Hindari Keputihan, Tips Membersihkan "Miss.V" di Toilet Umum

Anda sering menggunakan toilet umum ? Taukah anda bahwa toilet umum yang sering anda gunakan menjadi tempat ternyaman untuk perkembangan kuman. Bahkan menurut penelitian 100 kuman per inci persegi akan berkembanng di toilet duduk. Di Indonesia, toilet masih menjadi permasalahan yang dapat mendatangkan beberapa jenis penyakit. Presiden Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso menyatakan jenis toilet kering cocok di terapkan di kondisi alam Indonesia. Minimnya toilet kering justru berbahaya untuk wanita dapat memicu munculnya keputihan yang disebabkan bakteri dan jamur.

Penggunaan toilet umum tidak dapat dihindari oleh anda, gunakan tips berikut untuk tetap menghindari diri dari keputihan :

1. Membawa tisu pembersih kewanitaan

Bawalah selalu tisu pembersih kewanitaan. Banyak kemasan yang simpel yang bisa anda sediakan selalu di tas anda. Penggunaan tisu herbal untuk menambah manfaat dan menjaga anda terhindar dari keputihan.

2. Pilih WC jongkok

Hasil dari penelitian Journal Digestive and Sciences oleh Dr.Dov sikirov dalam situs yahoo.com menyatakan penggunaan toilet jongkok yang sering digunakan dibelahan benua Asia dan Afrika lebih sehat karena tidak berpotensi bersentuhan langsung dengan bakteri yang berada di WC. Hal ini membuat lebih sehat.

3. Alasi dengan kertas atau tisu

Jika memang tidak dapat dihindari lagi penggunaan WC duduk maka anda bisa menghindari kuman yang menempel di permukaan WC menggunakan kertas atau tisu.

4. Hindari barang bersentuhan dengan lantai

Anda merasa aman memasuki toilet yang bersih lantainya? Anda salah. Seberapa bersih toilet yang anda gunakan, kemungkinan kuman selalu ada . Untuk itu hindari kontak langsung barang-barang anda dengan lantai .Usahakan celana atau rok tidak bersentuhan dengan lantai agar anda senantiasa terhindar dari kuman dan bakteri.

5. Bersihkan Miss.V dengan tepat

Terkadang anda mengabaikan cara untuk membersihkan Miss.V.Cara yang tepat , basuhlah Miss.V anda dari depan ke arah dubur bukan sebaliknya. Hal ini untuk menghindari kuman-kuman di area belakang menyebar ke Miss.V . Jika anda terpaksa menggunakan toilet umum maka pakailah private shower (shower kecil) atau air langsung dari keran. Hal ini untuk menghindari anda dari kuman-kuman air penampungan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dita Andira dalam sebuah buku seluk-beluk Kesehatan Reproduksi Wanita 70% air yang ditampung penyebab keputihan dan gatal pada area Miss.V.

6. Pakai lalu bersihkan

Istilah yang tepat untuk anda yang telah menggunakan toilet umum. Pakai kemudian bersihkan, karena siapa lagi kalau bukan anda yang peduli dengan kebersihan. Cukup siram dengan air toilet yang sudah anda gunakan. Hal ini agar tidak merugikan pemakai selanjutnya.

7. Mencuci tangan

Cuci tangan setelah menggunakan toilet agar anda terhindar dari mikroorganisme yang menempel ditangan. Lakukan cuci tangan selama 20-30 detik. Jangan lupa telapak,sela-sela jari dan dibawah kuku. Jika perlu gunakan cairan pencuci tangan untuk membilasnya sebelum anda meninggalkan toilet.

Itulah tips untuk anda menghindari diri dari keputihan dengan senantiasa menjaga kebersihan termasuk dalam penggunaan toilet umum. Untuk anda yang berlangganan dengan toilet umum, memang sedikit membuat anda kerepotan tapi jika anda menyadari bahwa mencegah keputihan merupakan penting untuk Miss.V. Maka lebih baik gunakan dengan tepat, untuk membuat anda menghindari keputihan yang disebabkan karena penggunaan toilet umum yang banyak menyimpan kuman dan bakteri .

Semoga bermanfaat !!!

loading...