data-ad-format="auto"

Cara Mengatasi Gatal Pada Kemaluan Akibat Keputihan

Pada dasarnya keputihan adalah hal yang normal dan umum dimana setiap wanita akan mengalami kondisi ini. Akan tetapi, pada beberapa kasus tidak sedikit wanita yang mengeluhkan mengalami keputihan yang tidak normal. Dimana jika pada kondisi yang normal lendir keputihan tidak keluar dalam jumlah yang besar dengan cairan yang berwarna bening dan tidak disertai dengan bau. Namun pada kondisi keputihan bermasalah, kondisi yang dirasakan justru sebaliknya. 

Bahkan pada beberapa kasus banyak wanita yang mengeluhkan mengalami gejala yang mengikuti keluarnya lendir cairan keputihan. Rasa gatal yang tak tertahankan bisa muncul dari kondisi ini sebagai gejala sampingan dari keputihan. Akibatnya kondisi ini bisa membuat aktivitas menjadi terganggu. Perasaan yang tidak nyaman yang dirasakan dari kondisi ini pun seringkali membuat anda merasa risih.

Belum lagi rasa gatal yang timbul pada bagian kemaluan seringkali terasa perih akibat garukan yang secara tidak sadar dilakukan beberapa kali. Hal ini pun pada akhirnya dapat merembet menjadi kondisi lecet yang menimbulkan rasa perih pada bagian organ kemaluan.

Akan tetapi, tak perlu khawatir beberapa informasi dibawah ini akan dapat membantu anda mengatasi gatal pada kemaluan akibat dari keputihan yang dialami. Ingin tahu seperti apa? Mari simak langsung beberapa tipsnya dibawah ini.Baca juga: Hal yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Ketidaknormalan Cairan Organ Intim

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Kompress dengan Air Hangat

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi gatal yang menyiksa pada organ kemaluan adalah dengan tidak menggaruknya. Menggaruk akan mungkin memperparah kondisi gatal yang dirasakan. Selain itu, pada umumnya kondisi ini bukan mengatasi namun malah membuat masalah lain muncul.

Oleh karenanya, perhatikan kembali untuk tidak menggaruk bagian yang terasa gatal. Sebaliknya, gunakan kompresan dengan memanfaatkan lap bersih yang direndam pada air hangat. Selanjutnya gunakan lap ini untuk mengompress bagian yang terasa gatal. Efek menenangkan dari air hangat akan membuat anda merasa lebih nyaman dan gatal akan dengan perlahan dihilangkan.

Gunakan Krim Gatal Atau Krim Anti Jamur

Pada umumnya, kondisi gatal yang dirasakan pada bagian organ kemaluan akibat dari keputihan disebabkan oleh infeksi jamur yang menyebar. Nah, untuk mengatasi kondisi ini dengan lebih baik maka gunakan salep anti gatal atau anti jamur.

Biasanya salep ini akan dapat dengan mudah anda jumpai di apotek dan dijual dengan bebas. Begitupula dengan salep anti jamur. Hanya saja, bila anda meragukan manfaat dari salep ini maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum anda memutuskan untuk menggunakannya.

Konsumsi Yogurt Saat Pengobatan Antibiotik

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rasa gatal yang menyiksa akibat dari keputihan adalah dengan mengkonsumsi yogurt. Bahan ini akan dapat membantu menghindarkan infeksi jamur serta membantu kinerja antiobiotik yang anda konsumsi. Untuk itu, tidak ada salahnya mulai mengkonsumsi bahan alami dari makanan untuk membantu mengatasi masalah gatal yang anda alami agar bisa sembuh dalam waktu yang cepat.

Jaga Kebersihan Miss V

Menjaga kebersihan adalah salah satu cara untuk mencegah masalah timbul pada bagain miss V. Hal ini termasuk dengan keputihan yang pada umumnya muncul akibat dari kurang terawatnya kebersihan bagian tersebut. Untuk itu, mulai saat ini tingkatkan kebersihan miss v dengan selalu menjaganya tetap kering dan mengganti celana dalam dengan rajin.

Itulah dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari pembahasan kali ini. Pada intinya, rasa gatal yang muncul akibat keputihan seringkali menyiksa. Mengetahui cara mengatasi diatas akan sangat membantu anda.