Jenis Makanan yang Harus Dihindari Selama Menstruasi

Menstruasi atau haid merupakan perubahan fisiologis yang terjadi dalam tubuh wanita secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Esterogen maupun LH-Progesteron. Saat mengalami periode ini, tubuh wanita biasanya akna terasa lelah, tidak nyaman, dan suasana hati yang menjadi tidak stabil. Bahkan beberapa wanita mengeluhkan, seringkali mengalami depresi ringan saat menjelang menstruasi. Hal ini tentu saja membuat orang-orang disekitarnya menjadi tidak nyaman.

Selain itu, selama periode menstruasi, wanita akan merasakan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan seperti, perut terasa nyeri, kram dan sakit kepala akibat dari kontraksi rahim. Gelaja-gejala ini disebut dengan dismenore, hampir semua wanita pada periode menstruasi akan mengalami dismenore. Namun sesungguhnya hal tersebut dapat dikurangi dan bahkan dapat dihilangkan selama periode menstruasi apabila anda menjaga pola makan dan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis masakan yang sebaiknya dihindari selama periode menstruasi agar gejala-gejala diatas tidak anda rasakan :

1. Makanan yang Dipanggang

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa nyeri selama periode menstruasi adalah dengan menghindari makanan dengan proses pengolahan dengan cara dipanggang. Sebab, pada setiap makanan yang dipanggang terkandung lemak trans dalam jumlah yang besar. Hal ini dapat meningkatkan kadar hormon esterogen dalam tubuh, yang mana hormon ini adalah salah satu penyebab timbulnya rasa sakit pada rahim. Untuk itulah, hindarkan makanan yang dipanggang selama anda sedang dalam periode menstruasi.

2. Gorengan

Selain makanan yang dipanggang, makanan olahan lain yang mampu meningkatkan kadar hormon esterogen dalam tubuh adalah makanan yang melalui proses penggorengan. Jenis makanan apapun yang digoreng tentunya akan mengandung kadar lemak yang tinggi. Makanan seperti, kentang goreg, pisang goreng, bakwan, ubi goreng maupun ayam goreng, sebaiknya anda hindari selama menstruasi untuk menjaga kadar hormon esterogen agar tetap stabil. Dengan menghindari makanan gorengan, anda dapat mengatasi kram dan nyeri yang mungkin menyerang anda selama menstruasi.

3. Makanan Kaleng dan Olahan

Jenis makanan lainnya yang sebaiknya anda hindari selama periode menstruasi adalah makanan kaleng dan olahan. Sebab dalam setiap makanan kaleng, selalu terdapat kandungan sodium. Sementara, sodium adalah kandungan yang harus anda hindari karena dapat menyebabkan retensi air sehingga dapat membuat tubuh menjadi bengkak. Untuk itulah amat disarankan untuk menghindari makanan kaleng dan makanan olahan yang mengandung MSG.

4. Makanan Mengandung Kafein

Sebaiknya, hindari jenis makanan apapun yang mengandung kafein selama periode mentruasi. Hal ini dikarena kafein memiliki efek yang mampu menyempitkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah mengalami penyempitan, maka yang terjadi adalah dehidrasi yang tidak dapat terhindarkan. Dehidrasi yang anda rasakan ketika periode menstruasi dapat menjadi depresi ringan yang menimbulkan sakit kepala.

5. Biji-bijian Olahan

Biji-bijian asli yang melalu proses pengolahan akan kehilangan sebagian besar nutrisi yang dikandungnya. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh menjadi tidak stabil ketika anda mengkonsumsi biji-bijian olahan selama periode menstruasi. Kadar gula darah dalam tubuh yang tidak stabil juga berpengaruh besar pada berkurangnya nafsu makan anda.

Itulah dia beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda hindari selama periode menstruasi. Periode menstruasi bisa sangat membuat wanita berada dalam zona dengan mood yang buruk, ditambah dengan muncul segala keluhan, hal ini tentunya akan sangat menyiksa anda. Untuk itu, hindari makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk mencegah gejala yang tidak menyenangkan terjadi pada anda. 

Follow us