data-ad-format="auto"

Kenali Metode Persalinan “Silent Birth”

Silent birth adalah persalinan yang mengutamakan ketenangan ketika proses melahirkan. Metode ini pertama kali dikemukan oleh L.Ron Hubbard Dianetics :The Modern Science of Mental Health yang berprinsip pada keutamaan ibu hamil dalam persalinan yang diberikan perawatan maksimal dalam lingkungan yang tenang. Persalinan dengan menggunakan metode ini yaitu mengutamakan lingkungan yang tenang sehingga suara dari bidan atau dokter yang umum memberikan komando untuk mengejan atau mengambil napas kurang disarankan dalam metode ini.

Menurut L.Ron Hubbard yang dikutip dalam situs scinetologynews.org bahwa setiap ibu hamil selama persalinan membutuhkan dukungan dari lingkungan yang tenang sehingga ibu hamil tidak mengeluarkan kata-kata ketika berada di ruang bersalin normal. Prinsip yang dilakukan pada saat silent birth yaitu tidak berbicara saat persalinan dijelaskan secara singkat oleh L.Ron Hubbard dalam situs scinetologynews.org menyatakan bahwa biasanya ibu yang sedang bersalin mengutarakan kecemasan dalam ungkapan-ungkapan selama persalinan sehingga akan berdampak buruk pada psikologi ibu ketika sedang melahirkan.

Dengan menjaga suasana persalinan tetap tenang dan tanpa suara dapat melindungi bayi yang baru lahir dari kata-kata yang dianggap akan mempengaruhi psikologi bayi. Dalam menjaga persalinan ini setiap kata yang diucap dalam pikiran reaktif dan memiliki efek aberrative pada ibu dan anak. Seperti yang dikutip dalam situs WebMd.com bahwa pemahaman yang diutarakan oleh L. Ron Hubbard yang pernah menghabiskan waktu di sekolah kedokteran. Berpikir bahwa bayi yang lahir dalam keheningan akan melakukan lebih baik daripada bayi lahir pada suasana yang lebih ramai oleh lingkungan sekitar seperti melahirkan normal di rumah sakit yang tidak tenang.

Pada umumnya bayi dalam rahim telah mendengar suara-suara orang tua mereka dari waktu kapasitas pendengaran mereka berkembang dan tentu saja pada perkembangan  trimester terakhir, hal ini dinyatakan oleh para ahli yang dikutip dalam situs yang sama WebMd.com seperti Patricia Connor Devine, MD, seorang spesialis kedokteran ibu janin the Labor and Delivery Unit at Columbia University Medical Center. Sehingga kelahiran dengan metode silent birth seringkali ditanyakan manfaat secara ilmiah baik untuk ibu maupun untuk janin.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar

Dalam melakukan metode ini jelas harus dilakukan oleh orang yang ahli dan mengerti manfaat serta langkah langkah silent birth. Sehingga penyedia layanan dapat memberikan pemahaman kekurangan dan kelebihan yang dilakukan ketika ibu hamil menggunakan metode silent birth tersebut. Perkembangan metode persalinan silent birth, jelas saja hal ini melahirkan kontroversi dikarenakan dalam melakukan persalinan normal, umumnya bidan atau dokter akan memberikan pengarahan untuk mengejan atau menarik napas, begitupula ibu hamil yang mengeluarkan suara selama proses persalinan dinilai alamiah.

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us