data-ad-format="auto"

Cara Sehat Berpuasa Selama Kehamilan

Apakah berpuasa selama kehamilan berbahaya bagi janin? Terkadang perdebatan mengenai puasa di masa kehamilan terjadi antara anda dan suami.

Suami anda bersikeras untuk meminta anda menunda puasa tahun ini karena alasan dapat berbahaya bagi janin. Akan tetapi anda tetap dengan pendapat anda bahwa berpuasa selama kehamilan tidak akan membahayakan anda dan janin selama anda bisa memberikan asupan nutrisi ketika sahur dan berbuka. Dilema kehamilan selama bulan puasa sebenarnya bisa anda sikapi baik secara keagaamaan dan secara medis.

 

Puasa dan keCARA-PUASA-SEHAT-SELAMA-KEHAMILAN.jpgsehatan bayi

Dalam menjalankan puasa bagi anda yang  berada di tahap kehamilan, di mana puasa bisa berbahaya bagi ibu dan janin. Ajaran Islam juga mengecualikan para wanita dari puasa yang menyusui, hamil dan mereka yang sedang menstruasi. Ketika bayi tumbuh dalam rahim, janin benar-benar tergantung pada anda untuk protein, nutrisi dan vitamin yang diperlukan. Disarankan bahwa perempuan tidak harus berpuasa selama trimester pertama dan ketiga. Meskipun demikian kondisi ibu hamil akan berbeda, baiknya anda mendapatkan keterangan kesehatann untuk memastikan kesehatan anda dan janin

Pendapat dokter menjadi keputusan anda

Bicaralah dengan dokter anda untuk mendapatkan gambaran dari kondisi kesehatan anda, jika anda merasa wajib untuk berpuasa. Dokter kandungan atau bidan adalah orang yang tahu riwayat kondisi kesehatan yang sangat baik yang dibutuhkan janin. Tidak ada salahnya untuk mengamati puasa selama bulan Ramadhan, jika pada hari pertama anda mengalami beberapa masalah anda bisa langsung berkonsultasi kembali pada dokter. Jangan paksakan jika memang ternyata kondisi anda tidak kuat agar tidak mengalami keadaan buruk bagi bayi yang sedang dikandung.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Pengaruh puasa selama kehamilan

Ada dapat mengetahui pengaruh  jangka pendek atau jangka panjang dari berpuasa selama kehamilan. Banyak perempuan memilih untuk berpuasa bahkan jika mereka hamil. Puasa selama kehamilan dapat meningkatkan risiko anda untuk kelahiran bayi dengan berat badan rendah jika nutrisi tidak tercukupi. Ibu yang mengalami mual ekstrim dan muntah selama trimester pertama harus mempertimbangkan puasa. Jangan memaksakan hal itu sehingga memicu pengaruh buruk pada bayi anda. Wanita hamil atau ibu menyusui membutuhkan pasokan nutrisi esensial, vitamin, protein, asam folat, dan mineral. Anda harus menjaga asupan gizi untuk kesehatan diri dan bayi anda. Puasa dapat mempengaruhi perkembangan janin apabila kebutuhan tersebut tidak tercukupi. Puasa pada kehamilan yang dipaksakan pada kondisi anda dan janin yang lemah dapat meningkatkan risiko untuk janin seperti gerakan pernapasan abnormal, berat badan lahir rendah, atau menderita dehidrasi.

Cara sehat puasa selama kehamilan

Sebuah kehidupan yang tumbuh di dalam rahim  tergantung pada anda. Jika anda merasa lapar, maka janin akan kelaparan juga. Jika anda mengkonsumsi makanan sehat, janin akan sehat juga. Jika anda berpuasa selama kehamilan anda maka sediakan nutrisi sepanjang hari sehingga janin tidak ikut berpuasa pula. Berikut cara yang bisa anda ambil ketika menjaga kesehatan janin selama kehamilan :

  1. Minum banyak air sebelum ketika sahur dan berbuka untuk menghindari dehidrasi
  2. Berbuka puasa dengan makanan sehat yang mencakup jenis makanan beragam untuk mendapatkan kecukupan gizi janin.
  3. Tingkatkan konsumsi makanan sehat yang bermanfaat untuk janin seperti buah-buahan, susu, kacang, dll
  4. Jika anda merasa sangat lemah di hari anda berpuasa  beristirahatlah beberapa saat untuk memulihkan kondisi tersebut
  5. Hindari terlebih dahulu kegiatan yang berat sehingga fisik anda cepat lelah.