Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi
 

Bayi anda sering rewel dan menangis seakan akan merasakan ketidaknyaman dengan kondisi tubuhnya, ketika perutnya membuncit dan ketika diketuk seakan terasa adanya perubahan dari kondisi perut bayi normal. Hal demikian terjadi dikarena adanya peningkatan jumlah gas di dalam saluran pencernaan bayi atau dikenal dengan istilah kembung. Pada bayi yang kurang dari 4 bulan kondisi tersebut terjadi dikarenakan belum menghasilkan organ pencernaan yang kuat sehingga mudah meningkatkan gas di perut dan dibagian ususnya, meskipun demikian anda tidak perlu panik.

Anda dapat mencari tahu penyebab perut kembung pada bayi anda. Dalam keadaan normal di bagian perut memang memiliki kandungan udara akan tetapi tidak dalam jumlah yang berlebih sehingga kandungan udara akan kembali normal di dalam perut ketika bayi anda telah buang gas. Akan tetapi ada beberapa kondisi yang menyebabkan pertambahan udara di dalam perut bayi sehingga mengakibatkan perut bayi kembung seperti kurangnya nutrisi yang tepat  pada bayi anda, sedang mengalami gangguan pernapasan seperti sesak nafas sehingga udara masuk ke dalam bagian perut lebih banyak dari keadaan normal, bayi yang tidak dapat mentoleransi laktosa susu formula sehingga sebagian besar thecontent laktosa dapat menyebabkan gas dalam usus atau adanya gangguan passage (perjalanan makanan) pada bayi yang telah mendapatkan makanan pendamping ASI.

Bagi anda untuk mendeteksi bayi yang mengalami perut kembung dapat dilihat dari bagian perut yang lebih membesar dari biasanya, bayi anda gelisah dan menangis terus menerus, pada kondisi tertentu menarik-narik kakinya ke bagian perut, anda juga dapat melakukan ketukan lembut pada perut bayi untuk melihat perubahan yang terjadi dari keadaan normalnya. Perut kembung pada bayi dapat mengakibatkan kondisi yang tidak nyaman sehingga mengakibatkan bayi anda menangis lebih sering meskipun demikian anda tidak perlu panik kondisi perut bayi kembung dapat diatasi di rumah dengan cara-cara seperti dibawah ini :

1.  Menepuk lembut bagian punggung bayi

Pada bayi berusia dibawah 6 bulan, pemberian ASI merupakan nutrisi utama sehingga lebih sering mengkonsumsi susu. Anda perlu untuk menepuk bagian punggung bayi dengan lembut sambil menggendongnya. Anda dapat melakukan ini selama satu sampai dua menit sampai bayi bersendawa. Kembung mulai menurun ketika bayi bersendawa.

2.  Menggosok bagian perut bayi

Untuk mengatasi perut bayi yang kembung, anda dapat menggosok perut bayi dengan lembut, gunakan minyak telon untuk memberikan kehangatan di bagian tubuhnya. Langkah ini dapat mengatasi perut kembung pada anak-anak.

3.  Memberikan air hangat

Ketika perut bayi kembung, anda dapat memberikan sedikit air hangat untuk diminumnya. Selain itu, Anda juga harus menggunakan air hangat untuk mandi bayi. Langkah ini dapat memulihkan kembung perut bayi.

4.  Waspada dengan susu formula

Anda perlu waspada dengan susu formula yang dapat membuat beberapa perut bayi kembung. Anda perlu mengamati apakah bayi anda kembung perut setelah minum susu formula. Untuk beberapa waktu menghindari susu formula menjadi jalan terbaik.

5.  Melakukan latihan untuk bayi anda

Anda perlu membiarkan latihan bayi. Salah satu latihan yang dapat diterapkan dengan memegang kakinya dan kemudian bergerak perlahan-lahan. Langkah ini dapat meningkatkan gerakan usus dan mempermudah bayi untuk membuang gas.

6.  Membiarkan bayi anda aktif

Anda dapat mengisi waktu dengan bayi anda untuk bermain, anda perlu melibatkan bayi dalam kegiatan yang menyenangkan untuk membantu bayi mengeluarkan gad di dalam perutnya. Gerakan tubuh yang aktif dapat membantu bayi untuk mengeluarkan dari gas melalui sendawa.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum