data-ad-format="auto"

Kesalahan Makan Malam yang Justru Bikin Anda Mudah Gemuk

Masyarakat Indonesia sudah lumrah dengan kebisaan menyantap makan sesuai dengan jam yang memang telah ditentukan. Seperti menyantap sarpan, makan siang dan juga menyantap makan malam. Makan seusai dengan waktu atau makan teratur memang bermanfaat baik untuk kesehatan. Hanya saja, untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, mengkonsumsi makanan sepertinya penting untuk diperhatikan dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan apa yang anda kosumsi akan erat kaitanya dengan penambahan berat badan yang terjadi dengan tubuh anda.

Salah satu penyumbang kenaikan berat badan yang terjadi adalah lewat konsumsi makan malam. Hal ini dikarenakan makan pada jam malam, apalagi saat menjelang tidur akan mungkin memberikan kemungkinan penumpukan lemak yang berlebihan. Akibatnya, bila hal ini terus-terusan dilakukan dalam jangka waktu yang lama maka akibatnya kenaikan berat badan anda akan sulit untuk dihindari.

Oleh karenanya, sesaat sebelum tidur anda sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan atau cemilan atau pula makanan berat sebab energi dalam makanan tidak akan tergunakan hanya akan tertumpuk sebagai cadangan makanan berupa tumpukan lemak didalam tubuh. Selain itu, ada beberapa kesalahan lain yang sebaiknya anda hindari seputar makan dimalam hari sebab hal ini dapat memberikan masalah untuk kenaikan berat badan anda.

Tidur dalam Keadaan Perut Kenyang

Kondisi lapar sebelum beranjak tidur yang tak terhankan atau mungkin perasaan lelah sepulang bekerja yang membuat tubuh merasa lemas membuat tubuh anda membutuhkan banyak energi untuk merecover yang sebelumya telah hilang. Akibatnya, perasaan lapar yang membendungi perut anda membuat anda akan kalap dan melahap jenis makanan apa saja yang anda lihat. Akhirnya perut anda kini sudah diisi dengan berbagai jenis makanan dan terasa lebih kenyang.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Akan tetapi, setelah anda merasa kenyang tidak sebaiknya anda segera tidur. Kebiasaan yang satu ini akan dapat menyebabkan lingkar pinggang anda semakin besar dan anda pun menjadi lebih gemuk. Untuk itu, sebaiknya berikanlah jarak atau waktu beberapa saat antara makan anda dengan tidur. Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan lebih dari 200 kalori pada saat malam hari sebab seperti yang telah dijelaskan diatas hal ini malah akan menimbulkan penumpukan lemak didalam tubuh anda.

Konsumsi Makanan yang Salah

Anda memang tidak dilarang untuk mengkonsumsi makan malam. Hanya saja, kebanyakan para pelaku diet akan melewatkan jam makan ini atau menggesernya lebih dini dibandingkan harus menyantap makanan saat sudah gelap. Sementara itu, untuk anda yang masih tetap menyantap makan malam alangkah lebih baik jika anda tidak mengkonsumis jenis makanan yang salah. Kebanyakan diet yang gagal umumnya dipicu akibat konsumsi jenis makanan yang salah saat malam hari. Hindari jenis makanan yang tinggi akan lemak dan tinggi akan protein. Pilihlah jenis makanan yang rendah dengan dua kandungan ini dan sedikit karbohidrat sebagai menu makan malam anda.

Tidur dengan Perut Lapar

Banyak para pelaku diet memilih menekan nafsu makannya pada saat malam hari, termasuk ketika perut mereka kosong dan terasa begitu lapar. Dengan melakukan hal ini mereka menganggap bahwa tubuhnya akan dapat membakar lebih banyak lemak. Akan tetapi, sebuah penelitian menunjukan bahwa hal ini bukanlah anggapan yang baik untuk dilakukan. Tidur dalam keadaan lapar malah akan membuat anda kehilangan massa otot, bukannya lemak. Selain itu, pada saat anda kelaparan dimalam hari maka hal ini akan malah membuat anda cenderung makan berlebih pada saat jam sarapan atau makan siang.

