Results 1 to 2 of 2
  1. #1
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    4
    Thanks
    1
    Thanked 2 Times in 2 Posts

    Menjadi Orang Tua Demokratis Agar Anak Tumbuh Mandiri

    Mendidik anak tak semudah membalikkan telapak tangan. Memang benar, anak adalah anak anda sendiri, namun bagaimanapun juga setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh menjdari orang yang bisa membanggakan orang tuanya. Berbagai cara dilakukan oleh orang tua agar anak tunduk dan patuh kepada orang tua. Apapun yang dilakukan orang tua terhadap anak adalah untuk membuat masa depan anaknya cerah. Tidak ada orang tua yang ingin menjerumuskan anaknya sendiri menjadi orang yang tidak berguna. Walaupun begitu, banyak cara mendidik anak yang justru membuat anak semakin liar dan tak tentu arah. Untuk itu, anda harus memperhatikan cara anda dalam mendidik anak anda. Menjadi orang tua yang otoriter tidak sepenuhnya baik untuk anak anda. Karena dengan sifat otoriter anda membuat anak semakin terdorong untuk melawan anda. Karena alaminya sifat anak itu menginginkan kebebasan. Walaupun kebebasan yang dimaksud di sini adalah kebebasan yang bertanggung jawab. Untuk itu ada baiknya jika mulai sekarang anda menjadi orang tua yang demokratis terhadap anak. Biarkan anak anda tumbuh tanpa aturan yang mengekang mereka, sebagai orang tua anda tidak berhak menentukan, yang harus anda lakukan adalah mengarahkan anak anda.

    Biarkan Anak Menentukan Pilihannya Sendiri
    Ketika anak anda menyampaikan sesuatu yang akan dia lakukan, sebaiknya anda mendukung saja apa yang akan dilakukan anak anda. Anda jangan pernah melarang atau pun menolak untuk membantu anak anda. Yang harus anda lakukan adalah mengarahkan anak anda. Beri tahu dia jika rencanya itu tidak baik dengan cara yang lebih demokratis, yang artinya anda tetap memberi kesempatan kepada anak anda untuk melakukannya. Ketika anak anda melakukan apa yang mereka mau, jika ada baiknya maka anak anda akan semakin semangat, namun jika berakibat buruk anak anda akan menyadari dengan sendirinya dan tidak akan mengulangi lagi. Dengan membiarkan anak anda menentukan pilihannya sendiri, maka anda telah mendidik anak anda untuk mandiri.

    Menyalahkan Anak Bukan Cara Yang Tepat
    Ketika anak anda gagal melakukan sesuatu yang anda minta atau atas kemauan mereka sendiri, jangan lah sekali-sekali anda menyalahkan mereka. Sesuai nalurinya, ego anak itu masih tinggi dan selalu merasa benar. Jadi, mereka akan berontak jika mendapati anda menyalahkan mereka. Mereka tidak akan tumbuh menjadi lebih positif ketika anda menyalahkan mereka. Sebaliknya mereka akan membuktikan jika apa yang mereka lakukan itu benar walupun sebenarnya memang salah, karena mereka mempertahankan gengsi mereka. Untuk itu anda harus berhati-hati dalam mengingatkan anak anda. Jangan sampai membuat anak anda tersinggung dan memberontak. Gunakan cara-cara yang lebih halus untuk mendidik anak anda. Bersikap demokratis tak berarti membebaskan anak sebebas-bebasnya.

  2. The Following User Says Thank You to diah ayuningsih For This Useful Post:

    nita assuni (02-10-2013)

  3. #2
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    4
    Thanks
    1
    Thanked 1 Time in 1 Post
    benar bun mendidik anak itu tidak semudah membalikan telapak tangan, kita harus sabar dalam mendidik anak supaya kelak anak kita bisa menjadi anak yang baik dan membanggakan orang tua.

 

 

Similar Threads

  1. Siasat Membuat Anak Jera Tanpa Membuatnya Menjadi Agresif
    By icha in forum Tips Mendidik Anak
    Replies: 4
    Last Post: 01-19-2014, 08:50

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •