Jenis Makanan Untuk Meredakan Nyeri Saat Bayi Tumbuh Gigi

Pada sebagian orang tua sering kali kewalahan pada saat bayi anda tumbuh gigi, selain anda harus mulai membiasakan melakukan perawatan gigi dan gusi pada bayi. Sebagian bayi lebih sering menolak mengkonsumsi makanan dikarenakan dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Padahal Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang diberikan pada saat bayi anda berumur 6 bulan sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Penting untuk anda dalam memelih jenis makanan yang dapat membantu meredakan nyeri saat bayi tumbuh gigi.

Sebelum anda memberikan pilihan jenis makanan untuk meredakan nyeri saat bayi tumbuh gigi, pastikan ketika penolakan makanan disebabkan karena tumbuhnya gigi bukan karena kondisi kesehatan bayi yang sedang bermasalah. Berikut adalah tanda tanda bahwa bayi anda sedang mengawali tumbuh gigi, pertama adalah bayi seringkali rewel dan lekas berubah suasana hatinya lebih mudah marah, kemudian ditandai dengan demam (demam rendah),bahkan beberapa bayi mengawali pertumbuhan gigi susunya dengan mengeluarkan banyak ludah dan sering menggigit jarinya. Terakhir adalah terjadinya pembengkakan dan nyeri pada bagian gusi. 

Salah satu petanda lainnya adalah pertumbuhan dua gigi pada bagian bawah dan bagian atas, kemudian dilanjutkan dengan pertumbuhan gigi bagian lain yang mengikuti pertumbuhannya sedangkan tanda-tanda lainnya yaitu terjadi penebalan gusi, atau muka bayi sering kali memerah atau bagian pipi memanas. Oleh karena itu anda dapat menggunakan beberapa cara untuk mengurangi rasa nyeri pada saat bayi anda tumbuh gigi. Misalnya dengan memijat gusinya dengan jari tangan anda untuk mengatasi tekanan dari gigi di bawah gusi. Selain itu pemilihan jenis makanan sangat disarankan.

Berikut adalah jenis makanan yang memberikan manfaat untuk meredakan nyeri pada saat tubuh gigi pada bayi :

1.    Mentimun


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

Video courtesy of Bebeclub.


Bagi anak yang sedang tumbuh gigi dan sering kali mengeluhan sakit dan nyeri, dapat diberikan sayur mentimun yang dimasukan ke dalam tim. Mentimun bermanfaat untuk meringankan rasa sakit pada gigi anak. Selain itu anda dapat membuat jus mentimun rendah gula untuk anak anda, dikarenakan mentimun yang mentah (tidak melalui proses memasak) akan membantu dalam meningkatkan air liur, untuk menentralkan asam dan basa di dalam mulut.

2.    Pisang

Pada anak yang tumbuh gigi sering kali memasukan mainan ke mulutnya, sebaiknya anda memberikan finger food yang sehat dan juga dapat membantu dalam pertumbuhan giginya. Salah satunya adalah pisang, pisang merupakan buah yang sehat dengan kandungan gula alami dan serat. Selain itu, pisang dapat melengkapi gizi yang dibutuhkan anak anda dengan menyumbang kalori yang tinggi.

3.    Alpukat

Selain pisang, buah yang bermanfaat untuk membantu dalam pertumbuhan gigi pertama pada bayi adalah alpukat. Alpukat merupakan jenis buah yang bertekstur tetapi tidak akan membuat bayi anda tersedak meskipun diberikan langsung, selain itu anda dapat membuat jus alpukat namun tidak terlalu banyak air dan masih terdapat daging buah alpukat yang dapat dikunyah oleh anak.

4.    Wortel

Selain buah-buahan, anda dapat memberikan sayuran seperti wortel yang bermanfaat dalam menekan rasa nyeri saat tumbuh gigi pada bayi. Anda dapat membersihkan wortel terlebih dahulu, kemudian memotong wortel menjadi bentuk  korek api kemudian direbus, berikan pada bayi anda untuk membuatnya terbiasa mengunyah, sebaiknya tidak diberikan setengah matang karena akan menyulitkan bayi anda.