data-ad-format="auto"

Cara Menjaga Kehamilan di Trimester Kedua

Pada kehamilan kedua tubuh ibu hamil sudah mulai beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama kehamilan.Untuk membantu ibu hamil tetap menjaga kesehatan ditrimester kedua,berikut adalah cara menjaganya untuk anda .

Kehamilan ditrimester kedua atau usia kehamilan yang sudah memasuki minggu ke-13. Pertumbuhan dan perkembangan janin ditandai dengan aktivitas janin seperti janin sudah dapat memasukan ibu jari kedalam mulut.Bahkan untuk ukuran dan berat tubuh janin sudah memasuki 13-20 gram.

Pada trimester kedua plasenta sudah terbentuk dengan sempurna sehingga dapat memproses transfer nutrisi, sisa metabolisme dan juga oksigen dengan baik. Bahkan perkembangan panca indera janin sudah mulai dapat diperhatikan untuk mencegah kelainan panca indera janin .

Pada trimester kedua, ibu hamil seringkali mengalami keluhan kehamilan yang berhubungan dengan perubahan fisik yang mempengaruhi aktivitas.Misalnya kenaikan berat badan dan juga nafas yang pendek karena tumbuh kembang bayi yang bertambah .

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

cara menjaga kehamilan trimester 2

Hanya saja kehamilan pada trimester kedua ini lebih bisa membuat ibu beradaptasi, janin sudah dapat teratur. Janin akan bergerak pada malam hari ketika ibu sedang istirahat.Meskipun dirasa teratur akan tetapi pada periode ini tahap pembentuka organ penting membutuhkan perhatian ekstra .

Kondisi Ibu Hamil di Trimester Kedua

Trimester kedua adalah masa kehamilan yang aman untuk ibu hamil,sebagaian ibu hamil dapat melalui tanpa mendapatkan keluhan yang membebani kehamilan. Pada saat kehamilan memasuki usia 13-27 minggu dimana tubuh ibu hamil sudah dapat beradaptasi dengan perubahan hormon kehamilan .

Mual dan muntah atau dikenal morning sickness sudah dapat mereda.Bahkan kebanyakan ibu hamil sudah tidak mengidam lagi. Sedangkan bagi anda yang masih mengalami mual dan muntah dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan mual dan muntah. Dokter akan memberikan vitamin B6 yang membantu meredakan mual dan muntah .

Kondisi ibu hamil ditrimester kedua adalah mengalami sensasi yang baru,dimana merasakan kondisi yang tidak nyaman seperti mengalami nyeri pada bagian perut.Kondisi ini dikarenakan adanya pembesaran rahim dan juga peregangan ligament .

Trimester kedua bagi ibu hamil adalah saat yang dinanti-nanti. Ibu hamil dapat merasakan gerakan janin yang lebih terasa dibandingkan usia kehamilan sebelumnya. Pada kehamilan minggu ke-12 dokter akan mendeteksi adanya detak jantung pada janin. Meskipun demikian anda juga dapat merasakan adanya tanda kehidupan di rahim yaitu dengan merasakan sikecil yang bergerak ke sana kemari di dalam rahim atau dikenal dengan quickening .

Sedangkan menjelang akhir kehamilan ditrimester kedua.Ibu hamil akan merasakan adanya titik-titik yang muncul berulang kali di dalam perut, jangan khawatir ini merupakan kondisi yang tidak membahayakan kehamilan .

Kondisi perut yang semakin membesar membuat ibu hamil semakin merasakan sesak nafas karena tekanan dari janin . Aktivitas yang biasa dilakukan akan membuat napas menjadi terengah-engah. Meskipun aman untuk ibu hamil akan tetapi kondisi yang semakin berat dan menganggu ibu hamil harus diatasi dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Napas yang pendek disebabkan karena rahim yang semakin membesar dan mendesak paru-paru sehingga sulit udara yang bebas. Bahkan ukuran tubuh yang semakin membesar pada usia trimester kedua membuat lingkar pinggang dan pinggul menjadi melebar .Pada usia kehamilan minggu ke-27 minggu akan mengalami penambahan berat badan mencapai 7-10 kg .

