data-ad-format="auto"

Cegah Makan Berlebih Ketika Puasa Dengan Cara Ini

Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban semua umat muslim. Dengan puasa kita tidak makan maupun minum selama seharian atau dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Setelah menjalankan puasa selama seharian tentunya hal yang paling ditunggu-tunggu yaitu waktu berbuka puasa. Segala jenis makanan biasanya sudah menanti di meja makan dan begitu menggoda. Melihat dan mencium aromanya rasanya sudah tidak sabar untuk menyantapnya.

Setelah berbuka puasa dan dihadapkan dengan beragam jenis makanan di depan rasanya kita tidak bisa menahan diri untuk menyantapnya. Jika kita tidak mampu menahan diri mungkin saja ketika itu kita melahap semua makanan yang ada. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan saat berbuka nyatanya tidak baik untuk kesehatan, terlebih lagi untuk sistem pencernaan.

Selain mengganggu kesehatan dan sistem pencernaan, makan berlebih akan membuat anda terlalu kenyang sehingga akan menghambat aktivitas anda setelahnya, anda tidak bisa terawih atau menjalankan aktivitas lainnya. Nah, agar anda tidak makan berlebihan pada saat berbuka, anda bisa mengikuti cara cara ini. Cara ini merupakan cara sederhana, namun jika anda mampu melakukannya dengan baik maka anda akan merasakan kenikmatan yang begitu luar biasa pada saat berbuka puasa.

TIPS-AGAR-TIDAK-MAKAN-BERLEBIH-SAAT-PUASA.jpg

Berbuka Diawali dengan Minum Segelas Air Putih

Saat bedug magrib tiba yang mana menandakan waktu berbuka puasa, maka sebelum mengkonsumsi makanan apapun anda dianjurkan untuk minum segelas air terlebih dahulu. Ketika minum anda bisa menikmati setiap tegukan dari air yang masuk ke tenggorokan anda, dan ingat jangan minum terlalu terburu-buru atau berlebihan. Cara seperti ini dilakukan agar sistem metabolisme tubuh anda kembali dengan baik.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Takjil

Setelah minum anda bisa melanjutkan untuk mengkonsumsi hidangan takjil. Meskipun anda lapar tetapi bukan berarti jika anda mengkonsumsi makanan dengan berlebihan. Alangkah lebih baik apabila anda mengambil porsi kecil terlebih dahulu. Makanan yang masuk ke dalam mulut anda harus benar benar dikunyah dengan baik agar  lebih mudah dicerna.

Beri Jeda Sebelum Makan

Jika anda selesai mengkonsumi takjil, maka anda bisa memberikan jeda terlebih dahulu sebelum melanjutkan menyantap hidangan utama. Anda bisa menunaikan shalat magrib terlebih dahulu. Perut membutuhkan waktu untuk bekerja kembali setelah puasa seharian.

Makan dengan Baik dan Benar

Saat waktunya menyantap hidangan tiba sebaiknya anda makan dengan baik dan benar, jangan terlalu berlebihan dan terburu-buru. Nikmati setiap makanan yang anda konsumsi ketika itu. Kunyah makanan dengan pelan-pelan agar sistem pencernaan bisa mencernanya dengan mudah. Selain itu, makan dengan perlahan juga merupakan cara terbaik untuk mengontrol berat badan. Berdasarkan penelitian membutuhkan waktu 20 menit otak memberikan sinyal kenyang.  Dengan begitu, mengkonsumsi makanan dengan pelan tidak akan membuat kalori dikonsumsi terlalu banyak.

Makan Sahur Seimbang

Meskipun anda sedang menjalankan puasa tetapi itu bukan berarti jika anda mengabaikan kebutuhan nutrisi tubuh. Ketika sahur anda jangan mengkonsumsi makanan sembarangan. Konsumsilah makanan sehat dan mengandung nutrisi yang cukup. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari mengkonsumsi makanan berlebih pada saat buka puasa. Ketika sahur anda harus memenuhi asupan lemak, protein dan karbohidrat kompleks. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar kebutuhan cairan tetap tercukupi dan tidak mengalami dehidrasi.

Beberapa cara di atas bisa anda terapkan agar tidak makan berlebih saat buka puasa sehingga puasa tetap lancar hingga tiba saatnya hari kemenangan. Semoga bermanfaat.