shomobilebanner2.jpg

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Menjelang Persalinan

Pada fase akhir ibu hamil ditandai dengan adanya produksi hormon kehamilan atau HCG. Ibu hamil akan tampak memiliki wajah yang halus dan lebih kencang. Bahkan beberapa ibu hamil mengalami produksi cairan vagina yang berubah, payudara yang semakin nyeri dan kencang. Pada tingkat emosional yang semakin tinggi akan menimbulkan jerawat pada wajah.

Dengan perubahan fisik dan psikis yang semakin berubah pada saat ibu hamil memasuki trimester ketiga. Maka ibu seringkali merasakan kesulitan beraktivitas, merasa terhambat dan lelah. Bahkan otot panggul dan pinggang ibu hamil menjadi teregang membawa lebih berat beban dan pertumbuhan janin yang semakin pesat.

Ibu hamil akan semakin terbebani dengan berat beban yang cenderung ke depan dan mengalami beban perut. Kondisi ini yang membuat ibu tidak nyaman sehingga kebanyakan ibu pada usia kehamilan 9 bulan banyak diam padahal ibu harus bergerak selama tidak mengalami kondisi yang tidak beresiko.

Beberapa kegiatan yang menyenangkan dapat ibu lakukan sehingga tidak mengalami kebosanan menjelang persalinan. Menjelang persalinan psikis ibu harus tenang sehingga membantu membuat ibu nyaman menghadapi persalinan. Pada artikel kali ini kami akan memberitahu mengenai kegiatan kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil menjelang persalinan. Baca juga: Persiapan Melahirkan

Persiapan Menjelang Persalinan

Memasuki usia kehamilan pada trimester tiga ibu hamil cemas, khawatir dan kurang percaya diri ketika menunggu hari kelahiran buah hati. Bahkan bagi ibu hamil yang baru mengalami kehamilan pertama seringkali mengalami stress dan butuh teman untuk berbagi mengenai kekhawatiran menjelang persalinan.

Disinilah peranan suami dan orang terdekat sangat dibutuhkan untuk membuat ibu hamil memiliki percaya diri dan menjadi lebih tenang ketika menghadapi persalinan. Selain itu ibu dapat mempersiapkan dengan mengikuti olahraga khusus ibu hamil yang dapat mempersiapkan untuk mengatur nafas ketika persalinan, meningkatkan kebugaran dan melatih otot panggul menjelang persalinan.

Bahkan senam hamil sangat disarankan untuk ibu hamil di trimester ketiga untuk mengurangi pegal punggul yang sering terjadi pada ibu hamil menjelang persalinan. Bahkan ibu hamil harus harus tetap menjaga dan memperhatikan asupan nutrisi bagi ibu dan janin.

Ibu hamil yang merasakan ketakutan menjelang persalinan rata rata dikarenakan mengkhawatirkan rasa sakit, kesehatan ibu dan janin dan malu di ruang bersalin. Untuk membuat semuanya menjadi tenang anda dapat melatihnya dengan menyingkirkan perasaan melalui latihan mental.

Salah satu memperkuat mental ibu hamil yaitu dengan membayangkan wajah buah hati anda dan segera hadir di pelukan anda. Rasa ingin mengetahui dan hadir menyentuh buah hati akan segera membuat anda termotivasi untuk tetap tenang dan kuat melewati masa persalinan. Selain itu hindari perasaan yang negatif ketika akan melahirkan.

10 Kegiatan yang dilakukan Menjelang Persalinan

Hindari rasa cemas yang berlebih apabila ketakutan anda menjelang persalinan. Anda dapat menghindari informasi dan pemberitaan yang negatif mengenai proses persalinan. Selain itu lakukan kegiatan yang menyenangkan yang membuat anda lebih tenang menghadapi persalinan.

Berikut inilah yang dapat membuat mempersiapkan persalinan semakin menyenangkan :

1. Berbelanja Kebutuhan Bayi

Ibu senang berbelanja meskipun sedang hamil. Ibu hamil dapat berbelanja kebutuhan bayi, pernak pernik yang lucu dan menggemaskan akan membuat belanja anda lebih menyenangkan. Perhatikan kondisi kesehatan anda jangan sampai terganggu karena kelelahan berbelanja.

2. Berkunjung dan Berbagi dengan Teman

Bagi anda yang sudah lama tidak berkunjung dengan teman lama. Anda dapat berkunjung dan berbagi pengalaman dengan teman lama. Apalagi bila teman anda sudah melalui persalinan. Anda dapat meminta teman anda untuk berbagi kebahagian mengenai proses persalinan. Mintalah tips yang menyenangkan ketika proses persalinan.

