data-ad-format="auto"

Kenali Dampak Trigliserida Tinggi Pada Penderita Diabetes

Anda mungkin pernah mendengar istilah kadar trigliserida tinggi, atau bahkan mungkin anda sendiri pernah mengalami kondisi ini. Trigleserida didalam darah dapat memiliki level yang tinggi namun tidak menimbulkan gejala apapun. Akan tetapi, kondisi ini dapat secara mendadak tidak terkontrol sehingga dampaknya bisa berbahaya untuk kesehatan. Pada kondisi yang lebih buruk tingkat trigliserida tinggi akan dapat menyebabkan adanya serangan jantung dan juga stroke.

Padahal ketika kadar trigleserida didalam darah sedang dalam level yang tinggi, sebenarnya cukup udah mengendalikan kadar ini. Caranya hanya dengan menyesuaikan gaya hiudp anda dan merubah pola makan anda pada jenis makanan yang lebih baik untuk dikonsumsi. Selain itu, perombakan pola hidup sehari-hari pun akan dapat menjadi solusi untuk menurunkan kadar trigliserida yang naik.

Sementara itu, untuk meningkatkan rasa waspada anda pada kenaikan kadar trigliserida didalam darah. Berikut ini kita kenali apa saja dampak dari naiknya trigliserida untuk tubuh.

Dampak Trigeliserida Tinggi Pada Penderita Diabetes

Ada beberapa dampak bahaya yang dapat ditimbulkan dari naiknya kadar trigliserida didalam darah. Dimana hal ini perlu menjadi hal yang anda waspadai dengan baik. Ingin tahu apa saja dampak naiknya trigliserida didalam tubuh? Simak dibawah ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Trigliserida Untuk Gula Darah

Mengalami kenaikan trigliserida didalm darang yang tinggi bisa jadi merupakan gejala awal dari adanya resistensi tubuh terhadap insulin. Kondisi seperti ini tentu mengarah pada penderita penyakit diabetes dengan kondisi yang lebih parah. Dimana kondisi ini berarti tubuh anda sudah tidak lagi menggunakan insulin atau hormon pengontrol gula darah dengan maksimal.

Ketika insulin tidak dapat berfungsi dengan baik maka glukosa yang didapat dari makanan yang anda konsumsi akan disebarkan ke seluruh tubuh. Dimana kondisi ini bia memicu naiknya level gula darah dalam kondisi yang drastis. Hal ini pulalah yang dapat memicu kondisi pra-diabetes yang berbahaya sebelum berubah menjadi diabetes tipe 2.

Trigliserida Untuk Liver

Selain pengaruh terhadap resiko diabetes, kondisi trigliserida yang naik pun akan dapat menjadi indikasi bahwa adanya penyakit fatty liver atau liver yang berlemak. Kondisi ini akan dapat terjadi akibat dari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kurang terjaga kesehatannya dengan baik. Penyimpanan lemak yang terjadi secara terus menerus bisa mungkin membuat banyaknya lemak pada aliran darah. Kondisi ini pun memicu timbulnya trigliserida yang meningkat pada darah.

Trigliserida Pada Pankreas

Apabila kadar trigliserida didalam darah tengah tinggi, yakni sekitar 500 mg/dl kemungkinan kondisi ini akan membuat si penderita mengalamiradang pankreas. Peradangan yang terjadi pada pankreas disebut juga dengan pankreatitis dimana kondisi ini akan dapat menyebabkan kerusakan jaringan secara permanen. Sementara itu, gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini biasanya berupa sakit pada bagian area perut.

Itulah dia beberapa dampak bahaya ketika trigliserida tinggi didalam tubuh. Sementara itu, untuk mengatasi kondisi ini anda hanya perlu mengubah pola makan anda dan menyesuaikan dengan apa yang anda makan. Selain itu, perbanyaklah berolahraga dan lakukan pergerakan tubuh dengan rutin.

Jangan pernah menunda untuk melakukan perubahan gaya hidup pada pola yang lebih baik. Sebab dipungkiri atau tidak hal ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan anda dengan lebih baik. Selain itu, pola hidup sehat yang dijalankan akan tentu membuat usia anda lebih panjang sebab tubuh anda terbebas dari segala penyakit yang menyerang.

Demikianlah semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat membantu anda menemukan solusi dari masalah atau penyakit yanga nda hadapi saat ini.

Loading...