data-ad-format="auto"

Jangan Membiasakan Pemberian Susu Botol Sambil Tidur

Beberapa ibu memberikan susu dalam botol pada anaknya untuk membuatnya nyaman tertidur. Sebaiknya anda tidak melakukan kebiasaan pemberian susu botol sambil tidur pada anak. Salah satu pendapat ahli mengatakan bahwa pemberian susu sambil tidur akan mengakibatkan air susu menggenang di gigi dan mengakibatkan gangguan kesehatan gigi. Hal ini berhubungan dengan bakteri yang terdapat di dalam mulut bayi yang akan mengubah kandungan gula yang terdapat pada susu menjadi senyawa yang bersifat asam dan merusak enamel pada gigi anak anda.

Bagi anda yang sering memberikan susu botol sambil tidur maka kesehatan gigi anak anda akan mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan gigi yang sering kali terjadi pada bayi yang diberikan susu botol sambil tidur adalah empat gigi depan atau gigi susu. Hal ini berhubungan dengan gigi depan yang berperan dalam menahan dot botol. Selain akan menggangu kesehatan gigi pada bayi, memberikan susu botol sambil tidur pada bayi akan mengakibatkan infeksi telinga bayi. Pada awalnya disebabkan karena pemilihan dot bayi yang kurang tepat apabila dot bayi mengeluarkan cairan susu meskipun bayi anda berhenti menghisap maka akan mengakibatkan cairan memenuhi rongga pada telinga di bagian tengah. Terkumpulnya cairan pada telinga tengah bayi akan mengakibatkan munculnya infeksi bakteri dan juga cairan yang terkumpul di bagian belakang gendang telinga akan memicu timbulnya gangguan pada pendengaran anak anda.

Dalam mengatasi kebiasaan meminum susu sambil tidur pada bayi anda sebaiknya lakukan beberapa kebiasaan agar bayi meninggalkan kebiasaanya tanpa terpaksa :

1.    Menggendong bayi dalam pemberian susu botol

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Pada bayi dibawah enam bulan sebaiknya anda menggendong dan peluk bayi anda ketika diberikan susu botol. Hal ini agar posisi kepala bayi lebih tinggi dari perut dan memperkecil resiko tersendak pada bayi. Apabila anda mendapatkan susu telah habis sedangkan bayi masih nyaman menghisap dot sebaiknya anda melepaskan botol secara perlahan. Anda dapat melakukan dengan cara menyelipkan kelingking anda ke dalam mulut bayi dengan perlahan.

2.    Memberikan Susu Sebelum Waktu Tidur

Anda dapat membiasakan kebiasaan meminum susu pada bayi anda sebelum waktu tidur. Anda dapat mencoba memberikan botol susu sebelum tidur dan melepaskannya botol
susu ketika anak anda tertidur. Sebaiknya pada bayi yang berusia enam bulan atau lebih, air susu diganti dengan air putih biasa. Hal ini akan mengurangi resiko kerusakan gigi pada bayi yang diakibatkan oleh kandungan gula yang tinggi.

3.    Memberikan Air putih

Bagi bayi anda yang telah berusia diatas enam bulan, anda dapat memberikan air putih ke dalam botol bayi anda untuk membersihkan gigi anak anda. Adapun cara yang dapat anda lakukan adalah dengan cara memberikan air susu ke dalam botol susunya kemudian setelah habis dan anak anda memintanya kembali anda dapat mengisi botol susu dengan air putih untuk membersihkan gigi anak anda.

4.    Merawat gigi anak anda

Tidak cukup dengan menjadwalkan pemberian susu botol sebelum bayi anda tertidur. Pada bayi yang baru tumbuh gigi anda dapat merawat dengan cara membersihkan giginya dengan kain handuk yang lembut atau kain kasa. Sedangkan pada bayi yang sudah mulai tumbuh gigi anda dapat membiasakan untuk merawat kesehatan gigi anak anda. Anda juga harus membiasakan bayi anda untuk merawat gigi bayi dengan menggosok gigi secara teratur.