Sebagai orang tua, anda tentunya harus selalu memperhatikan tahap kembang si kecil. Salah satu cara untuk yang dapat anda lakukan untuk dapat memantau perkembangan anak adna adalah dengan menciptakan komunkasi yang baik secara dua arah. Tidak terkecuali dengan anak anda yang sedang berusia 2 hingga 3 tahun. Pada usia ini sebaiknya anda meperhatikan betul komunikasi anda dengan si bauh hati. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan agar perkembangan anak dapat semakin baik dan juga komunikasi dengan anak dapat berjalan lancar.

Pola Komunikasi yang Harus Anda Bangun
Usia 2 hingga tiga tahun adalah usia dimana perkembangan bahasa dan juga komunikasi anak anda akan berlangsung secara pesar. Pada masa ini biasanya anak sudah dapat mengikuti instruksi sederhana yang anda ajarkan. Pada tahapan ini anak juga sudah dapat untuk mengucapkan lebih dari 50 kata dan bahkan lebih. Anak sudah dapat memulai untuk mengucapkan kalimat sederhana dan juga gabungan kata yang bersifat sederhana. Saat akan mengajari anak anda, ingatlah bahwa anak di usia ini hanya dapat mengikuti 2 instruksi saja. Misalnya anda menyuruh anak untuk mengambil makanannya dan segera memakannya. Pada usia ini biasanya anak baru dapat mengenali kalimat gabungan yang sifatnya masih mudah. Usahakan tidak menggunakan kalimat majemuk bertingkat lebih dari dua tingkat agar anak tidak bingung. Pada usia sekitar tiga tahun anak anda biasanya sudah dapat mengingat lebih dari 200 kata hingga lebih. Bahwa banyak juga anak yang sudah mampu menggabungkan tiga hingga empat susunan kata secara bersamaan. Saat anak anda berusia tiga tahun, paling tidak anda sudah dapat mengerti dan memahami apa yang buah hati anda katakan. Bauh hati anda sudah mulai dapat berbicara dengan jelas dan lancer. Hampir 75% perkataan anak sudah akan anda mengerti. Sehingga pada usia ini jangan lupa untuk selalu mengenalkan kata-kata baru kepada anak untuk merangsang otaknya agar berkembang dengan baik.

Cara untuk Meningkatkan Komunikasi Anak
Pada usia 2 hingga 3 tahun anda dapat melakukan beberapa hal berikut untuk dapat lebih meningkatkan komunikasi dengan anak. Caranya adalah dengan mengajak anak anda untuk berbicara mengenai rencananya di hari esok. Anda dapat berbicara dengan anak anda saat senggang ataupun sebelum waktu tidur. Jangan lupa untuk membacakan selalu buku cerita yang dia sukai. Saat si kecil sudah mulai mengerti, cobalah ajak dia untuk bergantian embacakan cerita tersebut untuk anda. Walaupun baru sedikit-sedikit lama-kelamaan anak anda akan mulai paham dan pengetahuannya semakin menigkat. Pujilah anak anda ketika dia telah berhasil bercerita kepada anda. Pujian dapat menstimulasi anak untuk semakin berani mencoba berkomunikasi dengan anda.