Ciri-Ciri Kanker Serviks

Kanker serviks adalah penyebab kematian no satu yang marak terjadi pada wanita Indonesia. Kurang lebih 80% kanker ini terjadi pada perempuan di negara berkembang. Karena ini terjadi pada perempuan negara berkembang, termasuk Indonesia. Kurangnya kesajahteraan penduduk, wawasan dan pengetahuan masyarakat mengenai kanker serviks. Indonesia, ada 90 sampai 100 kasus kanker serviks per 100.000 penduduk setiap satu tahun. Data ini kami peroleh dari Departeman Kesehatan , kanker serviks menyerang setiap golongan tanpa peduli usia, ras dan latar belakang.

Tingginya penyebaran kasus ini karena terbatasnya akses skrining dan pengobatan, sehingga kebanyakan penderita yang datang untuk berobat, sebagian sudah terjangit kanker serviks dengan kondisi kritis. Seharusnya pemerintah mampu mensosialisasikan apa kanker serviks itu dan ciri-ciri umumnya, agar masyarakat Indonesia khususnya kaum wanita memahami dan segera mencari solusi bila sudah dikenali tanda-tandanya.

Human papilloma virus penyebab kanker serviks membutuhkan waktu yang lama untuk dapat berkembang ke arah kanker serviksyaitu sekitar 10-20 tahun yang dapat berawal dari infeksi kecil, oleh karena itu anda para wanita sangat dianjurkan untuk melakukan medical check up atau test IVA (infeksi visual dengan asam asetat) setidaknya 2 tahun sekali. Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi pada daerah leher rahim dan apabila sudah memasuki tahap serius dan tidak adanya penanganan medis. Kanker ini bisa menyerang organ tubuh anda .

Berikut kami rangkum ciri-ciri kanker serviks agar membantu anda untuk menjadikan petunjuk adanya infeksi yang disebabkan oleh human papilloma virus penyebab kanker serviks.

  1. Pada saat anda melakukan hubungan suami istridan terasa sakit pada daerah kewanitaan juga disertai dengan adanya pendarahan. Hal ini patut untuk anda waspadai, bisa jadi ada infeksi pada area kewanitaan yang menyebabkan virus sudah menginfeksi alat reproduksi anda.
  2. Mengalami keputihan yang tidak normal, seperti debitnya yang berlebih, disertai darah , berbau tidak sedap, timbulnya rasa gatal di area intim anda yang berlebih.
  3. Sering merasakan sakit yang tidak wajar disekitar panggul.
  4. Pada saat penyakit kanker serviks memasuki stadium lanjut, biasanya akan terjadi pembengkakan pada paha, nafsu makan anda berkurang, terjadi fluktuasi pada ketidakstabilan berat badan, rasa nyeri saat buang air kecil dan disertai dengan pendarahan yang spontan.

Kanker ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranta :

  1. Melakukan hubungan seksual pertama pada usia dini.
  2. Bagi anda yang pernah melakukan hubungan seksual di usia dinim hal ini patut anda waspadai. Ini bisa menjadi hal yang memicu timbulnya kanker serviks.
  3. Berganti-ganti partner dalam melakukan hubungan seksual
  4. Melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasanagan atau lawan jenis yang terinfeksi kanker serviks mampu memicu pula tumbuhnya kanker serviks akibat perpindahan bakteri.
  5. Usia kehamilan
  6. Angka kehamilan yang tinggi yang mampu mempertinggi penyebab virus papilloma manusia. Karena wanita dengan usia 35-50 tahun berpotensi terkena kanker serviks.
  7. Infeksi HPV (Human Papilloma Virus) golongan 18 dan 16 merupakan 80% penyebab dari kasus kanker serviks di dunia.

Itulah ciri-ciri anda sedang terinfeksi virus penyebab kanker serviks. Hal ini patut anda kenali agar tidak terjadi penyebaran yang lebih luas terhadap kanker ini. Budayakan hidup sehat pada seluruh aspek kesehatan anda agar mampu menghindarkan anda dari resiko penyakit yang berbahaya seperti kanker serviks.