3. Yoga

Salah satu yang menyenangkan dan memberikan manfaat untuk persiapan persalinan anda adalah dengan melakukan latihan yoga. Yoga akan membantu dalam bernafas dan rileks. Teknik yoga yang dirancang oleh ibu hamil dapat dipersiapkan menjelang persalinan. Dengan yoga akan membuat ampuh dan melancarkan proses persalinan dan meningkatkan stamina.

4. Manjakan diri

Berikan waktu yang bisa memanjakan diri. Ibu hamil di trimester akhir kehamilan seringkali disibukan dengan perlengkapan dan mengurus persalinan. Penampilan yang kurang diperhatikan dan rasa lelah yang berlebihan dapat anda manjakan dengan menyediakan waktu untuk memanjakan diri selama kehamilan.

5. Banyak Membaca

Ibu hamil harus banyak membaca dengan mendapatkan informasi mengenai persalinan dan merawat bayi akan menambah wawasan yang semakin luas bagi calon ibu. Anda dapat membeli buku yang dibutuhkan bahkan dapat sharing dengan dokter kandungan untuk mendapatkan informasi.

6. Persiapkan Keuangan anda

Anda dapat mempersiapkan kewajiban dan prioritas utama untuk pertumbuhan bayi anda. Anda dapat memulainya dari mempersiapkan budget kelahiran dan pastikan anda memiliki cadangan untuk kemungkinan yang tidak terduga.

7. Album Bayi

Menyenangkan apabila anda dapat mengabadikan setiap momen dengan buah hati anda. Persiapkan konsep album bayi anda. Bahkan anda dapat memulai mengabadikan sebelum kelahiran bayi anda barang barang yang sudah anda persiapkan untuk bayi anda.

8. Nonton Film

Anda dapat memanjakan diri dengan menonton film di rumah. Anda dapat membeli atau menyewa film yang ingin ditonton bahkan ketika anda bersama dengan suami. Anda dapat memilih jenis film komedi atau drama romantis dan menikmati waktu senggang dengan suami. Dengan tersenyum dan tertawa akan mengendorkan rasa yang takut dan tegang menjelang persalinan.

9.Lakukan Gerakan Ringan

Anda dapat melakukan gerakan ringan ketika waktu senggang. Adapun gerakan yang dapat anda lakukan adalah denga mengikuti cara cara dibawah ini :

  • Anda dapat mengambil posisi berdiri dengan badan tegap dan dagu yang terangkat. Bahkan anda dapat menjaga pundak dan punggung ibu tetap rileks dan mengunci lutut.
  • Ketika berbaring maka selipkan bantal dibawan tungkai dan sandarkan kepala ibu hamil ke bantal. Ini posisi yang akan membantu mengurangi nyeri pinggang yang dialami oleh ibu hamil.
  • Duduklah dengan badan tegak dan membagi berat badan secara merata. Anda dapat menggunakan sandaran kaki apabila diperlukan. Kemudian pijakan kaki ibu hamil ke lantai, sebaiknya hindari posisi duduk yang terlalu lama hingga melebihi 30 menit.
  • Ketika ibu akan berdiri dari posisi duduk sebaiknya membungkuk ke depan. Sehingga beberapa kali pergelangan otot ibu tidak mengalami kekakuan
  • Ibu yang akan mengikuti gerakan memutar arah dalam posisi duduk maka ibu dapat memuntir pinggang sambil duduk dengan sangat hati-hati dan tidak mengganggu kehamilan.

10. Rileks hindari tegang

Anda dapat melakukan rileks dan hindari tegang menjelang persalinan. Anda mulai berlatih bernafas sehingga beberpa olahraga seperti senam akan membantu dalam mempersiapkan persalinan yang rileks dan terhindar dari tegang. Anda tidak perlu memikirkan hal negatif proses persalinan orang lain karena kondisi setiap ibu memiliki perbedaan dan anda akan senantisa melaluinya dengan rileks dan tenang. ( Baca : Doa Ketika Persalinan )

Konsultasi Terbaru Kehamilan & Persalinan

tentang kehamilan
Ditulis oleh kiki ayuh astitin

dear bidanku   sya selama hamil cuman test di alat test kehamilan saja ... tapi selama dua bulan saya blom periksa kedokter dikarekan ada rasa takut untuk periksa ...

kurus
Ditulis oleh Dhini

Kenapa ya bru pertama hamil badan langsung kurus.......

ada bercak darah sudah telat haid waktu di tp negative
Ditulis oleh dewi ayu wahyuna

Assalmmualaikum dok , saya ayu berusia 20 tahun , sudah 7 bulan menikah belum hamil juga , Terakhir saya mens tanggal 12 mei 2016 itu sudah bersih dan di bulan juni ini.....

 

Follow us