data-ad-format="auto"

Efek Hormonal Terhadap Siklus Mens

Pertanyaan

hai bidanku....
ada yg mo aku tny....
mengenai siklus mens...
pas jan 07 aku pergi ke dktr kandungan mo program pny anak,aku n suami dinytakan baik2 aja... stlh kira2 4 kali dtg, dktr bilang kita coba aja suntik buat pemecah sel telur (dengan harapan supaya jadi) krn abis suntik itu malamnya kita disuru senggama , krn itu udah di itung n pas bgt dg masa suburnya(itu terjadi pas maret 07)...
nah stlh suntik itukita gak pernah dtg lg ke dktr... tp siklus mens sy jd berubah...
Dl sebelum disuntik sy mens teratur per 3 mggu andgn lama mens 1 mggu (7hari)..
nah setelah disuntik siklus mens sy jd per 4 mggu (malah kadang lebih jd 4 mggu lebih lah) dg lama mens ya kira2 3 harian (sebentar bgt) krn sblm suntik itu sy mens 1mggu an br bener2 bersih...
yg mo di tny in.. apakah dg kondisi itu sy berbhaya? krn smp skr sy jg blm pny anak...
sy jd takut dg ky gt hormon sy terganggu n jd tambah susah pny anak...
apa yg sy harus lakukan ??
spy bs jd normal sediakala lg???
umur sy sekarang 25thn. wkt ikut program itu umur sy 23 thn...
thx

By Sun

Tanggapan Bidanku.com

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Terima kasih sebelumnya kami ucapkan atas kunjungannya
Dan selamat bergabung dengan kami

Dear Sun....
Terapi kesuburan dengan menggunakan tablet atau suntikan tentunya tidak 100% mutlak berhasil. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh tingkat kesuburan individunya masing-masing dan tentunya juga atas kehendak-Nya. Terapi kesuburan sifatnya hormonal, biasanya yang diberikan berupa LH (luteinizing hormone) dan FSH (follicle stimulating hormone). Karena sifatnya yang hormonal tadi, tentunya hormon ibu seolah-olah "diganggu". Bisa jadi salah satu efek dari hormon tsb adalah kemungkinan terjadinya perubahan siklus mens tsb.
Hormon ibu yang "terganggu" oleh obat-obatan hormonal biasanya terjadi kurang lebih selama 6 bulan, hal ini disebabkan kemungkinan tersisanya hormon tsb di dalam tubuh ibu. Tapi ini sifatnya individu, artinya efek dan lamanya berbeda-beda tiap orangnya.
Melihat kasus ibu, dimana suntik kehamilan dilakukan pada Maret 07 dan efeknya masih dirasakan sampai sekarang, tentunya kami sarankan ibu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan dilakukan pemeriksaan langsung, diharapkan didapat hasil diagnosa yang lebih akurat guna mendukung treatment yang tepat.
Demikian bu, semoga bisa membantu

Salam hangat
Bidanku.com

Pertanyaan

thx atas penjelasannya...
tp aku masih mau tny...
jd sehrsnya mnrt bu bidan setelah yg terakhir sy disuntik pemecah sel telur kalau sy tdk balik lg ke dktr kmgknn hormon sy akan back to normal stlh +/- 6 bln an ya???
mksdnya siklus mens yg sy blg sblmnya 3mggu an itu n lama wkt mens 7hran itu???
nah kalo skr kan sy siklus mens nya sekitar 1 blnan n lama mens jd +/- 4 hr an, apabila sy biarkan bgtu aja (mksudnya gak pegi ke dkter lg) bs berbahaya ato bakal knp2 gt dg organ repro sy???
thx before

Tanggapan Bidanku.com

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, efek yang diakibatkan bersifat individu, artinya tiap orang akan mengalami efek dan lamanya berbeda-beda. Memang biasanya, rata-rata efek hormonal masih bisa dirasakan kurang lebih 6 bulan, tapi sekali lagi tidak semuanya mutlak 6 bulan, bisa kurang bisa juga lebih.
Cuman begini bu, sebetulnya meskipun siklusnya jadi berubah, tapi masih masuk ke taraf normal kok. ok saya kasih gambaran mengenai siklus mens.
siklus mens yg normal adalah interval 28+-7 hari ( artinya antara 21-35 hari), dengan durasi 2-7 hari, jumlah mens/darah yang keluar sebanyak <80ml.
Ibu mengatakan sekarang siklus mens menjadi 1 bulanan, yang satu bulanan itu masuk antara 21-35 hari nggak bu? jika masuk berarti normal, ibu mengatakan durasinya menjadi +- 4 hari, apa menjadi +- 4 hari dari yg sebelumnya yg biasa 6 hari? atau durasinya memang menjadi rata2 kurang lebih 4 hari? jika jawaban yang terakhir berarti mens ibu tetap normal
Nah, tapi jika untuk lebih meyakinkan lagi dan untuk mengetahui tidak terjadi apa2 pada organ reproduksi anda, kami tetap melakukan saran agar ibu berkonsultasi ke dokter dan dilakukan pemeriksaan. Nggak ada salahnya kok cek dokter, biar tenang ibunya
Terimakasih

Loading...

Follow us