data-ad-format="auto"

Jangan Salah Meski Pedas, Cabai Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan 'si raja pedas' cabai? Ya, cabai adalah salah satu bahan masakan yang hampir menjadi kewajiban untuk harus selalu disertakan dalam setiap hidangan masakan. Rasanya kurang lengkap jika makanan yang disantap tidak memiliki cita rasa yang menggugah seperdas cabai. Itulah megapa, cita rasa masakan Indonesia lebih didominasi dengan kuliner dan masakan yang kaya akan bumbu dan bercita rasa pedas. Namun tahukah anda, dibalik rasanya yang pedas, sesungguhnya tersimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan dari cabai ini.

Penasaran manfaat apa saja yang bisa didaptkan dari 'si raja pedas' cabai? simak point-point dibawah ini.

1.    Membantu Menurunkan Berat Badan

Pada riset yang dilakukan dalam sebuah penelitian menunjukan, dengan mengkonsumsi cabai mampu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan cabai memiliki kandungan zat capsaicin yang berfungsi membantu proses penurunan berat bada. Capsaicin diketahui mempunyai sifat termogenik yang mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh manusia. Untuk itulah, bagi anda yang saat ini amat terobsesi untuk menurunkan berat badan, maka mengkonsumsi cabai secara rutin bisa dijadikan pilihan sehingga proses pembakaran lemakpun akan lebih cepat.

2.    Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Selain dapat membantu dalam pembakaran lemak dan menurunkan berat badan, cabai juga disebuut-sebut memiliki peran yang cukup dalam penurunan kadar kolesterol dalam darah, hal ini dikarenakan cabai mengandung antioksidan yang baik. Antioksidan bekerja dengan cara mengikat kadar kolesterol jahat dalam darah yang kemudian dinetralkan sehingga tidak akan berbahaya untuk tubuh manusia.

3.    Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cabai memiliki kandungan vitamin C yang begitu berlimpah, sehingga tak heran jika cabai sering diandalakn manfaatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, ketika anda terserang flu, anda bisa memnafaat cabai dengan cara dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda dan menyembuhkan flu yang anda derita.

4.    Mengeluarkan Keringat

Saat anda menyantap makanan pedas, seperti bakso dengan kauh pedas, maka anda akan merasakan pedas dilidah dnegan disertai keluarnya keringat. Hal ini disebabkan karena kandungan Capsaicin pada cabai ternyata mampu melebarkan pembuluh darah manusia, yang mana hal ini membuat seseorang yang mengkonsumsi cabai akan mudah mengeluarkan keringat. Bersamaan dengan dikeluarkan keringat maka racun yang ada dalam tubuh juga akan ikut dikeluarkan, sehingga tubuh yang sehat akan anda dapatkan.

5.    Melegakan Hidung yang Tersumbat

Selain beberapa manfaat diatas, manfaat lain yang bida diperoleh dari mengkonsumsi cabai yakni merangsang sekresi yang dapat membantu melegakan saluran hidung trsumbat. Bukan hanya tu, cabai juga memiliki sifat antibakteri yang dapat secara otomatis menangkal infeksi sinus kronis.

6.    Membantu Proses Pencernaan

Ketika dikunyah dalam mulut, cabai akan secara langsung dapat meningkatkan produksi saliva atau air liur dalam mulut. Cabai juga mampu membantu mengosongkan lambung serta secara cepat dapat menyingkirkan makanan yang masuk ke dalam tubuh dari dalam perut.  

Teryata dengan mengkonsumsi cabai ada begitu banyak manfaat yang baik untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan.

Loading...

Follow us