data-ad-format="auto"

Cara Menghindari Toksoplasma dari Kucing Saat Hamil

Kehamilan memang menjadi berita gembira untuk setiap wanita yang sudah menikah. Bagaimana pun kehadiran seorang buah hati ditengah bahtera rumah tangga yang dibina bersama dengan pasangan, akan senantiasa melengkapi kebahagian tersebut. Itulah mengapa banyak pasangan akan melakukan banyak cara untuk bisa mewujudkan impian kehamilan dengan segera.

Kehamilan yang akhirnya dapat anda gapai, sebaiknya dijaga dan dirawat dengan baik. Karena kelahiran bayi yang sehat pada dasarnya ditentukan dari seberapa berkualitas perawatan kehamilan yang dilakukan oleh seorang wanita.

Ibu hamil tentu memiliki banyak pertanyaan selama kehamilan. Kekhawatiran ini terjadi semata dilakukan demi menjaga kesehatan janin didalam perut agar senantiasa terjaga dengan baik. Salah satu pertanyaan yang paling banyak diajukan selama hamil adalah kegiatan bermain bersama dengan kucing.

Lalu bolehkah main kucing saat hamil? Jawabannya tentu boleh. Jika anda memelihara atau main kucing pada saat hamil, dan mitosnya akan berdampak buruk terhadap kehamilan. Maka mari kita simak beberapa informasinya dibawah ini. Baca juga: Ibu Hamil Terserang Flu, Janin Berisiko Tinggi Terkena Skizofrenia?

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

 

Toksoplasma Pada Kucing

Selama kehamilan memang banyak larangan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan dan keselamatan tumbuh kembang janin dalam rahim. Termasuk anda mungkin pernah mendengar larangan main bersama kucing karena kucing dapat membawa parasit berbahaya untuk bayi.

Pernyataan ini memang benar adanya. Hanya saja, ada hal yang perlu diluruskan dengan baik. Karena pada kenyataannya parasit toksoplasma pada kucil sumber utama penularannya berasal dari kotoran kucing.

Selain itu, resiko pertama yang bisa berdampak pada ibu hamil yang main kucing selama kehamilan adalah terkena toksoplasma. Pengaruh dari parasit ini adalah resiko kecacatan lahir pada bayi yang serius. Adapun jenis kecacatan yang mungkin terjadi pada bayi adalah kerusakan mata atau cacat otak pada janin.

Penularan Toksoplasma dari Kucing

Penularan parasit toksoplasma dari kucing sebetulnya akan dapat terjadi bila anda kurang sigap dalam memperhatikan kebersihan kucing. Atau mungkin ketika kandang kucing tidak dipelihara dengan higienis.

Adapun penularan parasit ini dapat terjadi lewat kontak tangan dengan kotoran. Yang selanjutnya secara tidak sengaja akan masuk kebagian mulut hingga masuk kedalam rongga tubuh dan menyebabkan infeksi.

Untuk itulah, bagi anda yang memiliki kucing di rumah dan terdapat orang hamil didalamnya. Maka kegiatan bermain bersama dengan kucing bukan dilarang untuk dilakukan. Hanya saja, perhatikan dengan baik kebersihan kucing dan segala hal yang ada disekitarnya, termasuk dengan kandang kucing itu sendiri.

Selain itu, sebetulnya penularan parasit toksoplasma akan terjadi selama satu sampai dengan lima hari. Jadi demikian, jika anda membersihkannya sebelum berlangsung selama 24 jam setelah kotoran kucing dikeluarkan. Maka hal ini akan dapat mencegah penularan toksoplasma kedalam tubuh ibu hamil yang akan dapat berujung bahaya.

Seberapa Besar Resiko Toksoplasma Akibat Bermain dengan Kucing Saat Hamil?

Tercatat hanya sekitar 15% wanita subur kebal terhadap paparan parasit toksoplasma. Data ini dirangkum oleh Center of Disease Control and Prevention (CDC). Jumlah perempuan yang terkena infeksi yang satu ini pun selama kehamilan ukurannya masih cenderung kecil. Selain itu, tidak semua infeksi tersebut berdampak terhadap kehamilan.

