data-ad-format="auto"

Kenali Tanda Terserang Penyakit Osteoporosis

Sering mengalami nyeri pada bagian tulang belakang, bahkan hingga mengalami perubahan tulang punggung menjadi membungkuk? Betulkah merupakan tanda terkena penyakit osteoporosis. Untuk mengenali tanda terserang penyakit osteoporosis, kami akan membantu anda pada artikel kali ini.

Penyakit osteoporosis merupakan penyakit tulang yang membahayakan, digolongkan membahayakan karena penderita tidak mengalami gejala yang spesifik sehingga sulit membedakan dengan kondisi normal. Bahkan penderita baru menyadari setelah terjadi patah tulang hingga dapat terjadi berulang pada jangka waktu yang singkat.

Osteoporosis dapat diderita oleh wanita ataupun pria meskipun lebih resiko paling banyak dialami oleh wanita. Salah satu penyebabnya adalah berkurangnya hormon estrgen ketika memasuki menopause sehingga dapat mempengaruhi kalsium di dalam tulang.Meskipun demikian beberapa kasus menemukan bahwa osteoporosis dapat terjadi pada usia yang lebih muda dibawah usia 40 tahun, bahkan terjadi pada anak pada usia 20 tahun.

Dalam mendeteksi osteoporosis anda harus melakukan pemeriksaan medis, salah satunya dengan menggunakan tes CT, densitometri dan juga tes laboratorium. Bagi wanita yang mengalami menopause dapat melakukan pencegahan melalui suplemen khusus untuk wanita menopause.
Nah, untuk megetahui tanda-tanda terserang osteoporosis, maka anda dapat melihat beberapa perubahan yang terjadi pada kondisi kesehatan anda.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Berikut ini adalah tanda terserang penyakit osteoporosis :

1. Sering mengalami Nyeri

Anda sering mengalmai nyeri pada bagian punggung bahkan hingga menahun? Hati-hati ,ini merupakan tanda anda mengalami osteoporosis. Nyeri yang anda rasakan ditimbulkan karena keadaan kolaps yang terjadi pada tulang belakang sehingga menyebabkan nyeri secara tiba-tiba dan akan bertambah nyeri ketika anda berdiri ataupun berjalan. Area tubuh yang mengalami nyeri yaitu bagian punggung.

2. Mengalami patah tulang tungkai

Pada penderita osteoporosis akan mengalami patah tulang tungkai. Tulang tungkai terdiri dari bagian dalam dan luar, sedangkan anda yang mengalami osteoporosis akan mengalami patah tulang bagian luar sehingga menjadi tipis dan retak.

3. Mengalami pertumbuhan yang terhambat

osteoporosis tidak hanya menyerang pada usia 40 tahun ke atas akan tetapi kini dapat menyerang usia 20 tahun sehingga apabila anda mengalami pertumbuhan yang terhambat, tinggi badan yang tidak optimal dan mengalami imunitas tubuh yang menurun segera memeriksakan diri untuk mengurangi resiko osteoporosis usia muda.

4. Sering mengalami kram otot

Pada usia dewasa resiko osteoporosis lebih tinggi terlebih pada wanita yang mengalami menopause. Tanda-tanda terjadi osteoporosis yaitu kram otot, kesulitan tidur, mengalami jantung yang berdebar dan badan seringkali mengalami pegal-pegal.

5. Tulang patah

Osteoporosis yang seringkali menyerang pada usia lanjut maka ditandai dengan adanya patahan. Patah tulang pada bagian pinggang atau pinggung yang dipicu karena berat beban yang berat dan kurangnya kecukupan kalsium. Kemudian selanjutnya adalah badan yang bungkuk, terjadi tulang ngilu, kram dan sering mengalami insomnia pada usia lanjut.

6. Sakit pinggang atau punggung

Kekurangan kalsium akan meningkatkan osteoporosis begitu pula dengan ibu hamil dan menyusui yang kekurangan kalsium akan beresiko mengalami osteoporosis. Tanda mengalami osteoporosis diantaranya adalah gigi linu, kram dan mengalami sakit pada bagian pinggang atau punggung. Sehingga penting dalam menjaga asupan kalsium untuk menghindari terjadinya osteoporosis. Dengan demikian tanda-tanda penyakit osteoporosis sangat sulit dibedakan dengan keadaan normal salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan sehingga dapat dicegah sejak dini.