data-ad-format="auto"

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Ketidaknormalan Cairan Organ Intim

Kondisi ketidaknormalan cairan yang kaluar dari organ genital tentu mengindikasikan adanya hal yang tidak beres dengan kesehatan organ intim anda. Kondisi ini sering pula disebut dengan keputihan patologis atau keputihan yang bermasalah.

Dengan demikian, cara terbaik untuk menanganai kondisi ini adalah dengan memeriksakannya ke dokter. Penanganan oleh dokter akan dapat membuat anda mendapatkan diagnosa dengan lebih cepat dan tepat. Selain itu, kemungkinan terburuk dari kondisi ini pun akan dapat ditangani dengan segera. Sehingga kondisi ini akan dapat menyelamatkan anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, selain mengetahui kondisi ketidaknormalan cairan yang keluar dari organ genital tersebut. Sebagai gambaran untuk memotivasi anda agar segera membawa kondisi ini ke dokter. Maka mari kita simak beberapa halnya dibawah ini. Baca juga: Tips Mengatasi Keputihan di Awal Kehamilan

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Ketidaknormalan Cairan Organ Intim

Ada beberapa kondisi keputihan atau ketidaknormalan cairan organ intim yang perlu anda waspadai. Beberapa kondisi ini dapat berupa perubahan warna pada cairan yang keluar dari organ intim. Selain itu, perubahan aroma dari cairan pun akan mungkin perlu untuk anda kenali. Untuk itu, segera bawa ke dokter apabila anda mengalami kondisi dibawah ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Apabila Cairan yang Keluar Berawana Putih Atau Abu-Abu Berbau Amis

Kondisi cairan yang seperti ini dapat mengindikasikan adanya kondisi yang salah dengan kesehatan anda. Kondisi bisa mungin mengindikasikan adnaya masalah genital. Terutama bila cairan yang keluar terjadi setelah penetrasi seksual. Dimana hal ini bisa mengindikasikan adanya penyakit vaginosis bakteri atau bacterial vaginosis (BV).

Untuk itu, segera bawa kondisi ini ke dokter untuk emndapatkan penanganan yang lebih baik. Sebab bila tidak maka bukan tidak mungkin kondisi ini akan bertambah lebih buruk dan kesehatan anda malah dipertaruhkan. Bila anda pergi ke dokter, biasanya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dan umumnya dokter akan meresepkan antibiotik tertentu untuk anda.

Apabila Cairan Bertekstur Encer Berawarna Putih Namun Sering Gatal

Kondisi yang keuda yang perlu anda cermati adalah gejala yang menyertai keluarnya cairan dari bagian organ intim. Dengan demikian, selain melihat warna, jumlah dan mengindentifikasi bau yang keluar dari cairan. Penting sekali untuk anda mencermati jika terdapat gejala yang menyertainya.

Bila keluarnya cairan seringkali disertai dengan perasaan gatal maka biasanya penyebab ini erat kaitannya dengan jamur. Selain itu, biasanya kondisi keluarnya cairan pun bisa disertai dengan perasaan nyeri pada bagian organ intim.

Untuk itu, segera konsultasikan masalah ini dengan dokter. Bila dokter mengizinkan anda untuk menggunakan obat anti jamur maka anda bisa mencarinya di apotik atau mengambil obat yang memang sudah diresepkan.

Apabila Cairan Berwarna Kuning Atau Hijau

Cairan keputihan yang muncul dengan warna kuning, hijau atau mungkin berbusa akan mungkin terlihat dengan kontras. Dimana pada umumnya kondisi ini akan mungkin mengindikasikan adanya penyakit menular seksual yakni IMS trikononiasis. Infeksi ini pada umumnya disebabkan oleh adanya parasit.

Sementara itu, bila cairan keluar dengan disertai dengan gatal, bengkak atau terasa nyeri pada bagian organ genital. Maka segera konsultasikan masalah ini dengan dokter sebab mungkin anda akan membutuhkan penanganan khusus untuk kondisi masalah ketidaknormalan yang satu ini.

Itulah dia beberapa jenis ketidaknormalan cairan organ intim yang perlu anda ketahui. Pada intinya, segera konsultasikan masalah ini dengan dokter bila anda mengalami kondisi atau gejala serupa seperti diatas.