Kehamilan Lewat Bulan

Originally Posted by nizar1030
bos,,mo nanya,,mengenai proses kehamilan istri saya yang sudah masuk usia 41 minggu dan belum ada tanda-tanda...kemarin jum'at akhirnya menurut keputusan dokter mesti diinduksi,,,akhirnya,,oklah saya terima saran dokter mengenai induksi,,dan setelah diinduksi melalui infus,,sampe habis botol pertama,tetap tidak ada tanda2 kontraksi apapun sama sekali,,hanya perut yang terasa mules saja...akhirnya setelah selsai atau habis satu boitol infus induksi,,tetap tidak ada tanda2,,,maka saran dokter mesti diberikan induksi ke2,dan kata dokter,apabila induksi ke-2 tidak berhasil,,maka harus di operasi caesar...?akhirnya saya memutuskan untuk istri saya agar tidak diberi induksi ke-2,dab saya memilih untuk mengajak pulang istri kerumah,,menunggu hiongga ada tanda21 kontraksi,,,dan sebelum pulang istri saya diperiksa keadaan bayinya,dan test ctg,,dan semuanya katanya sejauh ini baik2 saja...maka saya memutuskan untuk pulang kerumah,,,pertanyaan saya,apakah menunda untuk dicaesar tersebut dengan usia kehamilan 41 minggu ini beresiko..,sedangkan sejauh ini keadaan bayi dan ibunya baik2 saja..?mohon penjelasannya..

Tanggapan Bidanku.com
Persalinan normal terjadi pada saat kehamilan mencapai usia 280 hari atau 40 minggu. Tenggang waktu yang masih bisa ditolerir untuk dapat melahirkan normal adalah +14 hari. Jadi, isteri anda masih bisa menunggu kesempatan untuk mendapatkan kontraksi alami hingga usia kehamilannya mencapai 42 minggu. Jika sampai 42 minggu belum ada tanda-tanda akan lahir, segera menghubungi rumah sakit terdekat. Nantinya, lebih baik ikuti apa yang disarankan oleh dokter.
Ok, kami kasih pencerahan jika kehamilan melewati 42 minggu (kehamilan lewat bulan)
1. fungsi placenta akan semakin menurun dalam menyalurkan nutrisi dengan demikian akan menyebabkan bayi kekurangan nutrisi, resiko terburuk bayi mati di kandungan, ataupun jika placenta masih berfungsi baik, maka ukuran bayi akan semakin besar dan tidak normal.
2. air ketuban akan semakin kental sehingga akan mengganggu pernafasan bayi pada saat dilahirkan nanti.
3. Janin akan mengalami kekurangan oksigen sehingga metabolisme jaringan kulitnya rusak dan akan menyebabkan bayi tampak tua dan keriput.
4. Janin akan memiliki resiko besar cacat.

Jadi, sekali lagi, jika usia kehamilan sudah mencapai 42 minggu dan belum ada tanda kelahiran, segera bawa ke rumah sakit, dan jangan ambil resiko yah...
Terima kasih, smoga bisa membantu

Follow us