yang anda rasakan hanya berlaku untuk lidah anda saja, bukan untuk tubuh.

Hindari mengkonsumsi pastry untuk dijadikan menu sarapan anda hal ini dikarenakan terdapat kandungan gula yang tinggi dan lemak jenuh yang banyak yang terdapat dalam pastry. Apalagi saat anda mengkombinasikannya dengan lebih banyak gula yang ada pada kopi atau teh. Sebaiknya, bijaklah dalam mengatur menu sarapan anda untuk menghindari resiko kegemukan yang akan berdampak tidak baik untuk kesehatan.

Pancake dan Waffle Untuk Menu Sarapan

Meskipun dua menu hidangan ini adalah menu sarapan yang banyak diadaptasi dari luar negeri. Namun saat ini, masyarakat Indonesia sendiri sudah mulai jatuh cinta dengan kedua hidangan ini. Sehingga tidak heran bila sebagian orang akan menjadikan pancake dan waffle sebagai menu sarapannya. Dua hidangan ini memang nikmat dan lezat untuk dikonsumsi, Akan tetapi dampaknya tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk anda yang saat ini ingin segera menurunkan berat badannya.

Sajian yang terbuat dari tepung terigu yang diolah dengan bahan-bahan lain dan dipadu dengan topping yang beragam seperti sirup atau bubu gula ini memang nikmat. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tepung terigu yang terkandung dalam kedua bahan makanan ini akan cepat menaikan gula darah, namun cepat turun juga sehingga anda akan cepat merasa lapar lagi. Untuk itu, sebaiknya ganti jenis dan menu sarapan anda dengan jenis yang lebih sehat seperti sereal gandum atau roti gandum yang jauh lebih bermanfaat untuk dikonsumsi.

Minum Kopi

Minum kopi pada pagi hari seolah sudah menjadi budaya yang sulit untuk dipisahkan pada sebagian besar masyarakat Indonesia. Mengkonsumsi kopi pada saat pagi hari memang sebenarnya tidak memberikan dampak yang buruk selama anda tidak menambahkan gula pada sajian kopi yang dibuat. Hanya saja yang jadi masalah adalah sewaktu anda menuangkan pemanis tambahan dengan jumlah yang banyak kedalamnya.

Konsumsi kopi dengan gula yang tinggi yang dilakukan secara terus menerus akan memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan anda. Kandungan glukosa pada gula akan dapat memicu kenaikan berat badan dengan mudah. Untuk itu, sebaiknya hentikan mengkonsumsi kopi dengan kandungan gula yang tinggi pada pagi hari dan waktu-waktu lainnya.

Sarapan yang Sehat Namun Banyak

Memilih makanan yang sehat dengan kandungan protein yang rendah, karbohidrat kompleks, sayuran dan buah-buahan memang menjadi hal yang baik untuk dilakukan. Akan tetapi, ketika anda menyantap semua jenis makanan ini dalam satu waktu maka dampaknya tetap saja tidak baik.

Untuk itu, sebaiknya konsumsilah makanan secukupnya dan jangan buat perut anda merasa kenyang berlebihan. Menyantap sarapan terlalu banyak malah akan membuat anda mudah mengantuk. Selain itu, konsumsi makanan sehat dalam jumlah yang berlebihan akan mungkin membuat anda memasukkan kalori dalam jumlah yang banyak.

Makan Terlalu Sedikit

Hanya karena takut akan menambah asupan lemak dan kalori yang terlalu besar kedalam tubuh anda lantas menyantap sarapan hanya sedikit bahkan dengan porsi yang begitu minim. Akan tetapi, hal ini bukanlah solusi yang baik dan tidak akan berimbas baik untuk kesehatan anda. Selain anda akan tetap merasa kelaparan, mengkonsumsi sarapan yang terlalu sedikit malah akan membuat hari-hari anda lemas karena kurangnya pasokan energi.

Untuk itu, silahkan konsumsi makanan yang cukup pada saat pagi hari karena makanan yang anda asup tidak akan membuat anda gemuk sebab makanan akan dibakar menjadi energi. Sementara itu, bila anda masih merasa ketakutan dengan lemak dan kalori berlebihan dalam makanan maka pilihlah jenis makanan sehat yang telah disebutkan diatas.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi cukup yang anda butuhkan.