data-ad-format="auto"

Jangan Anggap Remeh Benjolan Di Belakang Telinga Bayi Anda

Tanpa sengaja anda menemukan kondisi benjolan-benjolan kecil seperti biji kacang hijau di belakang daun telinga berupa cairan kenyal. Betulkah kondisi ini akan membuat membesar dan membahayakan anak anda? Kondisi dimana adanya benjolan kecil di belakang daun telinga dapat disebabkan karena adanya pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening berfungsi untuk memproduksi sel sel darah putih yang mempunyai fungsi untuk melawan mikroorganisme yang membahayakan tubuh. Pada dasarnya kelenjar ini terdapat pada ketiak, leher, lipatan paha, jantung, samping kanan dan kiri. Kelenjar ini apabila dibiarkan akan mengalami pembesaran dan mengganggu kesehatan tubuh anak anda, bahkan dalam jangka panjang dalam menyebabkan kanker getah bening.

Pembengkakan yang terjadi di bagian belakang telinga anak anda atau dikenal dengan kelenjar getah bening termasuk dalam masalah yang ditimbulkan karena sistem kekebalan tubuh sehingga apabila terjadinya infeksi akan semakin membesar.Dalam keadaan normal kelenjar getah bening tidak akan teraba akan tetapi apabila kelenjar getah bening telah melampaui ukuran 1cm maka dicurigai akan berdampak pada kelainan yang akan menimbulkan masalah pada anak anda. Meskipun pada pada dasarnya setiap anak anak memiliki kelenjar getah bening untuk mempertahankan agar tidak mudah sakit.

Akan tetapi apabila kelenjar getah bening terkena infeksi maka akan membesar salah satunya dapat disebabkan karena infeksi yang disebabkan oleh tonsil yaitu adanya kuman streptokokus pada anak yang dapat menyebabkan demam dan pilek sehingga membuat pembesaran kelenjar yang tampak di bagian bawah rahang yang semakin membesar. Pada saat kondiis anak anda sering mengalami sakit termasuk demam, batuk pilek atau flu maka kelenjar betah bening di belakang kepala tepatnya di bagian teling akan menyebabkan pembesaran. Pembesaran kelenjar getah bening dapat menyebabkan beberapa kemungkinan penyakit dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang membahayakan.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyakit yang dapat timbul apabila terjadi pembesaran kelenjar getah bening :

1.  Infeksi Akut

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Pembesaran kelenjar getah bening akan menyebabkan infeksi akut disekitar daerah kepala dan juga di leher. Pembengkakan ini akan terjadi seiring dengan kondisi tubuh demam dan terjadinya konsistensi lunak dan juga kemerahan. Hal ini dapat disebabkan karena adanya infeksi dengan bakteri, meskipun demikian hal ini akan sembuh dengan sendirinya.

2.  Infeksi kronik

Pembesaran kelenjar getah bening ini disebabkan karena adanya micobacterium tuberculosa. Penyakit ini berhubungan dengan paru paru meskipun demikian ada pula yang mengalami infeksi ini meskipun paru-parunya sehat. Pemeriksaan lebih lanjut sangat diperlukan untuk mengetahui kesehatan paru-paru.

3.  Kanker Primer Pembesaran Kelenjar getah Bening

Kanker ini akan sembuh apabila terdeteksi dini akan tetapi apabila pembengkakan semakin besar dan belum mendapatkan pertolongan diperkirakan akan ditemukan pembengkakan di tempat lain seperti lipatan paha dan ketiak yang menyebabkan sulit untuk sembuh, bahkan kemungkinan apabila di stadium lanjut akan mengalami kambuh lagi cukup besar.

Dengan demikian sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter anak untuk memastikan pembesaran kelenjar yang terdapat pada anak anda, pemberian pertolongan yang tepat pada pembesaran yang belum parah akan membuat pemulihan yang cepat dan menghindari resiko muncul kembali.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us