Ibu Hamil, Yuk Ketahui Jenis Makanan Untuk Pembangun Otak Janin

Seiring dengan munculnya berbagai perubahan emosional dan fisiologis, kehamilan membawa perubahan cukup signifikan dalam diri seorang wanita. Kebahagian saat hamil akan dirasakan setiap wanita di dunia ini, berbagai cara akan dilakukan untuk membuat janin yang dikandungnya agar tetap sehat dan terlahir sempurna. Banyak pantangan makanan serta perilaku yang dihadapi ibu hamil dan mereka dituntut untuk selektif dan lebih hati-hati dalam memilih makanan demi janin dalam perutnya. Untuk itu, makanan yang sehat tentu harus menjadi perhatian utama untuk para calon ibu. (Artikel terkait lainnya: pantangan ibu hamil)

Selama priode kehamilan, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat yang terdiri dari berbagai protein serta makanan yang kaya akan nutrisi untuk menunjang kesehatan janin yang ada dalam kandungannya. Banyak para ahli yang menyatakan bahwa penting sekali untuk para wanita hamil untuk mengkosumsi berbagai jenis makanan yang sehat pada awal trimester pertama hingga trimester akhir, hal ini bertujuan untuk menjaga pembentukan janin.

Makanan sehat yang dikonsumsi selama masa kehamilan akan membuat ibu hamil sehat serta janin yang dikandungnya sempurna. Mengkonsumsi sayuran yang kaya akan kandungan zat besi, ikan serta buah-buahan dengan kandungan omega akan baik untuk meningkatkan otak janin sehingga kecerdasan bayi akan berkembang dengan baik. ( Baca : Manfaat Sayuran Untuk Ibu Hamil )

Nah, selain itu, beberapa jenis makanan ini akan baik dalam membangun otak janin.

1. Kuning Telur

Kuning telur memiliki beberapa manfaat baik yang didalamnya terkandung kolin yang merupakan salah satu zat yang ditemukan dalam vitamin B yang mana kandungan ini baik untuk perkembangan otak janin. Namun, bagi anda yang tidak terlalu menyenangi kuning telur karena sering mual ketika menyantapnya maka sebaiknya berikan jeda ketika anda mengkonsumsinya.

2. Ayam

Siapa yang tak kenal dengan daging ayam, rasa nikmat dan gurih selalu menjadi makanan olahan dari ayam sukses membuat lidah kita tergiur untuk kembali mencobanya. Dan ternyata dibalik kelezatannya, daging ayam bisa anda manfaatkan untuk membangun kecerdasan otak janin anda. Hal ini dikarenakan daging ayam memiliki sejumlah kandungan zat besi yang baik yang disebut dengan heme yang mana baik pula untuk perkembangan otak janin. Untuk itu, pastikan jika anda menyertakan daging ayam dalam menu makanan anda.

3. Aneka Buah Berries

Rasa segar dari aneka buah berries seperti stroberi, blueberry, serta raspberry mampu meningkatkan tingkat IQ pada bayi. Untuk itu, tidak ada salahnya menyajikan menu ini menjadi makanan penutup atau buah-buahan yang langsung disantap. Selain itu, aneka bruberris yang beragam bisa anda pilih sesuai dengan selera.

4. Hati

Umumnya, ibu hamil akan lebih cenderung mudah terserang anemia, untuk itu amat disarankan mengkonsumsi hati. Baik hati ayam, hati sapi maupun hati kambing. Hal ini dikarenakan ibu hamil tidak mampu memasok oksigen yang cukup sehingga zat besi dalam sirkulasi darah ke janin dan plasenta terhambat. Konsumsi hati ini bisa anda kreasikan sebagai masakan yang anda sukai contoh di masak kecap atau di campur bersama kentang.

5. Ikan

Khasiat ikan sudah bukan lagi menjadi rahasia umum, seperti ikan sarden atau ikan salmon sebagai sumber omega tiga yang paling tinggi. Mengkonumsi ikan akan sangat baik terutama jika rutin dikonsumsi selama periode kehamilan. Untuk mendapatkan manfaat omega 3 yang lebih optimal anda bisa mengkonsumsinya dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

Demikian beberapa daftar makanan yang baik dalam membangun otak janin. Perkembangan otak janin yang terjaga dengan baik mampu meningkatkan kecerdasan otak bayi dengan baik.