Pada faktanya, jika anda terinfeksi dengan toksoplasma pada trimester pertama kehamilan. Maka janin hanya akan beresiko terkena dampak ini sekitar 15%. Akan tetapi, bila anda terkena dengan infeksi ini pada trimester kedua maka resiko ini akan dua kali lipat lebih banyak. Begitu kelipatannya yang terjadi pada trimester ketiga yang mana pengaruhnya akan jauh lebih besar.

Bagaimana Cara Menghindari Toksoplasma dari Kucing Saat Hamil

Hanya karena kehamilan anda, bukan berarti orang hamil dilarang untuk bermain dengan kucing. Apalagi bila anda adalah seorang pecinta kucing yang tidak bisa jauh-jauh dari si kucing kesayangan anda. Namun guna mengurangi resiko terhadap infeksi parasit toksoplasma terhadap kehamilan anda. Maka beberapa informasi penting dibawah ini perlu anda perhatikan dengan baik.

Mintalah Orang Lain Membersihkan Kandang Kucing

Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa penularan toksoplasma dari kucing terhadap wanita hamil dapat terjadi dari kotoran kucing, atau kucing yang tidak bersih. Nah, terkait dengan membersihkan kandang kucing dan kotoran kucing. Maka tidak sebaiknya anda melakukannya seorang diri.

Lebih baik mintalah bantuan orang lain untuk melakukan hal ini. Sebab paparan kotoran kucing yang mengenai kontak tangan dan bagian tubuh lainnya akan cenderung beresiko. Selain itu, pada saat dibersihkan sebaiknya menjauhlah dari bagian ini dan tunggu sampai kandang kucing dibersihkan dengan merata.

Pastikan Kucing Anda Tidak Makan Sembarang Makanan

Guna terhindari dari resiko paparan toksoplasma kedalam tubuh seorang wanita hamil. Maka pastikan jika kucing anda tidak makan sembarang makanan.

Pastikan ia hanya makan makanan yang dibeli di toko yang khusus. Atau pastikan kucing anda hanya makan makanan sisa orang rumah yang memang sudah dimasak dengan benar. Selain itu, hindari memberi makan daging merah untuk kucing anda.

Jaga Kucing Tetap Dirumah

Kucing yang sering berkeliaran keluar rumah akan lebih besar peluangnya mereka berinteraksi dengan hewan liar yang lainya. Bisa jadi jika hewan tersebut cenderung memiliki potensi menyebarkan parasit toksoplasma kedalam tubuhnya. Untuk itu, maka pastikan anda tidak membiarkan kucing anda berkeliaran keluar rumah.

Atau bila memang si kucing terlanjur keluar rumah, maka pastikan bila kucing dibersihkan terlebih dahulu sebelum anda melakukan kontak dengannya. Selain itu, minta pula orang lain untuk melakukan hal ini agar anda tidak terpapar dengan resiko penularan toksoplasma kedalam tubuh.

Jauhkan Kucing dari Makanan yang Anda Makan

Untuk terhindar dari resiko penularan parasit toksoplasma selama hamil maka pastikan kucing anda tidak makan atau menyentuh makanan yang anda makan. Makanan yang mereka sentuh akan mungkin terkontaminasi dengan bakteri, termasuk dengan toksoplasma. Untuk itu, hindarkan kucing anda masuk ke dapur atau di meja makan anda.

Sebaiknya, batasi ruang gerak kucing didalam rumah. Anda hanya bisa bermain dengan kucing anda di dekat kandangnya atau di ruangan tertentu seperti misalkan halaman rumah anda saja. Hal ini akan dapat meminimalisir wilayah penyebaran toksoplasma untuk menjaga-jaga kondisi ini terjadi.

Cuci Tangan Setelah Bermain dengan Kucing

Meskipun parasit toksoplasma jarang muncul dari bulu kucing. Akan tetapi, hal ini tidak selalu dapat kita pastikan dengan baik. Untuk itu, maka perhatikan masalah ini agar jangan sampai terjadi dan berubah menjadi buruk. Pastikan anda selalu mencuci dan membersihkan tangan anda setiap kali anda sudah bermain dan berinteraksi dengan kucing anda.

Gunakan sabun dan bersihkan tangan sampai kebagian yang tersembunyi. Bila perlu bersihkan tangan hingga kebagian lengan untuk memastikan penularan parasit tidak terjadi yang akan dapat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan anda.

Loading...

Follow us