Menyantap Dessert

Banyak orang akan merasa kurang lengkap bila setelah makan tidak menyantap dessert atau makanan penutup. Akan tetapi, menambah porsi makan anda dengan menyantap makanan penutup dengan rasa yang manis tidak alami malah akan membuat penumpukan lemak didalam tubuh menjadi semakin buruk. Untuk itu, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Anda bukan tidak boleh menyantap dessert akan tetapi, bijaklah dalam memilih jenisnya. Daripada menyantap dessert seperti pudding atau kue, alangkah lebih baik jika anda menggantinya dengan buah-buahan yang lebih segar atau makanan lain yang lebih sehat seperti yogurt plain dan lain sebagainya.

Ngemil Dimalam Hari

Pekerjaan yang masih menumpuk atau tayangan televisi favorit anda yang tayang sampai larut malam terkadang membuat anda perlu untuk mengisi kesepian sendiri dimalam hari. Alhasil hal ini membuat anda memilih untuk mencari cemilan atau makanan ringan untuk menemani malam anda. Selain itu, tidak sedikit diantara mereka membenarkan hal ini sebagai hal yang akan mengusir rasa kantuk mereka agar dapat terjaga sampai malam hari.

Akan tetapi, untuk anda yang berkeinginan untuk menurunkan berat badan maka kebiasaan yang satu ini bukanlah solusi yang baik. Segera hentikan kebiasaan ngemil atau mengkonsumsi makanan ringan sampai tengah malam. Hal ini malah akan membuat berat badan anda semakin meningkat. Sementara itu, untuk mengatasi kondisi ini maka sebaiknya hindari terjaga sampai larut malam dan segeralah tidur.

Pemakaian Garam Berlebihan Pada Makanan

Kandungan garam yang terlalu banyak didalam makanan akan dapat menyebabkan natrium berlebih untuk badan. Ini adalah salah satu faktor pemicu bertambahnya berat badan dengan lebih mudah. Untuk itu, bagi anda yang seringkali menyantap makanan sebaiknya kurangi penggunaan garam pada sajian makanan yang anda buat. Akan lebih baik jika anda menggantinya dengan rempah-rempah lain yang beraroma seperti lada bubuk atau lada hitam. Bukan hanya itu, kurangi penggunaan bahan perasa gurih seperti petsin hal ini malah akan membuat anda semakin menginginkan makanan secara berlebihan.

Lapar Disiang Hari, Pesta Dimalam Hari

Kebiasaan ini mungkin dimiliki oleh anda yang menggunakan beberapa jenis diet dengan metode jendela makan. Akan tetapi, pada faktanya metode yang seperti ini malah akan merusak kebiasaan pola makan anda. Akibatnya, terlalu sering menerapkan jenis makan seperti ini malah akan membuat anda berakhir dengan ketidak stabilan metabolisme yang terjadi dengan tubuh anda. Untuk itu, sebaiknya ketika anda merasa lapar pada saat siang hari maka upayakan untuk mendapatkan makanan. Jangan menunda dan malah membuat anda mengkonsumsi aneka ragam makanan pada saat malah hari. Sebab saat malam hari makanan yang masuk kedalam tubuh anda tidak akan dapat diolah menjadi energi. Yang ada hanyalah tumpukan lemak yang memperparah kenaikan berat badan anda.

Untuk itu, sebaiknya perhatikan kembali pola makan anda pada saat malam hari. Bila anda ingin menurunkan berat badan dengan lebih efektif maka sebaiknya geser makan malam anda ke sore hari dan hentikan mengkonsumsi makanan maksimal sampai jam 5 sore. Perlu diketahui tubuh anda akan membutuhkan waktu untuk dapat mencerna makanan menjadi energy. Untuk itu, pastikan bila anda memberikan jeda antara waktu makan dan tidur anda dimalam hari.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan sehingga dapat memberikan solusi pada masalah yang anda hadapi saat ini.