Perubahan selanjutnya yang dialami oleh anda adalah garis-garis tanda kulit yang semakin melar atau dikenal dengan stretchmarks . Meskipun setelah melahirkan akan memudar dan meninggalkan garis tipis berwarna putih.Meskipun kondisi berat badan yang semakin bertambah bukan berarti anda berhenti berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh .

Anda dapat melakukan olahraga khusus ibu hamil diantaranya adalah senam kegel yang berfungsi untuk memudahkan proses melahirkan dan juga mengurangi risiko yang sering dialami oleh ibu setelah persalinan yaitu tidak bisa menahan buang air kecil atau buang air besar setelah melahirkan. Dengan senam kegel maka otot alat kelamin akan terbantu ketika akan menahan urin .

Selanjutnya adalah gerakan yoga yang dirancang dan disesuaikan dengan tubuh selama kehamilan sehingga ketika mengalami perubahan tubuh ditrimester kedua tidak mengalami keluhan yang membebani ibu hamiil.Dengan mengikuti kelas yoga maka akan membantu ibu hamil untuk saling berbagi pengalaman kehamilan.

Ibu hamil juga dapat mengikuti berenang khusus ibu hamil. Olahraga low-impact yang akan membuat ibu hamil lebih berenergi.Pada beban tubuh yang terapung akan membuat kaki sedikit beristirahat dan juga tidak membutuhkan kerja keras ketika menopang tubuh. Olahraga yang ringan yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah jalan kaki.Sekalipun hanya jalan kaki dengan mengelilingi kompleks karena akan membuat aliran darah semakin lancar dan ibu hamil menjadi lebih bersemangat.  

Kondisi Janin Selama Kehamilan di Trimester Kedua

Pada kehamilan diawal trimester kedua ditandai dengan panjang janin yang mencapai 9 cm,berat badan janin yang memasuki 45 gram.Bahkan mata janin secara perlahan akan bergerak menuju pusat wajah.Pertumbuhan organ janin semakin terlihat seperti hidung yang yang semakin menonjol, tulang pipi yang semakin terlihat dan juga organ ginjal yang sudah memproduksi urin.

Janin yang semakin kuat,plasenta yang semakin berkembang memasuki usia kehamilan minggu ke-15.Pada bayi sekarang yang panjangnya mencapai 10 cm dengan berat badan sebesar 75 gram.Kemampuan janin ketika mengepal dan menggerakan lengan dimana kukunya sudah mulai tumbuh dan kulit bayi sudah terlihat walaupun tipis.

Memasuki usia kehamilan 16 minggu maka janin yang ditutupi dengan pelindung yang lembut sehingga dapat mengatur suhu tubuh. Kemudian lemak akan mulai terbentuk dibawah kulit. Bahkan janin sudah dapat mendengar suara-suara diluar perut .

Kantung udara yang kecil dikenal dengan alveoli yang terbentuk pada paru-paru dan pita suara. Apabila bayi  menangis sudah terlihat gerakan mulutnya atau ekspresinya, walaupun tidak terdengar suaranya karena tidak ada udara. Pada usia ini janin sudah memiliki posisi favorit bahkan gerakan yang aktif sudah mulai terasa pada ibu hamil .

Perkembangan selanjutnya adalah ketika paru-paru janin sudah dapat mengembangkan cabang pernapasan dan juga sel sudah dapat memproduksi surfaktan. Zat ini akan membantu dalam menghirup cairan ketuban dan juga mengembangkan paru-paru. Pada minggu ke-24 kehamilan bayi sudah memiliki berat mencapai 300 gram.Kondisi janin yang sudah tampak berotot pada masa tulang dan juga organ. Bahkan koordinasi gerakan otot dan lengan janin sudah mulai terlihat .

Memasuki usia kehamilan dipenghujung trimester terakhir. Bayi semakin berkembang dimana koneksi saraf tangan yang semakin sempurna. Bahkan jumlah stimulasi janin saat menyentuh wajah, tangan dan kaki sudah  mulai dapat terlihat. Pertumbuhan otak janin yang semakin berkembang dan juga sentuhan bayi yang semakin merespon sentuhan pada dinding perut. Bahkan pada saat minggu-minggu ini perut ibu hamil akan terasa lebih kencang dan membutuhkan waktu untuk rileks .