Gejala Osteoporosis Pada Wanita

Penyakit osteoporosis merupakan penyakit yang berhubungan dengan kesehatan tulang. Penyakit  osteoporosis ditandai dengan kepadatan tulang yang berkurang sehingga tulang menjadi lebih mudah patah. Penyakit osteoporosis dapat menyerang pria ataupun wanita akan tetapi untuk wanita peluang akan lebih besar hal ini karena dipengaruhi oleh hormon estrogen. ( Baca : Benarkah Wanita Rentan Terkena Osteoporosis? )

Penyakit osteoporosis lebih rentan menyerang wanita karena pada saat menopause fungsi indung telur akan mengalami penurunan sehingga mempengaruhi produksi hormon. Pada saat hormon estrogen menurun akan mempengaruhi daya ikat tulang yang memicu lebih rentan terkena penyakit osteoporosis. Penyakit osteoporosis berkembang secara perlahan-lahan dan berlangsung lama. Bahkan penyakit osteoporosis dapat berlangsung tanpa terasa gejala yang spesifik pada penderitanya. Bahkan penderita osteoporosis tidak meyadari sudah mengalami tulang patah.

Berikut ini adalah gejala osteoporosis yang timbul pada wanita :

1. Terjadinya kelainan bentuk tulang

Pada wanita penyakit osteoporosis lebih rentan terjadi ketika memasuki menopouse. Salah satu gejala yang mungkin timbul adalah kepadatan tulang yang semakin berkutang sehingga tulang menjadi hancur. Pada kondisi ini penderita seringkali mengeluhkan nyeri pada tulang dan mengalami kelainan bentuk tulang.

2. Sering merasakan nyeri tulang

Wanita muda bukan tida mungkin mengalami osteoporosis, kemungkinan ini dapat timbul terlebih apabila sering mengalami nyeri tulang. Kondisi yang biasanya muncul adalah wanita yang nyeri pada bagian punggung dengan rentan waktu yang sering dan berlangsung lama. Rasa nyeri akan timbul secara tiba-tiba dan dirasakan kebanyakan pada bagian punggung. Bahkan apabila penderita melakukan gerakan, berdiri atau berjalan seringkali bertambah nyeri.

3. Mengalami patah tulang

Taukah anda bahwa patah tulang merupakan salah satu gejala yang spesifik dalam meningkatkan resiko penyakit osteoporosis. Bahkan tulang yang patah akan disebabkan karena beberapa keadaan baik itu karena jatuh ataupun terkena tekanan yang ringan. Bahkan patah tulang yang paling serius adalah patah tulang pada bagian panggul yang dapat menjadi gejala utama penyakit osteoporosis.

4. Mengalami patah tulang lengan

Salah satu penyebab penyakit osteoporosis yaitu mengalami patah tulang pada bagian lengan. Fraktur colles yaitu patah tulang yang terjadi pada daerah persambungan dengan pergelangan tangan yang seringkali dialami oleh penderita osteoporosis.

5. Kondisi yang menyebabkan penderita lama sembuh

Bahkan pada penderita osteoporosis, patah tulang akan menyebabkan lama sembuh sehingga cenderung pulih secara perlahan yang membutuhkan waktu yang lama.

6. Kesulitan bergerak

Pada penderita penyakit osteoporosis seringkali mengalami kesulitan berdiri, kesulitan duduk tegak ataupun kesulitan membungkuk yang menandai penderita mengalami osteoporosis.

Meskipun osteoporosis tidak akan menyakitkan bagi diri sendiri akan tetapi jangan anggap bahwa ini merupakan penyakit yang biasa dikarenakan penderita osteoporosis akan lebih mudah mengalami patah tulang, tulang yang menyakitkan bahkan hingga kelumpuhan. Dengan demikian bagi anda yang seringkali mengalami gejala diatas segera periksakan kesehatan tulang anda dan jaga asupan kalsium dan vitamin D sehingga dapat memperlambat terjadinya penyakit osteoporosis.  Kalsium dan vitamin D adalah salah satu asupan penting dalam membentuk tulang, sehingga dapat membantu untuk memperlambat terjadinya pengeroposan tulang. Anda juga dapat menggunakan paparan sinar matahari minimal 10 menit setiap hari sehingga dapat membantu dalam penyerapan vitamin D di dalam tubuh.

loading...

Follow us