data-ad-format="auto"

Kenali Penyebab Wanita Sulit Hamil dan Solusi Agar Cepat Hamil

Pada umumnya setelah menikah setiap pasangan suami istri mendambakan kehadiran buah hati yang akan melengkapi atau menyempurnakan kehidupannya.

Namun, tidak semua pasangan yang beruntung atau langsung hamil dalam waktu yang singkat. Bahkan, tidak sedikit pasangan yang harus menunggu lama sampai bertahun-tahun. Meskipun pasangan sudah menerapkan pola hidup sehat, berhubungan intim pada waktu yang tepat, tetapi masih banyak yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan kehamilannya. Baca juga: Tanda Orang Hamil

Ada beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi wanita sulit hamil. Lantas apa saja penyebabnya? Berikut penyebab wanita sulit hamil dan solusinya.

PENYEBAB SULIT HAMIL DAN SOLUSIANYA

Penyebab Wanita Sulit Hamil dan Solusinya

1. Menunda Kehamilan Terlalu Lama

Ketika seorang wanita sudah menikah, namun ia masih sibuk pada karir dan urusan lainnya, biasanya ia akan menunda kehamilannya. Namun, perlu anda ketahui, menunda kehamilan tidak akan selamanya menjadi solusi yang tepat. Usia 30 tahun ke atas adalah usia yang rawan untuk wanita yang belum hamil. Pada usia tersebut, wanita akan cenderung lebih sulit hamil dibandingkan dengan wanita yang lebih muda.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Jumlah sel telur wanita akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, kualitas sel telur pun akan berkurang atau mengalami penurunan dibandingkan dengan kualitas sel telur pada wanita yang masih muda.

Nah, apabila anda memang memiliki rencana untuk memiliki anak, maka sangat disarankan apabila anda tidak menunda waktu kehamilan. Anda jangan menunda waktu kehamilan, karena hal tersebut akan berpengaruh pada usaha agar segera hamil.

2. Monopause dini

Monopause merupakan keadaan dimana wanita berhenti menstruasi. Seorang wanita akan mengalami monopause ketika usianya sudah lanjut. Namun, tahukah anda? Monopause juga bisa terjadi pada wanita yang usianya masih tergolong muda, yang mana disebut dengan monopause dini. Menstruasi pada wanita yang mengalami monopause dini biasanya akan berhenti  secara tiba-tiba pada usia kurang dari 40-an. Apabila seorang wanita sudah seperti ini, maka tidak akan ada lagi sel telur yang bisa dibuahi. Sehingga dengan begitu, apabila sperma tidak membuahi sel telur maka kehamilan pun tidak akan terjadi.

3. Gaya hidup tidak sehat

Gaya atau pola hidup tidak sehat ternyata dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita, terlebih lagi bagi wanita yang memiliki kebiasaan merokok dan minum minuman keras. Wanita karir yang biasa bekerja sampai larut malam serta biasa mengkonsumsi kafein termasuk salah satunya.

Agar anda bisa segera hamil, maka anda bisa mengurangi kebiasaan tersebut. Mulai dari saat ini anda bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Selain makanan yang diperhatikan, anda juga harus memperhatikan kebugaran tubuh anda. Dimana kebugaran tubuh bisa didapatkan dengan melakukan olahraga.

4. Aktivitas yang terlalu berat

Saat ini mungkin kita sering melihat banyak pria atau wanita yang bekerja atau melakukan aktivitas berat dengan melebihi kemampuan tubuhnya. Nah, untuk meningkatkan tenaga atau daya tahan tubuh biasanya tidak jarang mereka mengkonsumsi suplemen atau vitamin tertentu.

Perlu diketahui, hal tersebut merupakan salah satu penyebab mengapa seseorang sulit hamil. Meskipun melakukan olahraga sangat disarankan agar cepat hamil, tetapi justru olahraga secara berlebihan tidak baik dan akan membuat anda susah hamil.

Nah, bagi pria yang selalu berolahraga secara berlebihan akan menyebabkan sperma mati karena suhu internal testis meningkat terlalu tinggi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan kejelasan porsi dalam melakukan olahraga atau aktivitas tertentu.

5. Kualitas sperma

Kualitas sperma merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuburan. Ejakulasi bisa disebut normal apabila sperma yang dikeluarkan setidaknya mencapai 39 juta. Apabila sperma yang dikeluarkan kurang dari 20 juta ketika ejakulasi, maka sel telur yang bisa terbuahi kemungkinannya akan sangat kecil. Namun, seorang wanita bisa tetap hamil meskipun sperma yang dikeluarkan kurang dari 20 juta, namun untuk bisa hamil biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Solusi untuk cara cepat hamil tetap masih ada. Kuncinya yaitu terletak pada tiap-tiap pasangan itu sendiri dalam mencari jalan keluarnya dengan bertanya atau berkonsultasi pada ahlinya, serta selalu diiringi dengan do'a.