Pertanyaan :

nanya lagi....

istri gw sering di tanyain ma sodara2 lain yg lebih tua, katanya koq malah kurus pas hamil? sedangkan sodara lainnya gak gitu, malah + gemuk pas hamil. itu knapa? padahal istri saya makanya lumayan banyak, minum susu ibu hamil jg lancar, koq tetep kurus ya? cacingan mungkin???

(Gie902)

Jawaban Bidanku.com

lu..jgn bilang cacing dong sama isteri lu...bilang..kucingan kek biar lebih bagus kedengernya..hehe canda bro..

memang, idealnya setiap ibu hamil, harus nambah berat badan min 9 ampe 15 kg selama kehamilan..wong namanya ngandung dua nyawa..logik bro nambah berat

ini keliatan kurusnya emang nggak nambah berat badan?? ato berat badannya nambah tapi keliatan kurus?? tp menurut lo tambah kurus??

nambah berat badan ada dua kasus normal, ibu nambah berat- bayi nambah, ibu tetep -bayi nambah berat,

kasus lain ibu nambah berat- bayi tetep, berarti ada gangguan dalam distribusi makanan dari ibu ke bayi melalui placentanya..

kasus bahaya ibu turun berat badannya, bayi tetep berat badannya berarti ibunya kekurangan nutrisi

kasus dua terkahir segera hubungi dokter

semoga membantu bro

salam hangat bidanku.com

 

Pertanyaan :

trakhir timbang, berat nya naik 3Kg aja, dari 48 ke 51.

emang postur istri gw agak kecil, sblm hamil, tinggi-berat nya 154cm-48kg

kira2 normal gak ya dengan kehamilan hampir 6bulan trus berat cm naik 3kg??

Istri gw emang ada masalah ma pencernaan nya, BAB nya bisa 2-3 hari skali ( amat sangat jarang sekali minum air putih ), mungkin kah ini bisa jd penyebab terhambat nya penyerapan nutrisi melalui placenta sprti yg disebut diatas?

skrng, janin nya dah sering gerak, kata istri gw, kyk mukul & gerak muter2. normal kah?

Maaf, trll banyak tanya, hamil pertama sih, & gw pengen jd ayah mandiri

(Gie902)

 

Jawaban bidanku.com

sorry gie telat jawabnya...

kondisi janin pada saat 6 bulan :

berat badan janin 780 gram, Sistem pencernaan dan kekebalan tubuh semakin matang. Bayi mulai mengeluarkan air seni tanda sistem pencernaan mulai bekerja. Ia kini sudah bisa mengontrol gerak tubuhnya dan anda bisa merasakannya bergerak, khususnya saat anda istirahat.

so, kayaknya kenaikan berat isteri anda yg 3 kg masih ok (sebelumnya saya bilang 5-15 kg, itu selama masa kehamilan), cuman kan gie blm tau kan apakah 3 kg itu hanya dari kenaikan ibunya saja atau juga bayinya. kan bahaya jg jika 3 kg itu naiknya hanya dari ibunya saja, sedangkan bayinya nggak naik-naik. nah utk lbh memastikan coba kehamilannya di usg dari situ bakalan ketauan berat pasti bayi gie, kalo hasilnya di angka kurang lebih 780 gr, berarti absolute normal, meskipun kata sodara gie isterinya keliatan kurus. speaknya by data aja gie jgn by kelihatan..hehe..lho berat sisanya dari mana?? jg lupa gie, diperut isterimu sekarang ada air ketuban, placenta, rahim yg membesar dan bisa dari tubuh isterimu yg juga ikutan naik, jd gie isterimu naik 3 kg, janin normalnya hanya kurang lebih 780 gr. coba gie baca artikel 'perkembangan janin' di situs saya, biar gie tau proses perkembangan janin gie tiap bulannya, dan biar tau apa yg musti dilakuin

kurang minum air putih bs menyebabkan gannguan placenta?? nggak lah gie, gangguan placenta bs disebabkan oleh kekurangan nutrisi ibu, pernah abortus, dll. banyak minum air putih membantu untuk metabolisme tubuh ibu.

ok gie smoga bisa membantu

jgn sungkan tuk nanya lagi, gua seneng kok bisa bantu..apalagi ini anak pertama, emang harus banyak nanya..

salam hangat dariku buat isterimu

oh ya..awasi demam,pilek dan batuknya, secepatnya harus sembuh gie.

(Taken from Thread bidanku.com at kaskus.us forum- health & medical)

 


>> Diskusikan Topik ini di Forum

.

Baca Juga