Results 1 to 4 of 4
  1. #1
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    4
    Thanks
    1
    Thanked 1 Time in 1 Post

    Perubahan Tubuh yang Terjadi Pada Ibu Hamil

    Masa-masa kehamilan merupakan masa yang cukup menegangkan dan banyak memberi kejutan bagi para ibu hamil, terutama bagi anda yang baru pertama kali mengalami masa-masa ini. ada banyak hal yang perlu untuk diketahui para ibu hamil, termasuk anda, baik mengenai persiapan yang perlu anda siapkan untuk kelahiran bayi anda maupun segala sesuatu yang akan terjadi selama masa kehamilan yang salah satunya adalah perubahan tubuh ibu hamil. Hal ini akan sangat perlu untuk anda ketahui terutama jika ini adalah kali pertamanya anda hamil sehingga anda tidak akan mengalami rasa penasaran atau terkejut akan perubahan-perubahan yang mungkin akan terjadi pada tubuh anda dari awal anda hamil hingga melahirkan.

    Perubahan Tubuh Ibu pada Minggu-Minggu Awal
    Sejak pertama mengetahui bahwa anda sedang mengandung sebuah janin dalam perut anda, pasti anda akan merasakan sesuatu yang berbeda dan hal tersebut akan semakin terasa dari hari ke hari dengan semakin bertambahnya usia kehamilan anda. seperti yang sudah anda ketahui bahwa kehamilan akan mencapai usia matang pada, kurang lebih, 40 minggu. Sejak minggu pertama hingga minggu saat anda akan melahirkan anda akan merasakan perbahan yang bertahap pada tubuh anda, terutama pada bagian perut, walaupun sebenarnya kehamilan pasti akan memperngaruhi keadaan tubuh yang lain juga. Pada minggu awal, anda akan merasakan bahwa payudara anda semakin membesar karena sejak saat ini payudara sudah mulai disiapkan untuk menyusui. Namun, belum ada perubahan bentuk yang signifikan pada perut anda karena ukuran janin anda masih sangat kecil.

    Semakin Hari Semakin Nampak
    Pada minggu ke 12, anda sudah dapat merasakan tonjolan pada perut anda karena pada saat ini ukuran janin anda sudah lebih besar dari sebuah jeruk. Payudara anda sudah mulai mengeluarkan cairan kuning bernama kolostrum jika dipencet serta putting susu anda akan menjadi lebih hitam sebagian dari anda mungkin akan mengalami pigmentasi pada wajah anda di minggu-minggu ini. kemudian anda jangan kaget jika pada minggu ke 20 ada gerakan-gerakan kecil di dalam perut anda karena inilah janin anda yang sudah mulai bergerak. Semakin tua usia kandungan anda, janin anda juga akan semakin bertambah sehingga berat badan andapun juga akan meningkat. Karena ukuran janin anda yang semakin besar, maka anda akan lebih sering buang air kecil karena janin anda akan menekan kandung kemih anda. Semakin hari, janin anda akan semakin banyak bergerak. Anda akan merasa tidak nyaman dengan beberapa posisi duduk dan posisi tidur. Pada minggu ke 38 hingga ke 40 bayi wajarnya sudah menempati jalan lahirnya dengan posisi kepala di panggul anda dan anda harus sudah bersiap-siap untuk merasakan kontraksi dari dorongan bayi anda yang ingin dilahirkan.

  2. The Following User Says Thank You to nisya fadhilah For This Useful Post:

    suci (03-03-2013)

  3. #2
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    5
    Thanks
    1
    Thanked 2 Times in 2 Posts
    pasti banyak perubahan saat wanita hamil, mulai dari perut tambah membesar ,,
    tapi kehamilan itu merupakan suatu anugrah .

  4. #3
    Join Date
    Apr 2013
    Posts
    14
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    siang bun Selama hamil, ada begitu banyak perubahan pada tubuh Bunda, dan yang paling menonjol adalah perubahan keadaan emosi. Apa sebabnya? karena kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh berubah. Tak mengherankan bila mood Bunda selalu berubah-ubah.

    Berikut ini beberapa hal yang akan Bunda alami selama masa kehamilan:

    Yang akan Bunda alami :
    • Sering mual-mual dan muntah, terutama pada pagi hari, dan ini yang dinamakan morningsickness.
    • Menjadi cepat lelah dan mudah mengantuk.
    • Mungkin tiba-tiba menginginkan sesuatu yang “aneh-aneh”. Misalnya, ingin makan rujak pada jam 2 pagi.

    Perubahan fisik dan gangguannya :
    Selain perubahan emosi yang meledak-ledak saat kehamilan, ada sederet perubahan fisik yang terjadi pada tubuh Bunda serta gangguan yang mungkin timbul, diantaranya:
    • Metabolisme tubuh meningkat antara 10-25%.
    • Detak jantung dan pernapasan bertambah cepat.

    Semoga bermanfaat

    SUMBER : INFOBUNDADOTCOM

  5. #4
    Join Date
    Apr 2013
    Location
    Surabaya
    Posts
    12
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    sipp
    sangatt bagus dan bermanfaat... usia kehamilan saya jalan 9 minggu,, perubahannya masih di bagian payudara yg sedikit lebih besar.. perut kembung.. mual, dan perut bagian bawah kadang2 juga kram,, sering mengantuk dan mudah capek, lidah terasa pahit sekali, ndak suka makanan2 tertentu.. hehehe unik yaaa... emosi juga ndak bisa dikontrol..

 

 

Similar Threads

  1. Yang lagi hamil uk 28 w share yuk....
    By mamanadhifa in forum Obrolan Bebas
    Replies: 13
    Last Post: 04-01-2013, 01:40
  2. Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari pada Masa Kehamilan
    By winda wijaya in forum Diskusi Umum
    Replies: 0
    Last Post: 02-11-2013, 04:21

Tags for this Thread

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •