Cacar air adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh salah satu dari kelompok virus herpes. Hal ini menyebabkan ruam yang khas dan gejala seperti flu ringan. Kebanyakan anak akan mengalami cacar ketika mereka masih muda dan biasanya merupakan penyakit ringan. Bagi anak anda yang terkena cacar air membutuhkan waktu antara 10 hingga 21 hari untuk sembuh dari cacar air. Penularan cacar air pada anak terjadi dikarenakan adanya kontak dengan orang yang sedang menderita cacar air, begitu juga pada bayi tidak menutup kemungkinan terkena cacar air dikarenakan adanya interaksi dengan seseorang yang berada disuatu ruangan tersebut.

Adapun gejala yang biasanya terjadi pada anak anda yang akan terkena cacar yaitu flu ringan, demam, sakit kepala, mual, sakit dan nyeri, kehilangan nafsu makan. Beberapa hari kemudian, ruam cacar akan muncul. Dimulai dengan bintik-bintik merah kecil yang berkembang. Bintik bintik merah akan muncul terlebih dahulu di wajah anak Anda. Bintik-bintik akan menyebar ke dada dan perut, dan kemudian ke bagian tubuh lainnya. Perkembangan bintik-bintik mungkin akan muncul pada kulit kepala, tenggorokan dan sekitar alat kelaminannya.

Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan membawanya ke dokter untuk menentukan jenis cacar yang dialami oleh anak anda. Cacar air bisa lebih berbahaya dan dapat menyebabkan komplikasi pada anak usia muda sehingga dengan konsultasi pada dokter akan membantu anda dalam pengobatan cacar air. Cacar air disebabkan oleh virus, sehingga tidak akan merespon terhadap antibiotik. Ini akan hilang dengan sendirinya, tapi Anda dapat membantu untuk meredakan gejala bayi Anda dengan beberapa perawatan di rumah.

Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan dalam merawat anak yang terkena cacar terutama untuk anda yang merawatnya di rumah :

1.  Anda dapat memberikan anak Anda parasetamol untuk menurunkan suhu dan meredakan sakit dan nyeri, asalkan anak anda berada diusia lebih dari dua bulan. Anda dapat bertanya tentang dosis yang dianjurkan oleh dokter atau apoteker. Bagi anak anda yang alergi terhadap parasetamol maka pemberian ibuprofen dapat diberikan tentunya dengan dosis dan usia anak yang sesuai. Pemberian ibuprofen pada usia bayi yang masih muda dikhawatirkan akan mengganggu kesehatannya.

2.  Berikan Anak Anda banyak cairan untuk mencegah anak dari keadaan dehidrasi. Pemberian Asi bagi bayi yang masih menyusui sangat dibutuhkan untuk menjaga asupan nutrisi dan kekebalan tubuhnya.

3.  Untuk menenangkan bintik gatal bayi Anda, Anda dapat menggunakan lotion kalamin. Jika anak Anda berusia lebih dari satu tahun dan gatal-gatal yang sangat mengganggu di malam hari, dokter mungkin meresepkan antihistamin chlorphenamine. Ini juga memiliki efek menenangkan yang dapat membantu anak Anda tidur lebih mudah.

4.  Jaga kuku anak Anda untuk tetap pendek jika dia terus menggaruk bagian gatal-gatalnya . Ini akan membantu untuk mencegah bintik-bintik dari infeksi.

5.  Gunakan pakaian yang longgar, pakaian katun menjadi pilihan tepat untuk anak anda dalam mengurangi gatal dan terhindar dari keringat.

6.  Anda dapat menyediakan sabun anti septik untuk digunakan anak anda ketika mandi untuk mengurangi gatalnya

7.  Segera periksakan kembali ke dokter apabila anak anda mengalami bintil yang terinfeksi dengan kuman biasanya berwarna merah, mengalami bengkak dan juga terdapat nanah atau anak anda mengalami demam yang sangat tinggi, sakit kepala, muntah dan gatal yang tidak hilang hilang.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum