Kartun, Berikan Pelajaran Untuk Ibu dan Anak

Siapa yang tidak suka menonton kartun? Terutama anak anak memiliki tokoh idola yang berasal dari kartun. Selain kisah yang banyak memberikan pelajaran pada anak, beberapa tokoh kartun seringkali dicontoh oleh anak dalam kehidupan nyata.

Tokoh kartun superhero misalnya, yang seringkali membuat anak laki laki berfantasi dan menginginkan menjadi super hero idolanya. Selain itu perempuan dengan sifat anggun dan lembut memilih kartun yang berkisah tentang negeri dogeng ataupun gadis cantik yang digambarkan dalam kartun ataupun animasi.

Bermunculannya film kartun untuk anak tentu saja memerlukan bimbingan dari orang tua ketika anak anda menyaksikan kartun tersebut. Tokoh kartun tersebut tidak dapat sepenuhnya dapat ditiru oleh anak anda meskipun kebanyakan pelajaran yang berharga yang didapat anak.

Linnea Johansson adalah seorang ibu dari OSlo yang mencoba untuk mendekati tingkah laku anaknya melalui film kartun. Anaknya yang bernama Caspian yang berumur 3 tahun seringkali memiliki kebiasaan untuk menahan tangis sehingga cukup mengejutkan bahwa anaknya tersebut tidak ingin menangis karena superhero idolanya tidak menangis.

Linnea mengatakan bahwa anaknya yang sangat sensitif dan emosional menyesuaikan dirinya dengan tokoh kartun idolanya bahkan superhero yang di idolakan anaknya itu membuat caspian cenderung bersifat humanis.

Latar belakang tersebut yang akhirnya membuat ibu yang mempunyai profesi kartunis ini menciptakan sisi sensisitif superhero melalui buku mewarnai. Pada buku gambarnya, sisi lain dari superhero seperti batman yang juga membuat kue dengan anaknya dan juga superman yang menangis ketika menjatuhkan es krim.

Kebanyakan pada model super hero memang berperan keras dan agresif akan tetapi seakan akan anak lelaki hanya dapat menunjukan emosi yang netral ataupun marah sedangkan dalam buku gambar yang dibuatnya di berikan judul Super-SoftHeroes yang dapat memberikan gambaran bahwa laki-laki juga boleh menangis.

Bahkan Linnea sengaja menciptakan e-book yang dapat di download secara gratis sehingga melalui hasil karyanya anak anak dapat mengetahui bahwa di balik sosok kuat dan tetap sayang dapat memberikan sisi kasih sayang, kemanusiam dan kehangatan.

Kini, Caspian sudah dapat mengeluarkan ekpresinya dengan mewarnai gambar-gambar dan juga tidak lagi menahan tangis. Sebab caspian mengetahui bahwa pahlawan super tidak akan bermasalah apabila menangis.

Linnea melengkapi hasil karyanya yang membantu untuk menunjukan ekpresi lainnya melalui beberapa kartun disney seperti cinderella ataupun putri tidur yang menola dicium oleh pangeran. Dengan demikian melalui karya Linnea mengajak anak anak untuk dapay bisa percaya dengan diri mereka dan mengekspresikan emosi yang dirasanya.

Selain anak yang dapat mengambil pelajaran dari kartun. Orang tua juga dapat mengambil pelajaran melalui kartun. Salah satu yang terjadi tayangan kartun yang berjudul The Chokeables yang bermanfaat untuk orang tua dalam memberikan pertolongan pertama pada si kecil yang tersedak.

Kartun ini merupakan tayangan iklan yang berdurasi 40 detik dimanna pembuat kartun yaitu St John Ambulance Service memberikan pengetahuan terutama pada orang tua baru yang bingung ketika harus memberikan pertolongan pertama pada anaknya yang tersedak.

Tokoh kartun ini memberikan gambaran dari tokoh putri, jelly baby dan juga barang yang sering tertelan oleh anak-anak seperti marmer, tutup pena ataupun mainan kecil. Disinilah orang tua dapat membawa contoh teknik untuk menengkurapkan bayi ketika tersedak.